Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Sistem Pemerintahan Presidensial (Pengertian, Ciri - Ciri, Kelebihan, Kekurangan) [LENGKAP]

Pengertian sistem pemerintahan presidensial adalah suatu sistem pemerintahan dimana presiden berkedudukan sebagai kunci utama  pengelolahan kekuasaan dalam proses pemerintahan yang berlangsung dalam suatu negara. Dalam pemerintahan presidensial ini, seorang presiden dipilih langsung oleh rakyat melalui proses pemilu yang diselenggarakan oleh lembaga konstitusi.


Sistem Pemerintahan Presidensial (Pengertian, Ciri, Kelebihan, Kekurangan)

Sistem pemerintahan presidensial ini, tentunya di kepalai langsung oleh kepala negara dan sekaligus sebagai presiden negara. Presiden negara dalam sistem pemerintahan ini dipilih langsung oleh rakyat melalui prosesi pemilihan umum presiden. lembaga sebagai penyelenggara dari kegiatan pemilihan umum presiden tersebut adalah lembaga konstitutif. Lembaga konstitutif tersebut berhak untuk menentukan berapa lama masa kerja presiden dan aturan - aturan dalam menjadi presiden. 

Kurang Jelas ? Silahkan Pelajari Juga Hal Lainnya ini !
Sistem Pemerintahan Parlementer (Pengertian, Ciri, Kelebihan, Kekurangan)
Memahami KEBIJAKAN FISKAL (Pengertian, Instrumen, Macam - Macam, Contoh)
Memahami KEBIJAKAN MONETER (Pengertian, Instrumen, Macam, dan Contoh)

Presiden memiliki wewenang dalam pengangkatan menteri atau kabinet kerja. Hal tersebut dikarenakan sistem pemerintahan presidensial ini menganut aturan yang menyatakan bahwa pembantu presiden yang di angkat oleh presiden dan kabine kerja tersebut bertanggung jawab penuh terhadap presiden. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa dalam sistem pemerintahan presidensial ini, terdiri dari presiden sebagai kepala negara dan menteri sebagai kabinet kerja. 


Ciri - Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial 

Dalam sistem pemerintahan ini terdapat beberpa ciri - ciri yang membedakannya dengan sistem pemerintahan yang lain. Yaitu :
#1. Kepala negara dan kepala pemerintahan dalam sistem pemerintahan presidensial ini adalah presiden (sekaligus).
#2. Presiden berhak untuk memilih dan memecat kabinet kerja dalam pemerintahan.
#3. Kabinet kerja yang dipilih oleh presiden memiliki tanggung jawab penuh atas presiden.
#4. Presiden tidak memiliki tanggung jawab atas parlemen dan kebijakannya.
#5. Masa kerja kabinet dalam pemerintahan ditentukan oleh kepercayaan presiden terhadap kinerja kebinet.
#6. Badan eksekutif dan badan legislatif memiliki peran yang balences atau seimbang.


Kelebihan Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem Pemerintahan presidensial  ini tentunya memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan sistem pemerintahan parlementer, berikut adalah beberpa kelebihan dari sistem pemerintahan presidensial :

#1. Lembaga eksekutif memiliki kedudukan yang relatif setabil. hal tersebut dikarenakan lembagai eksekutif tidak memiliki ketergantungan dengan parlemen atau lembaga legislatif.
#2. Lembaga eksikutif memiliki masa jabatan yang telah ditentukan dengan jelas, seperti masa jabatan empat, lima, atau enam tahun.
#3. Terdapat kemudahan dalam perancangan dan penyusunan program kerja kabinet. Hal tersebut dikarenakan telah di selaraskan dan di sesuaikan dengan masa jabatan yang berlaku.
#4. Para anggota parlemen tidak diperkenankan untuk merangkap jabatan dalam lembaga eksekutif. Hal tersebut dikarenakan lembaga legislatif bukan merupakan tempat kaderasi eksekutif.


Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial

Dibalik dari kelebihan yang ada dalam sistem pemerintahan presidensial, juga terdapat beberpa kekurangan yang diperlukan adanya evaluasi dan perbaikan sistem pemerintahan. Kekuarangan sistem pemerintahan presidensial tersebut ialah sebagai berikut:

#1. Badan legislatif tidak mengawasi badan eksekutif secara langsung (diluar pengawasan). hal tersebut dapat menimbulkan kekuasaan baru secara mutlak.
#2. Sistem pertanggung jawaban yang digunakan dalam pemerintahan kurang akurat dan kurang jelas.
#3. Pembuatan kebijakan publik merupakan hasil dari tawar menawar antara lembaga legislatif dan lembaga eksekutif. Dalam prosesnya pun membutuhkan waktu yang lama dan tidak tegas.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Sistem Pemerintahan Presidensial (Pengertian, Ciri, Kelebihan, Kekurangan) yang kami rangkum dari berbagai macam literatur online. apabila bila ada kekeliruan materi atau penulisan kami sebagai penulis mohon maaf. Semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas Makalah Sistem Pemerintahan Presidensial  anda dan terima kasih telah berkunjung.