Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Simpanan Giro, Tabungan dan Deposito Lengkap (Sumber Dana Bank)

Simpanan Giro
Pengertian simpanan giro adalah simpanan yang diperoleh dari masyarakat (nasabah) atau pihak ketiga yang sifat penarikannya adalah dapat ditarik setiap saat dengan menggunakan cek dan bilyet giro atau sarana perintah banyar lainnya atau juga dapat berupa pemindahan buku. Simpanan giro ini dapat di tawarkan kepada seluruh masyarakat baik perorangan maupun badan usaha. Simpanan giro sangat bermanfaat bagi masyarakat yang melakukan aktifitas usaha, karena pemegang rekening giro akan banyak medapat kemudahan dalam melakukan transaksi usahanya.

Pengertian Simpanan Giro, Tabungan dan Deposito Lengkap (Sumber Dana Bank)

Kebutuhan adanya simpanan giro ini tidak hanya semata - mata untuk kepentingan bank, akan tetapi juga untuk melayani kepentingan masyarakat modern. Masyarakat sangat membutuhkan produk giro, karena giro adalah uang giral yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, dengan menggunakan sarana penarikan berupa cek dan sarana pemindahan bukuan berupa bilyet giro. Pertimbangan utama nasabah memliki rekening giro adalah karena kemudahan yang ingin diperoleh oleh nasabah. Memiliki rekening giro itu sama dengan memiliki uang tunai, Karena rekening giro sifatnya dapat ditarik setiap saat. 

Dalam memberikan pelayanan kepada nasabah pemegang rekening giro, biasanya bank juga memberikan fasilitas lainnya, seperti pinjaman overdraft (cerukan). overdraft atau biasa disebut dengan cerukan adalah pinjaman yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk menanggulangi apabila terjadi penarikan dana giro dengan menggunakan cek atau bilyet giro yang melebihi saldonya. Hal ini juga sangat menguntungkan bagi nasabah karena pada saat - saat tertentu kemungkinan saldo nasabah terbatas, sementara pengeluaran tetap harus dilakukan, sehingga perlu mendapat fasilitas pinjaman untuk menutup kekurangan tersebut. Pinjaman overdraft diberikan kepada nasabah tertentu yang loyal kepada bank.

Simpanan Tabungan


Pengertian Simpanan Tabungan adalah jenis simpanan yang dilakukan oleh pihak ketiga yang pernarikannya dapat dilakukan menurut syarat tertentu seusai dengan penjanjian antara bank dengan pihak nasabah. Dalam perkembangannya, penarikan tabungan dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan sarana penarikan berupa slip penarikan, ATM, surat kuasa, dan surat lainnya yang dipersamakan dengan itu. 

Berbagai regulasi pemerintah dan ketatnya persaingan antar bank, membuat bank melakukan inovasi terhadap produk tabungan, sehingga produk tabungan menjadi bervariasi. Semua bank diperkenankan mengembangkan jenis produk tabungannya tanpa perlu persetujuan dari bank indonesia. Hal ini pula mendorong perkembangan jenis produk tabungan menjadi beragam. beberapa contoh produk tabungan antara lain tabungan ringan, tabungan pendidikan, tabungan berhadiah undian, dan yang kerja sama dengan asuransi. 

Undang - undang No. 10 tahun 1998 mendefinisikan, bahwa tabungan hanya dapat ditarik sesuai dengan syarat tertentu yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah. Pada perkembangan zaman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna produk tabungan, maka bank tidak lagi membatasi jumlah, maupun frekuensi penarikannya. Meskipun demikian, bank masih mensyaratkan adanya saldo minimal tersebut tergantung pada kebijakan masing - masing bank. Saldo minimal tersebut digunakan sebagai cadangan apabila nasabah akan menutup rekening tabungannya. 

Simpanan Deposito


Pengertian simpanan deposito adalah jenis simpanan yang penarikannya hanya daat dilakukan sesuai dengan jangka waktu yang telah diperjanjikan antara bank dengan nasabah. Sesuai dengan pendapat mudrajat kuncoro dan suharjono (2002 :193), deposito adalah simpanan berjangka yang dikeluarkan oleh bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan jangka waktu yang telah diperjanikan sebelumnya. Simpanan deposito dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Deposito Berjangka (time deposit), Sertifikat Deposito (Certificate of Deposit), dan Deposit on Call.

#1. Deposito Berjangka
Pengertiand deposito berjangka adalah simpanan berjangkan yang dapat dicairkan sesuai dengan jangka waktu yang telag disepakati. Pemegang deposito berjangka akan mendapatkan bilyet deposito sebagai bukti hak kepemilikannya. 

#2. Sertifikat Deposito
Pengertian setifikat deposito adalah simpanan berjangka yang diterbitkan dengan menggunakan setifikat sebagai bukti kepemilikan oleh pemegang haknya. Sertifikat diterbitkan atas unjuk, artinya di dalam setifikat deposito tidak dicantumkan nama pemegang haknya.

#3. Deposit on Call
pengertian deposit on call adalah jenis simpanan berjangka yang penarikannya perlu memberitahukannya terlebih dahulu kepada pihak bank penerbit deposit on call. Dasar pencairan sama dengan deposito berjangka, yaitu dengan cara mengembalikan bilyet deposit on callnya. Deposit on call diterbitkan atas nama, tidak dapat diperjual belikan. Bunga dibayar pada saat pencairan. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Simpanan Giro, Tabungan dan Deposito Lengkap (Sumber Dana Bank) yang kami lansir dari buku Manajemen Perbankan yang ditulis oleh Drs. Ismail, MBA., Ak. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.