Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Jenis - Jenis Kredit Berdasarkan Tujuan Penggunaan, Jangka Waktu, Cara Penarikan, dan Jaminannya

Jenis - Jenis Kredit Berdasarkan Tujuan, Waktu, Penariakan, Usaha, Jaminan, dan Jumlahnya ? -  jenis - jenis kredit merupakan pilihan kredit yang akan dihadapi  dan dipilih oleh para nabah sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Pemilihan kredit akan menentukan bagaimana nasabah bertransaksi dengan pihak bank melalui penjian kontrak. untuk lebih memahami apa itu kredit, silahkan baca Pengertian Kredit Menurut Para Ahli.


Jenis - Jenis Kredit Berdasarkan Tujuan Penggunaan, Jangka Waktu, Cara Penarikan, dan Jaminananny


Dewasa ini, kredit dianggap memiliki banyak manfaat bagi para nasabah, baik itu secara individu maupun kelompok seperti perusahaan, instansi, lembaga dan lain sebagainya. salah satu contoh manfaat kredit yaitu apabila perusahaan sebagai nasabah menerima kredit dari bank, maka perusahaan tersebut akan dapat menggunakannya untuk investasi atau modal kerja, maka perusahaan tersebut akan meningkatkan volume produksinya, sehingga peningkatan volume produksi akan berpengaruh terhadap volume usaha perusahaan tersebut. jadi kredit sendiri memiliki dampak yang positif bagi masyarakt sebagai nasabah.

Silahkan Pelajari Juga Hal Lain Tentang Kredi . . . !
Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Dan Unsur - Unsur Kredit
Fungsi Kredit dan Manfaat Kredit Bagi Kreditur dan Debitur
#5 Unsur yang Menentukan Suku Bunga Kredit

Berdasarkan perkembangan zaman saat ini yang diiringi dengan perkembangan teknologi dan pengertahuan, bank terus mengembangkan produk - produk yang diberikan kepada para nasabahnya. salah satu pengembangan produk yang diberikan oleh bank yaitu pengembangan kredit yang di difersifikasikan menjadi beberapa jenis. difersifikasi jenis kredit tersebut tentunya didasarkan kepada kebutuhan dan keingan para nasabah. 

Terdapat berbagai macam jenis kredit yang disediakan oleh bank dan tentunya dapat di nikmati oleh para nasabah. jenis kredit tersebut di kalasifikasin lagi menjadi 6 bagian yang ditinjau dari berbagai macam aspek, yaitu :

Jenis Kredit Berdasarkan Agunan atau Jaminannya,
Jenis Kredit Berdasarkan Jangka Waktunya,
Jenis Kredit Berdasarkan Tujuan Penggunaannya,
Jenis Kredit Berdasarkan Cara Penarikannya,


#1. Jenis Kredit Berdasarkan Agunan atau Jaminannya 

Kredit yang didasarkan pada jaminan merupakan jenis kredit yang di dukung oleh jaminan (agunan). Namun juga terdapat jenis kredit yang tidak didasarkan pada anggunan atau jaminan. jadi, jenis kredit berdasarkan jenis jaminan terbagi menjadi dua yaitu kredit dengan jaminan (scured loan) dan kredit tanpa jamian (unscured loan). 

Kredit dengan jaminan (scured loan) diberikan kepada nasabah dengan terbagi menjadi beberapa golongan yaitu Kredit Jaminan Benda Tidak Berwujud (seperti obligasi, saham, dan surat berharga lainnya), Kredit Jaminan Banda Berwujud (seperti kendaranaan bermotor, inventaris kantor, mesin, dan lainya), Kredit Jaminan Perorangan (seperti ganti rugi apabila terdapat kerugian dan lain sebagainya).

Kredit tanpa jamian (unscured loan) diberikan kepada nasabah yang dianggap anggap mampu membayar pinjamannya dengan lancar dan tanpa hambatan. Hal tersebut dikarenakan nasabah memiliki sumber pelunasan kedua agar hutang kreditnya dapat terbayar. dan sifat dari jenis kredit ini adalah suka rela. nasabah berhak mengambil jaminan atau tidal.


#2. Jenis Kredit Berdasarkan Jangka Waktunya

Kredit jenis ini didasarkan kepada kemampuan seberapa lama nasabah membayar hutang kredit kepada bank. Berdasarkan jangka waktunya, kredit dibagi menjadi tiga yaitu :

a. Kredit jangka panjang
Kredit jangka panjang merupakan jenis kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah dengan jangka waktu yang lebih dari tiga tahun (Kredit < 3 tahun). Kredit ini diberikan kepada nasabah umumnya untuk investasi seperti investasi pembelian gedung, pengadaan peralatan dan mesin, pembanguna proyek, dan lain sebagainya yang memiliki nilai nominal yang cukup besar sehingga diperlukannya kredit jangka panjang untuk pelunasannya.

b. Kredit jangka menengah
kredit jangka menengah merupakan jenis kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah dengan jangka waktu antara satu tahun hingga tiga tahun (1 tahun < Kredit < 3 tahun). Kredit jenis ini umumnya digunakan untuk modal kerja, kebutuhan investasi, dan kebutuhan konsumtif. Jangka waktu kredit di tentukan berdasarkan nilai besarnya kredit yang digunakak oleh nasabah. 

c. kredit jangka pendek
Kredit jangka pendek merupakan jenis kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah dengan jangka waktu yang dekat, maksimal adalah satu tahun ( Kredit > 1 tahun). Kredit tersebut biasanya digunakan oleh nasabah untuk modal kerja yang memiliki siklus usaha kruang atau sama dengan setahun.


Kredit sesuai dengan jangka waktu
jangka Panjang
Lebih dari 3 tahun
Jangka Menengah
1 - 3 tahun
Jangka Pendek
0 - 1 tahun

#3. Jenis Kredit Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Jika ditinjau berdasarkan tujuan dari penggunaan kredit itu sendiri, maka kredit tersebut terbagi menjadi tiga yaitu kredit konsumtif, modal kerja, dan kredit invesitasi. Perbedaan dari masing - masing jenis kredit tersebut didasarkan pada tujuan penggunaannya, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap bagaimana cara nasabah mengansurnya dan berapa lama waktu yang dibutuhkannya. 

Kredit konsumtif adalah jenis kredit yang disediakan oleh bank untuk para nasabah yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan membeli barang atau jasa yang dibutuhkan secara pribadi dan tidak digunakan untuk keperluan usaha. contoh dari kredit jenis ini adalah pembelian kendaraan bermotor pribadi, kredit keperluan habis pakai, kredit pembelian rumah, dan lainsebagainya.

Kredit modal kerja adalah jenis kredit yang disediakan oleh bank untuk para nasabah yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja. Pada umumnya modal kerja tersebut habis dalam satu siklus usaha. Contoh dari kredit modal kerja yaitu kredit pembelian bahan baku, kredit penutupan utang dagang, kredit upah buruh dan lain sebagainya.

Kredit investasi adalah kredit yang disediakan oleh bank untuk para nasabah dengan keperluan investasi. Umumnya kredit investasi diberikan kepada bank dengan jangka yang besar dengan nilai kredit yang besar. Contoh dari kredit investasi yaitu kredit pendirian perusahaan baru, kredit pengadaan barang modal (aktiva tetap), kredit pendirian proyek baru, Kredit pembelian kendaraan demi kelancaran usaha, dan lain sebagainy.

#4. Jenis Kredit Berdasarkan Cara Penarikannya

Dilihat dari bagaimana cara penarikan pembayaran kreditnya, kredit itu sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kredi rekening koran, bertahap, dan sekaligus.

Kredit rekening koran adalah kredit yang disediakan oleh bank kepada untuk para nasabah yang penarikannya melalui pemindahan bukuan. Bank akan memindahkan kredit tersebut kedalam rekening giro nasabah, sedangkan penarikannya dilakukan dengan menggunakan sarana penarikan berupa bilyet giro, cek, atau surat pemindahan bukuan. penarikan rekening ini juga dapat dilakukan sewaktu - waktu sesuai dengan kebutuhan. 

Kredit Bertahap adalah kredit yang diberikan kepada nasabah yang penarikannya tidak dilakukan secara skaligus, akan tetapi secara bertahap 2,3,4 kali atau lebih pencairan dalam masa kredit. Pencairannya disesuaikan dengan dana yang dibutuhkan oleh nasabah. Contoh dari kredit bertahap ini adalah kredit investasi pembangunan yang pencairannya disesuaikan dengan termin pembayaran proyek.

Kredit sekaligus adalah kredit yang di sediakan oleh bank untuk para nasabah yang menginginkan pencairan kredit secara skaligus sesuai dengan plafon kredit yang disetujui. dalam praktik kredit sekaligus, pembayaran dapat dilakukan dengan angsuran sampai dengan lunas setelah jangka waktu tertentu dan juga pembayaran dapat dilakukan sekaligus pada akhir masa kredit.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Jenis - Jenis Kredit Berdasarkan Tujuan Penggunaan, Jangka Waktu, Cara Penarikan, dan Jaminananny yang kami lansir dari buku Manajemen Perbankan  yang ditulis oleh Drs. Ismail,Mba.,Ak. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.