Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Fungsi Kredit dan Manfaat Kredit Bagi Kreditur dan Debitur

Pada dasarnya fungsi kredit adalah merupakan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya untuk meningkatkan usahanya. Masyarakat disini merupakan individu, pengusaha, lembaga, atau badan usaha yang membutuhkan dana. Kredit berfungsi membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui penyaluran dana yang diberikan oleh bank. Fungsi kredit bagi masyarakat secara terperinci adalah sebagai berikut :


Fungsi Kredit dan Manfaat Kredit Bagi Kreditur dan Debitur

Fungsi kredit sebagai alat peningkatan manfaat ekonomi


Apabila bank memberikan kredit produktif, yaitu kredit modal kerja atau investasi, maka pemberian kredit tersebut akan memiliki dampak pada makroekonomi dan stabilitas ekonomi pada suatu negera. Hal ini disebabkan karena pihak pengusaha akan memproduksi barang, mengelola bahan baku menjadi barang jadi, meningkatkan volume perdagangan, dan lain sebagainya. Semua itu akan mempunyai dampak pada kenaikan potensi ekonomi.

Fungsi kredit sebagai alat pengendali stabilitas ekonomi


Pemberian kredit yang ekspansif akan mendorong meningkatnya jumlah uang yang beredar, dan peningkatan peredaran uang tersebut akan mendorong kenaikan harga. Sebaliknya, pembatasan kredit, akan berpengaruh terhadap jumlah uang yang beredar, dan keterbatasan uang yang beredar dimasyarakat memiliki dampak pada penurunan harga. 

Fungsi kredit sebagai pencipta alat pembayaran baru


Sebagai contoh adalah kredit rekening koran yang diberikan oleh bank kepada para usahawan. Pada dasarnya pada saat bank telah melakukan perjanjian kredit rekening koran, pada saat itu debitur sudah memiliki hak untuk menarik dana tersebut secara tunai dari rekening gironya. Kredit ini bisa dianggap adanya alat pembayaran yang baru.

Fungsi kredit sebagai alat yang dipakai untuk memanfaatkan idle fund


Didalam kehidupan ekonomi, ada beberapa pihak yang kelebihan dana, dan ada beberapa pihak yang kekurangan dana. Kredit merupakan salah satu cara untuk mengatas gap tersebut. Satu pihak yang kelebihan dana dan tidak dapat memanfaatkan dana tersebut sehingga dananya menjadi idle, sementara ada pihak lain yang mempunyai usaha akan tetapi tidak memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan usahanya sehingga memerlukan dana. Dana yang berasal dari golongan yang kelebihan dana, apabila dipinjamkan kepada pihak yang kekurangan dana, maka akan efektif, karena dana tersebut dimanfaatkan oleh pihak yang membutuhkan.

Fungsi kredit sebagai alat peningkat arus tukar menukar barang dan jasa
Kredit dapat meningkatkan arus tukar menukar barang dan jasa, hal ini seandainya belum tersedia uang sebagai alat pembayaran, maka kredit akan membantu melancarkan lalu lintas arus tukar menukar barang dan jasa terseut.


Manfaat Kredit Bagi Kreditur dan Debitur


Manfaat Bagi Kreditur

  1. Kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah akan mendapat balas jasa berupa bunga.
  2. pendapatan bunga bank berpengaruh pada peningkatan profitabilitas bank. hal ini dapat tercermin dalam perolehan laba.
  3. pemberian kredit kepada nasabah secara sinergi akan memasarkan produk lain seperti produk dana dan jasa.
  4. kegiatan kredit dapat mendorong peningkatan kemampuan pegawai untuk lebih memahami secara perinci aktifitas usaha para debitur di berbagai sektor usaha. dengan demikian, para pegawai menjadi terlatih dan mempunyai keahlian dalam beberapa usaha nasabah. Hal ini juga merupakan aset penting bagi bank.
Manfaat Bagi Debitur


  1. Meningkatkan usaha yang dimiliki para nasabah 
  2. biaya kredit bank (provinsi dan administrasi) pada umumnya murah.
  3. bank menawarkan berbagai macam jenis kredit sehingga debitur dapat memilih berbagai macam jenis kredit sesuai dengan kebutuhan atau tujuan penggunaannya.
  4. bank juga memberikan fasilitas lainnya kepada debitur, sehingga debitur dapat menikmati fasilitas lainnya yang di tawarkan oleh bank. fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh debitur antara lain letter of credit, transfer, bank garanse, dan fasilitas lainnya. 
  5. jangka waktu kredit disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan debitur dalam membayar kembali kredit tersebut, sehingga debitur dapat mengestimasikan keuangannya dengan tapat.
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Fungsi Kredit dan Manfaat Kredit Bagi Kreditur dan Debitur yang kami lansir dari dalam buku yang berjudul Manajemen Perbankan yang ditulis oleh Drs. Ismail, MBA.,AK. Semoga bermanfaat dari terima kasih telah berkunjung. 

Silahkan Pelajari Juga Hal Lain Tentang Kredi . . . !
Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Dan Unsur - Unsur Kredit
Fungsi Kredit dan Manfaat Kredit Bagi Kreditur dan Debitur

#5 Unsur yang Menentukan Suku Bunga Kredit
Jenis - Jenis Kredit Berdasarkan Tujuan Penggunaan, Jangka Waktu, dll