Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian dan Contoh Marketing Mix (Bauran Pemasaran) 4P dan 7P [LENGKAP]

Pengertian marketing mix (bauran pemasaran) adalah kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yang dimana varibel - variabel atau kegiatan - kegitan tersebut dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reksi para pembeli atau konsumen

Marketing Mix (Bauran Pemasaran) Dengan 4P dan 7P

marketing mix atau Bauran pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan para konsumen dalam pasar sasarannya. Variabel atau kegiatan tersebut perli dikombinasikan dan di koordinasikan oleh perusahaan se-efektif mungkin dalam pemasarannya, sehingga perusahaan tidak hanya sekedar memiliki kombinasi kegiatan yang terbaik saja, akan tetapi dapat mengkoordinasikan berbagai variabel bauran pemasaran tersebut untuk melaksanakan program pemasaran yang efektif. 

Untuk Lebih Paham Tentang Pemasaran, Baca Ini !
Pengertian Pemasaran Lengkap dengan Konsep Pemasaran Inti
Pengertian Lingkungan Pemasaran (Mikro, Makro, internal, Eksternal)
Teori Pemasaran Menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi
Teori Analisis Margin Pemasaran Menurut Para Ahli Pemasaran

Seperti yang kita telah ketahui, strategi pemasaran adalah suatu himpunan asas yang secara tepat, konsisten, dan layak dilaksanakan oleh perusahaan guna mencapai sasaran pasar (target pasar) dalam jangka panjang dan tujuan perusahaan jangka panjang (objectives) dalam situasi persaingan tertentu. Dalam strategi pemasaran ini terdapat teori bauran pemasaran (marketing mix) yang menetapkan komposisi yang terbaik dari keempat komponen atau variabel pemasaran sekaligus mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Keempat unsur atau variabel dari bauran pemasaran tersebut adalah produk, harga, penyaluran atau distribusi (tempat), dan yang terakhir adalah promosi. 

Pelanggan dikelilingi oleh keempat variabel tersebut. Sebagian dari kita berpikir bahwa pelanggan merupakan bagian daripada bauran pemasaran. Pelanggan harus menjadi sasaran dari semua usaha dalam kegiatan - kegiatan pemasaran. Pelanggan ditempatkan dipusat diagram untuk menunjukkan sebagai sasaran pasar. di bawah ini adalah empat variabel dasar yang ada di dalam bauran pemasaran.

#1. Produk (Product)

Bagian produk ini meliputi bagaimana cara mengembangkan produk yang tepat bagi sasaran pasar. produk ini dapat berupa suatu barang fisik atau jasa. Produk (barang atau jasa) harus memenuhi beberapa kebutuhan para konsumen. Pada bagian produk ini meliputi masalah - masalah yang berkaitan dengan mengembangkan produk dan garis produk. selain itu juga akan membahas sifat - sifat dari beberapa jenis produk, sehingga kita dapat membuat generalisasi mengenai kelompok - kelompok produk. Hal ini akan menolong kita untuk mengembangkan bauran - bauran pemasaran dengan lebih cepat. Meskipun kebanyakan dari pembahasan meliputi barang - barang fisik dan kombinasi barang dan jasa, namun dasar - dasarnya juga berlaku bagi jasa - jasa murni. Hal ini adalah penting karena bagian jasa dari perekonomian adalah besar dan semakin berkembanga. 

#2. Tempat (Place)

Tempat meliputi masalah bahwa produk yang tepat kepada sasaran pasar. Suatu barang tidak ada gunanya bagi seseorang konsumen apabila tidak tersedia, pada waktu dan tempat dimana barang diperlukan. Pada tempat kita akan melihat dimana, bilamana, dan oleh siapa barang - barang dan jasa - jasa dapat dijual.  Barang - barang dan jasa - jasa bergerak kekonsumen melalui saluran distribusi. Suatu saluran dapat meliputi jenis perantara. Para manajer pemasaran bekerja dengan saluran - saluran ini. Oleh karena itu pembahasan mengenai tempat adalah sangat penting bagi perencanaan strategi pemasaran. Kadang- kadang suatu sistem saluran adalah sangay pendek, yaitu dari seorang produsen langsung ke pemakai terkahir atau konsumen. Sedangkan sistem saluran lainnya lebih kompleks dan meliputi berbagai jenis perantara. Apabila seorang manajer pemasaran mempunyai berbagai pasar sasaran yang berbeda, maka dibutuhkan berbagai saluran pemasaran atau saluran distribusi. 

#3. Promosi (Promotion)

Bagian promosi meliputi pemberitahuan kepada pasar sasaran mengenai produk yang tepat. Promosi meliputi penjualan perorangan, penjualan masal, dan promosi penjualan dimana promosi merupakan tugas seorang manajer pemasaran untuk mengkombinasikan cara - cara ini. 

Penjualan perorangan (personal selling) adalah hubungan tatap muka langsung antara para penjual dengan calon konsumen. Pada penjualan perorangan, maka seorang penjual menyesuaikan bauran pemasaran perusahaan kepada setiap calon konsumen. Tetapi perhatian perorangan ini ada biayanya. Penjualan perorangan bisa mahal sekali. Seringkali, usaha perorangan ini harus di kombinasikan dengan penjualan massal dan promosi penjualan. 

Penjualan massal (mass selling) adalah berkomunikasi dengan banyak konsumen pada waktu yang sama. Pemasangan iklan adalah merupakan segala bentuk yang dibayar dari penyajian bukan perorangan dari pemikiran, barang- barang, atau jasa - jasa oleh suatu sponsor tertentu. Pemasaran iklan merupakan bentuk untaa dari penjualan masal. 

Promosi Penjualan (sales promotion) adalah kegiatan - kegiatan promosi yang melengkapi penjualan perorangan dan penjualan masal. Hal ini dapat meliputi pembuata design dan pengaturan distribusi produk - produk baru, tanda - tanda di toko, katalog, surat - surat edaran. Orang - orang yang bertugas mengenai promosi penjualan berusaha untuk membantu ahli - ahli penjual perorangan dan penjualan masal. 

#4. Harga (Price)

Harga merupakan jumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Pada umumnya penjual mempunyai beberapa tujuan dalam penetapan harga produknya. Tujuan tujuan tersebut antara lain yaitu mendapatkan laba maksimum, mendapatkan pengembalian investasi yang ditargetkan atau pengembalian pada penjualan bersih, mencegah atau mengurangi persaingan, mempertahankan atau memperbaiki market share. 

Pada dasarnya, konsep dasar bauran pemasaran adalah strategi 4P. Namun kemudian strategi 4P dikembangkan dan ditambahkan unsur 3P lainnya yaitu unsur Orang (People), Fasilitas Fisik (Physical Evidence), dan Porses (Proces), sehingga menjadi 7P. Masing - masing dari unsur bauran pemasaran tersebut saling berhubungan dan ketergantungan satu sama lain dan mempunyai suatu bauran yang optimal sesuai dengan karakteristik segmennya. 

#5. Orang (People)

Orang (People) adalah semua pelaku yang memainkan peranan dalam penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Contohny adalah pegawai perusahaan, konsumen, konsumen lain dalam lingkungan jasa. 

#6. Fasilitas Fisik (Physical Evidence)

Fasilitas Fisik (Physical Evidence) ini merupakan suatu hal yang secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk jasa yang di tawarkan. Unsur - unsur yang termasuk dalam saran fisik antara lain lingkungan fisik, dalam hal bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang - barang lainnya yang disatukan dengan service yang diberikan seperti tiket, sampul, label, dan lain sebagainya. 

#7. Porses (Proces)

Porses (Proces) adalah semua produk aktual, mekanisme dan aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa. Elemen ini mempunyai arti suatu upaya perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Seluruh aktifitas kerja adalah proses, proses melibatkan prosedur - prosedur, tugas - tugas, jadwal, mekanisme, aktifitas dan rutinitas dengan apa produk (barang atau jasa) disalurkan ke pelanggan. 

Contoh Marketing Mix (Bauran Pemasaran) 4P dan 7P Produk Mcdonald's



Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Marketing Mix (Bauran Pemasaran) Dengan 4P dan 7P yang kami lansir dari buku pedoman praktikum manajemen pemasaran dan rantai pasok agribisnis yang disusun oleh tim pengajar dan asisten lab manajemen agribisnisn fakultas pertanian universitas jember. Semoga bermanfaat dalam pebuatan tugas makalah dan Majalah Marketing Mix (Bauran Pemasaran) Dengan 4P dan 7P dan terima kasih telah berkunjung.