Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian dan #11 Contoh MAJAS ALEGORI Yang Mudah di Pahami (TERBARU)

Pengertian Majas Alegori adalah gaya bahasa atau majas yang digunakan untuk menyatakan suatu hal dengan cara memberikan ungkapan yang berupa analogi, penggambaran, atau pengkiasan atas hal yang ingin di ungkapkan. Umumnya, Majas alegori selalu dikemas kedalam sebuah kalimat atau uraian yang lebih kompleks konteksnya. Dengan kata lain majas ini dapat diartikan sebagai gaya bahasa yang bertauan antara satu hal dengan hal lainnya dalam satu kesatuan yang utuh atau Kompleks.

Contoh Majas Alegori dalam Bahasa Indonesia

Berdasarkan kronologi-nya, alegori ini adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa yunani. Alegori dalam bahasa yunani yaitu Allegorein yang arti secara harfiahnya adalah "pengungkapan hal yang sebaliknya". Berdasarkan makna dasar alegori yang berasal dari bahasa yunani tersebut dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa majas alegori ini merupakan gaya bahasa yang mengungkapkan suatu hal namun yang dimaksud adalah hal yang lainnya. 

Pelajari juga hal lain tentang majas
Pengertian Gaya Bahasa (Majas) Lengkap dengan Jenis dan Contohnya
30 Contoh Majas Metafora Dalam Bahasa Indonesia
15 Contoh Majas Litotes dalam Bahasa Indonesia
25 Contoh Majas Paradoks dalam Bahasa Indonesia


Sekilas majas alegori ini hampir mirip atau sama dengan majas simile jika ditinjau dari segi gaya bahasanya. Majas simile memiliki ciri khas penggunaan pilihan kata atau diksi yang memiliki makna dasar "seperti", kata lain yang biasa digunakan dalam majas simile yaitu bagaikan, bak, umpamanya dan lain sebagainya. Namun yang membedakan majas alegori dengan majas simile adakah pengungkapannya selalu dikemas kedalam sebuah kalimat atau uraian yang lebih kompleks. Jadi, jangan sampai salah untuk memahami kedua jenis majas ini yang tampaknya sama namun berbeda. 

Kita dapat menemukan majas alegori ini pada karya - karya sastra atau bahkan karya - karya ilmiah. Namun, terkadang kita sulit untuk menemukannya dikarenakan kita tidak tahu seperti apa majas alegori itu sendir. Pada kesempatan ini, penulis mengajak para pembaca untuk memahami lebih lanjut tentang majas alegori itu sendiri. dan juga penulis menyertakan beberapa contoh yang mudah untuk dipahami dan semoga dapat memudahkan para pembaca untuk memahami majas alegori itu sendiri. berikut adalah beberapa contoh tersebut :

5 Contoh Majas Alegori

  1. Seseorang yang berbuat berbuat kebaikan tanpa disertai dengan riya' bagaikan menam satu biji jagung. Biji jagung tersebut akan akan tumbuh menjadi tanaman jagung yang memiliki 2 - 3 tongkol jagung. Tongkol jagung berisi lebih dari seratus biji jagung.
  2. Mencintaimu bagaikan hidup dalam peperangan. Tidak pernah takut terhadap apapun yang menghalang dan kapan pun selalu siap untuk angkat senjata.
  3. Kecantikanmu bagaikan tumbuhan hijau yang menyihir setiap mata para lelaki yang memandangnya. indah dan begitu menakjubkan. Namun lambat laun ia akan kering, menguning, dan pada akhirnya ia akan musnah.
  4. Otak manusia seperti mata pisau. semakin diasah maka akan semaki tajam dan membuatnya akan semakin pintar. Namun apabila ia di biarkan begitus saja tergeletak, maka pisau tersebut akan berkarat dan akan menjadi tumpul dengan sendirinya. 
  5. Wanitu itu ibaratkan tulang rusuk yang bengkok. Tidak semudah apa yang kita fikirkan untuk membuatnya lurus. Ketika kita memaksakan dengan otot yang kekera, maka tulang tersebut malah akan patah dan akan hancur berantakan. Namun juga tulang bengkok itu tidak boleh dibiarkan bengkok begitu saja. 
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan 5 Contoh Majas Alegori dalam Bahasa Indonesia yang kami rangkum dari berbagai macam literatur online yang telah kami baca. Semoga apa yang kami rangkum ini dapat bermanfaat tugas makalah majas alegori dan bagi pengetahuan anda. terima kasih telah berkunjung.