Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian dan #21 Contoh MAJAS SIMILE Sederhana dan Mudah di Pahami (TERBARU)

Pengertian majas simile adalah gaya bahasa yang digunakan untuk membandingkan antara satu hal dengan hal yang lainnya dengan cara menggunakan kata - kata penghubung atau kata - kata pembanding yang memiliki makna dasar "Seperti". Pilihan kata lain yang dapat digunakan dalam majas simile ini adalah laksana, bagai, bagaikan, bak, umpama, semisal, sebagai, serupa, dan masih banyak lagi pilihan kata yang bermakna dasar "seperti" yang dapat digunakan.


Berdasarkan jenis majas atau gaya bahasanya, majas simile ini termasuk dalam gaya bahasa atau majas perbandingan. Jika meninjau secara kronologisnya, Simile merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yang memiliki makna dasar "seperti". Dan dalam bahasa melayu kata simile ini umumnya digunakan untuk mengungkapkan gagasan yang berupa "perumpamaan". Hal tersebut secara langsung menginterpretasikan bahwa majas simile merupakan majas yang membandingkan dua hal atau lebih yang secara hakiki kedua hal tersebut adalah berbeda, namun memiliki segi, ciri khas, atau sifat yang di anggap serupa.

Keserupaan dalam majas simile ini dinyatakan secara eksplisit. keserupaan yang eksplisit tersebut artinya pernyataan yang menyatakan keserupaan antara dua hal atu lebih tersebut di nyatakan secara gamblang, jelas, tegas, terus terang dan tidak berbelit - belit. Hal tersebut dikarenakan majas ini bertujuan untuk memberikan kesan yang berbeda dari pada penggunaan pilihan kata yang asli namun mudah untuk dipahami oleh pembaca atau pendengar. 

tanpa kita sadari, kita sering menjumpai jenis majas simile ini pada berbagai macam karya sastra dan karya ilmiah. Untuk lebih memahami tentang majas simile itu sendiri, pada kesempatan kali ini kami menyertakan beberapa contoh majas simile yang kami buat berdasarkan kemampuan kami. berikut adalah contoh - contoh nya. 

20 Contoh Majas atau Gaya Bahasa Simile

  1. Engkau bagaikan angin di bawah sayapku
  2. Tubuhmu indah bagaikan biola sepanyol
  3. Mata indah bagai bola pimpong.
  4. Semangat ayahku bagaikan api yang berkobar 
  5. Tubuh tedi seperti tiang listrik yang menjulan tinggi.
  6. Pak virno kalo lagi marah bagaikan seekor singa yang kelaparan.
  7. Dodi memiliki watak seperti  batu yang sulit untuk dilunakkan.
  8. Wajah cantik dan bercahaya bagaikan rembulan yang bersinar di malam hari.
  9. Rumahku bak istana megah dan mewah, sungguh indah.
  10. Cara berjalannya bagaikan seorang putri dari keraton.
  11. Kata - katamu bak sembilu yang merobek - robek isi hatiku.
  12. Kata - kata pidatomu bak sihir yang mehipnotis para pendengar.
  13. Hati mu bersih bagaikan salju yang putih bersih.
  14. Ternyata otakmu encer juga bagaikan air.
  15. Kamu cantik seperti bidadari yang turun dari surga.
  16. Baju halus dan lembut seperti kain sutera.
  17. Dia adalah seorang yang sangat pelit seperti qorun.
  18. Kamu tanpan sekali seperti justin biber.
  19. Mulutmu berbisa bagaikan ular.
  20. Lajunya melesat cepat seperti anak panah.
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan 30 Contoh Majas Simile dalam Bahasa Indonesia yang kami rangkum dari berbagai macam literatur online dan offline. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengetahuan anda tentang majas dan terima kasih sudah berkunjung di blog kami.