Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Pemasaran Lengkap dengan Konsep Pemasarannya

Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Konsep inti pemasaran mencakup kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasara, pemasaran dan pasar. Kebutuhan, keinginan, dan permintaan merupakan konsep yang berbeda. Kebutuhan adalah sesuatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu, sedangkan keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuasaan yang spesifik terhadap kebutuhan yang lebih mendalam. Sementara permintaan merupakan keinginan akan produk yang spesifik yang didukung oleh kemampuan dan ketersediaan untuk membelinya. 

Pengertian Pemasaran Lengkap dengan Konsep Pemasarannya

Konsep pemasaran mengajarkan bahwa kunci untuk mencapi tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasara sasaran sera memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisiwn dibandingkan para pesaing (kompetitor). Pemasaran mempunyai enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi, yaitu: konsep produksi, konsep produk, konsep saran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global. 

1. Konsep produksi 

Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di mana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Tugas manajemen dalam konteks ini yaitu memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas sesuai dengan daya beli mereka. 

2. Konsep produk 

Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen dalam konteks ini adalah membuat produk yang berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri-ciri terbaik. 

3. Konsep penjualan 

Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen tidak bisa dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif. 


4. Konsep pemasaran 

Konep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisais terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. 


5. Konsep pemasaran sosia

Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisisen daripada pesaing dengan tetap melestarikan atau mningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.  

6. Konsep pemasaran global 

Pada Konsep pemasarn global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor lingkungan yang memepengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. Tujuan akhirnya adalah beruaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan. 

Demikian ulasan artikel kami tentang Pengertian Pemasaran Lengkap dengan Konsep Pemasarannya yang kami lansir dari buku panduan praktikum manajemen pemasaran dan rantai pasok yang di susun oleh tim asisten dan tim dosen jurusan agribisnis fakultas pertanian universitas jember. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.