Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Agribisnis Lengkap Subsistem Agribisnis yang Menunjangnya

Pengertian Argibisnis Lengkap Subsistem Agribisnis yang Menunjangnya

Agribisnis adalah semua aktivitas mulai dari pengadaan dan penyaluran sarana produksi sampai kepada pemasaran produk –produk yang dihasilkan oleh usahatani atau agroindustri yang saling terkait satu sama lain.  Dengan demikian, agribisnis merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai subsistem yaitu ; (1) subsistem pengadaan dan peyaluran sarana produksi, teknologi dan pengembangan sumberdaya manusia, (2) subsistem bididaya atau usahatani, (3) subsistem pengolahan hasil pertanian dan agroindustry, (4) subsistem pemasaran hasil pertanian, (5) subsistem sarana dan prasarana, dan (6) subsistem pembinaan.

a). Subsistem penyediaan dan penyaluran sarana produksi
Subsistem ini mencakup semua kegiatan perencanaan, pengolahan, pengadaan dan penyaluran sarana produksi untuk memungkinkan terlaksananya penerapan teknologi usahatani dan pemanfaatan sumber daya pertanian yang optimal. 

b) Subsistem budiaya dan usahatani
Kegiatan yang ditangani oleh subsistem ini mencakup kegiatan pembinaan dan pengembangan usahatani rakyat maupun usahatani sekala besar. 

c) Subsistem pengolahan hasil dan agroindustry
Lingkup kegiatan agroindustri ini tidak hanya aktifitas pengolahan sederhana ditingkat petani, tetapi menyangkut keseluruhan kegiatan mulai dari penanganan pasca panen produk pertanian sampai pada pengolahan lanjutan dengan maksud untuk menambah nilai tambah dari produksi primer tersebut.

d) Subsitem pemasaran hasil pertanian
Subsistem ini mencakup kegiatan distribusi dan pemasaran hasil usahatani dan agroindustri baik pasar domestik maupun untuk pasar luar negeri atau ekspor. 

e) Subsistem prasarana
Subsistem ini merupakan salah satu faktor penunjang dari keempat subsistem yang ada diatas agar dapat menjalankan fungsi dan perannya sesuai dengan keperluan di lokalita subsitem agribisnis. 

f) Subsistem pembinaan
Subsistem ini merupakan salah satu tugas dari aparatur birokrasi pemerintahan untuk menciptakan kegiatan usaha sesuai dengan sistem perekonomian yang diamanatkan oleh undang undang dasar 1945 dan GBHN berupa pembinaan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

Demikian ulasan artikel singkat kami tentang Pengertian Argibisnis Lengkap Subsistem Agribisnis yang Menunjangnya yang kami rangkum dari berbagai macam literatur onlie semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.