Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Stratifikasi Sosial dan Jenis Stratifikasi Sosial (LENGKAP)

Pengertian stratifikasi sosial adalah  penggolongan atau pengelompokan setiap anggota masyarakat secara bertingkat atau secara vertikal. Pengertian lain dari stratifikasi sosial adalah pengklasifikasian anggota - anggota masyarakat yang di dasarkan pada status yang dimilikinya. Status yang yang dapat kita gunakan dalam pengkalasifikasian dapat berupa tingkat pendidikan, status kepemilikan tanah, kekuasaan, dan lain sebagainya. 
Pengertian Stratifikasi Sosial Lengkap dengan Jenis Stratifikasi Sosial

Silahkan baca:
LEMBAGA SOSIAL (Pengertian, Ciri - Ciri, Contoh, Fungsi, )
Pengertian MASYARAKAT MADANI (Civil Society) Lengkap
Masalah Sosial (Contoh, Macam, Pengertian, Faktor, Solusi)

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sering dihadapkan dengan anggota masyarkat yang beraneka ragam. Keaneka ragaman anggota masyarakat yang sering kita hadapi memiliki peran dan fungsi masing - masing lingkungannya. Peran dan fungsi dari masing - masing individu tersebut dipengaruhi oleh status kepemilikan yang dimiliki oleh setiap anggota masyarkat itu sendiri. Kita dapat mengelompokkan keanekaragaman masyarakat tersebut dengan cara mengelompokkan secara bertingkat (vertikal). 

Pengertian stratifikasi sosial dapat berbeda beda, namun intinya tetap sama. di bawah ini terdapat beberapa pengertian menurut pendapat para ahli yang dapat digunakan sebagai refresnsi pengetahuan anda tentang stratifikasi sosial :
Staratifikasi sosial adalah hasil kebiasaan hubungan antar manusia secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang setiap saat mempunyai situasi yang menentukan hubungannya dengan orang secara vertikal dalam masyarakatnya. - Astrid S. Susanto
Stratifikasi sosial adalah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai.  - Bruce J. Cohen
Stratifikasi sosial adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, privilege, dan prestise. - Robert M. Z. Lawang
Ketiga pengertian diatas memiliki gaya sudut pandang yang berbeda namun intinya sama yaitu mengkalsifikasikan anggota masyarakat yang di dasarkan pada kualifikasi yang ditentukan kedalam lapisan - lapisan hirarki.


Jenis - Jenis Stratifikasi Sosial

#1. Stratifikasi Sosial Terbuka
Stratifikasi sosial terbuka adalah pengkalsifikasian sosial secara terbuka yang memperkenankan setiap anggota masyarakat untuk berpindah -  pindah dari satu tingkatan ketingkatan yang lainnya baik itu tingkatan yang lebih rendah atau tingkatan yang lebih tinggi. Contohnya adalah seperti yang ada pada tingkatan dunia pendidikan, kekuasaan, jabatan, dan lain sebagainya. 

#2. Stratifikasi Sosial Tertutup
Stratifikasi sosial tertutup adalah pengkalisifikasian sosial secara tertutup yang tidak memperkenankan setiap anggota masyarakatnya berpindah - pindah tingkatan dari satu tingkatan ke tingkatan yang lain baik itu tingkatan yang lebih tinggi atau tingkatan yang ada di bawahnya. Contohnya adalah seperti yang ada dinegara kita, pada sistem kasta pada suatu negara atau pada suatu daerah yang dimana terdapat golongan darah biru dan golongan masyarakat biasa.

Demikan ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Stratifikasi Sosial Lengkap dengan Jenis Stratifikasi Sosial yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.