Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Bisnis Lengkap dengan Tujuan Bisnis [LENGKAP]

Pengertian bisnis adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam bentuk kegiatan penjualan barang atau jasa dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba dari pihak lain. Hasil dari kegiatan bisnis umumnya digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan cara menghasilkan laba dari kegiatan bisnis tersebut, manusia akan dapat memenuhi kebutuhan - kebutuhan dari laba hasil kegiatan bisnisnya. 

Pengertian Bisnis Lengkap dengan Tujuan, Manfaat, dan Fungsinya

Kegiatan bisnis dapat kita jumpai dan kita lakukan dimana saja, kondisi apa saja, dan waktu kapan saja. Bisnis bersifat fleksibel, karena bisnis tidak terikat ruang dan waktu. Kegiatan bisnis tersebut terjadi di sebabkan oleh adanya permintaan dan penawaran akan suatu barang dan jasa. Barang atau jasa yang di minta atau ditawarkan dapat berupa apa saja, asalkan memiliki nilai untuk di bisniskan atau di perjual belikan. 

Orang Pintar ? Pelajari hal - Hal Berikut !
Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli Lengkap
Pengertian Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Lengkap
Pengertian Etika Lengkap dengan Macam, Contoh, dan Penerapannya

Dalam kegiatan bisnis tentunya terdapat dua individu atau lebih yang saling berinteraksi dan bertransaksi. Kedua individu tersebut memiliki tujuan yang sama dalam berbisnis, yaitu sama sama ingin memperoleh atau mencari keuntungan. Oleh karena itu dalam berbisnis diperlukan adanya sebuah kesepakatan yang menjembatani pencapaian tujuan oleh kedua pihak yang ada dalam kegiatan bisnis.

Pengertian / Definisi Bisnis Menurut Para Ahli

#1. Pengertian Bisnis Menurut L.R Dicksee
Bisnis adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut di peroleh oleh orang yang mengusahakan atau yang memiliki kepentingan di dalam terjadinya kegiatan aktifitas bisnis tersebut. - L.R Dicksee
Pendapat Dickse tentang pengertian bisnis tersebut dititik tekankan pada aktifitas yang apabila dilakukan akan memiliki keuntungan atau profit bagi si pelakunya. 


#2. Pengertian Bisnis Menurut Plowman dan Peterson
Bisnis adalah Totalitas aktifitas yang dilakukan oleh berbagai bidang seperti perbankan, industri dasar, industri manufaktur, industri tekstil, industri jasa, industri makanan, industri pemasaran, industri jaringan, dan lain sebagainya yang memberikan pelayanan dan kemudian memasuki dunia bisnis secara keseluruhan. - Plowman dan Peterson

Pendapat Plowman dan Peterson tentang pengertian bisnis tersebut lebih menitik tekankan kepada berbagai macam instansi, lembaga, dan badan usaha yang secara menyeluruh terjun kedalam pasar / dunia bisnis. (Baca Juga : Pengertian Pasar Modal, Tradisional, Oligopoli, Monopolistik, dan Pasar Uang)


#3. Pengertian Bisnis Menurut  Hunt dan Urwick
Bisnis adalah segala macam bidang usaha seperti perusahaan atau yang lainnya yang memiliki kegiatan membuat, memasarkan (mendistribusikan) ataupun menyediakan berbagai macam barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. - Hunt dan Urwick
Berbeda dengan pendapat  - pendapat sebelumnya, Pendapat Hunt dan Urwick ini lebih menitik tekankan kepada penyediaan kebutuhan masyarakat. Badan usaha seperti perusahaan atau yang lain jika dapat menyediakan kebutuhan masyarakat, maka badan usaha tersebut telah melakukan kegiatan bisnis. 

Berdasarkan ketiga pengertian bisnis menurt pendapat para ahli diatas dapat ditarik keseimpulan bahwa bisnis adalah aktifitas atau kegiatan yang dilakukan oleh berbagai maca bidang usaha seperti perbankan, perusahaan dan lain sebagainya yang meliputi kegiatan membuat atau mendistribusikan barang dan jasa yang di butuhkan oleh masyarakat dengan suatu tujuan yaitu keuntungan atau profit. 


Tujuan Bisnis

Kegiatan bisnis yang dilakukan oleh individu atau oleh badan usaha seperti perusahan atau lainnya yang memiliki kegiatan pengolahan produk atau jasa yang di butuhkan oleh konsumen, tentunya memiliki tujuan. Tujuan dari kegiatan bisnis tersebut adalah mendapatkan imbalan atau laba atau kegiatannya menyediakan produk dan jasa yang di butuhkan oleh konsumen. Namun, Pada umumnya tidak hanya laba atau keuntungan yang menjadi tujuan dari kegiatan bisnis tersebut. Secara keseluruhan terdapat beberapa tujuan lain. Tujuan lain dari kegiatan bisnis tersebut adalah sebagai berikut :


#1. Got The Achievement (Mendapat Prestasi)
Kegiatan bisnis tidak lah kegiatan yang hanya puas dengan keuntungan saja. Namun dalam berbisnis tentunya para pelaku bisnis tersebut menginginkan adanya sebuah prestasi - prestasi atas apa yang telah dia capai. 


#2. Existence in a Long Time (Eksistensi dalam Waktu Panjang)
Eksistensi dalam Waktu Panjang juga merupakan hal yang diharapkan oleh berbagai macam kalangan. Artinya kegiatan bisnis yang di lakukan oleh individu atau badan usaha tidak berhenti ketika sudah mendapatkan keuntungan seperti yang di harapkan, namun lebih dari itu. Keberlanjutan kegiatan bisnis menjadi tolak ukur dari suatu kegiatan bisnis mampu survive di dunia bisnis.


#3.  Employment Opportunities (Membuka Kesempatan Kerja)
Dengan adanya kegiatan bisnis, akan membuka kesempatan kerja bagi angkatan - angkatan kerja yang baru menyelesaikan pendidikannya di bangku pendidikan. Dengan berbisnis kita akan dapat berbagi dan membuka kesempatan kerja bagi para angkatan kerja tersebut. Hal tersebut juga akan berdampak positif terhadap pengembangan bisnis yang kita kelola. \


#4.  Growth and Development (Pertumbuhan dan Perkembangan)
Setiap pelaku usaha baik itu individu maupun berbentuk badan usaha, tentunya menginginkan bisnis yang dia jalankan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang terus meningkat. Dengan bisnis yang terus tumbuh dan terus meningkat akan berdampak pada jumlah laba atau keuntungan yang akan di peroleh. Oleh karena itu diperlukan adanya pertumbuhan dan perkembangan dalam bisnis.

#5. Profit Oriented (Berorientasi pada Laba)
Tujuan utama dalam kegiatan bisnis adalah mendapatkan laba sebanyak - banyaknya. Oleh karena itu, dalam mengawali kegiatan bisnis, para pelakunya selalu memiliki orientasi untuk mendapatkan profit atau laba yang sebanyak - banyaknya. 


#6. Welfare Owners and Consumers (Kesejahteraan Pemilik dan Konsumen)
Kesejahteraan adalah tujuan sejati dari kegiatan bisnis. Kesejahteraan tidak hanya di dapatkan oleh pemilik usaha tetapi konsumen juga harus merasakan kesejahteraan tersebut. Oleh karena itu kegiatan bisnis mampu mewujudkan kesejahteraan diantara kedua belah pihak tersebut. 

Untuk lebih memahami terkait dengan pengertian bisnis dan tujuan bisnis, silahkan lihat dan pahami vidio di bawah ini :

Demikian Ulasan Artikel kami terkait tentang Pengertian Bisnis Lengkap dengan Tujuan Bisnis yang kami rangkum dari berbagai macam artikel dan kemudian kami bahas dengan menggunakan bahasi pribadi kami. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.