Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

ASURANSI (Pengertian, Manfaat, dan Macam - Macam / Jenisnya) LENGKAP

Pengertian Asuransi Secara umum adalah tindakan pengendalian resiko yang dilakukan oleh salah satu pihak dengan cara membebankan atan menanggungkan resiko kepada pihak lain seperti perusahaan asuransi. Tindakan pengendalian resiko tersebut dapat berupa perjanjian antara pihak penanggung dengan pihak tertanggung. Dalam penjanjian tersebut terdapat suatu polis premi yang merupakan penggantian dari suatu resiko yang diakibatkan oleh suatu peristiwa yang tidak di harapkan.

Pengertian Asuransi Lengkap dengan Macam, Dasar Hukum, dan Manfaatnya


Pengertian Resiko adalah hal yang tidak diinginkan terjadi yang diakibatkan oleh suatu peristiwa atau proses yang sedang berlangsung. Resiko dapat berupa kerusakan, kehilangan, kecelakaan dan lain sebagainya. Umumnya suatu resiko bersifat negatif dan tidak diinginkan adanya. Oleh karena itu diperlukan adanya asuransi yang menjamin atas pengendalian resiko yang akan terjadi.

Pihak yang ingin mengendalikan resiko atas kegiatan yang dilakukannya, dapat menggunakan asuransi seperti yang disediakan oleh perusahaan - perusahaan yang menyediaakan jasa asuransi. perusahaan - perusahaan penyedia jasa asuransi tersebut tentunya menghendaki adanya polis atau premi yang merupakan imbalan atas penangguhan resiko kepada perusahaan tersebut. Polis atau Premi adalah biaya yang wajib dibayar oleh pihak yang menangguhkan resiko kepada perusahaan asuransi setiap bulannya. 

Jenis - Jenis / Macam - Macam Asuransi


#1. Asuransi Pendidikan
Asuransi pendidikan merupakan asuransi yang mulai di anggap penting pada masa saat ini. hal tersebut dikarenakan masyarakat mulai memandang bahwa asuransi pendidikan merupakan asuransi cerdas yang menjamin kehidupan dalam pendidikan yang lebih baik. Seperti contoh, orang - orang tua mengasuransikan pendidikan anaknya kepada perusahan asuransi pendidikan seperti BNI Life Insurance, Prudential, dan lain sebagainya. Perusahaan asuransi pendidikan tersebut memberikan premi kepada peserta asuransi sesuai dengan tingkat pendidikan yang ingin di dapatkan di masa yang akan datang. 

#2. Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan atas kematian seseorang yang tertanggung dengan memberikan keuntungan finansial.  Terdapat beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran hanya setelah seseorang meninggal dan ada juga perusahaan yang menyediakan pembayaran sebelum seseorang tersebut meninggal. 

#3. Asuransi Kendaraan
Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi yang memberikan layanan asuransi terhadap kendaraan yang mengalami kerusakan, kehilangan, dan lain sebagainya. yang paling popular pada asuransi kendaraan adalah asuransi pada kendaraan roda 4 seperti mobil. Asuransi ini kebanyakan di miliki oleh sopir yang membawa mobil perusahaan. Jadi semua kerusakan, kerugian, kehilangan, dan lain sebagainya di tanggung oleh perusahaan asuransi. 

#4. Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan ini adalah salah satu jenis asuransi yang populer saat ini. Asuransi kesehatan ini merupakan sebuah asuransi yang memberikan penanggungan terhadap permasalah kesehatan yang diakibatkan oleh penyakit. Perusahaan asuransi kesehatan ini memberikan pelayaan perawatan kepada anggota asuransinya yang meliputi melindungi dan menanggung pada anggota yang sakit, cacat, cidera, dan hal - hal lainnya yang di akibatkan oleh penyakit atau kecelakaan. 

#5. Asuransi Bisnis
Asuransi ini menjamin pihak yang tertanggung terhadap kegiatan bisnis yang meliputi kerusakan, kehilangan, dan kerugian dalam jumlah yang cukup besar namun di sesuaikan dengan kebijakan perusahaan asuransi yang telah disepakati. Asuransi bisnis umumnya dimiliki oleh perusahaan - perusahaan seperti perusahaan manufaktur, jasa, dagang, dan lain sebagainya yang dalam kegiatan bisnisnya memiliki resiko. 

#6. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti
Asuransi jenis ini umumnya memberikan pelayanan terhadap pelindungan pemilik rumah dari resiko seperti properti pribadi, kerusakan tempat tinggal, dan kerusakan pada barang - barang pribadi. Layanan asuransi ini termasuk melindungi dan memberikan keringan jika di suatu hari terjadi sebuah kecelakaan pada rumah atau barang yang di tanggungkan seperti kebaran dan lain sebagainya.

Selain Keenam asuransi diatas masih terdapat banyak macam - macam asuransi lainnya yang di sedikan oleh perusahaan - perusahaan asuransi yang menjamin keselamatan dan keutuhan barang, perusahaan, dan lain sebagainya. 


Manfaat Asuransi


#1. Manfaat Asuransi Secara Umum
Manfaat asuransi secara umum adalah keamanan, kenyamanan, dan ketenangan atas sebuah resiko atau hal - hal yang tidak diinginkan oleh pihak tertanggung seperti kecelakaan, kerugian, kerusakan, bencana, dan lain sebagainya yang memiliki dampak negatif bagi pihak tertanggung. Keamana, kenyaman, dan ketenangan atas sebuah resiko tersebut diberikan oleh perusahaan asuransi.


#2. Manfaat Asuransi Kesenatan dan Asuransi Jiwa
Asuransi Kesenatan dan Asuransi Jiwa  memberikan pelayanan penanggunan terhadap hal yang tidak diinginkan terjadi pada pihak tertanggung. Kelematan dan Kesehatan adalah perioritas utama dari kedua asuransi tersebut. Jika disuatu saat pihak tertanggung mengalami kecelakaan, terserang penyakit, dan lain sebagainya yang berdampak buruku terhadap keselatan dan keselamatn pihak tertanggung, maka perusahaan asuransi seperti contoh perusahaan prudential wajib memberikan penanggungan terhadap resiko tersebut seperti pengobatan dan lain sebagainya. Jadi pihak tertanggung tidak perlu lagi khawatir terkait dengan kesehatan dan keselamatannya. 

#3. Manfaat Asuransi Pendidikan
Terdapat beberapa manfaat yang diberikan kepada anggota asuransi pendidikan atau pihak tertanggung. Salah satunya adalah peserta atau anggota asuransi akan memiliki jaminan pendidikan untuk masa yang akan datang. Karena dimasa yang akan datang biaya pendidikan besar kecilnya belum diketahui. Oleh karena itu, Asuransi pendidikan sangat penting bagi pendidikan anak untuk masa yang akan datang mulai dari sekolah dasar hingga masuk perguruan tinggi. 

#4. Manfaat Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti
Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti ini menjamin keselamatan dan keamaan rumah, toko, ruko, mobil, perhiasan, dan harta benda lainnya yang memungkinkan terjadinya hal yang tidak diinginkan oleh pihak tertanggung seperti kebakaran, kehilangan, dan lain sebagainya. Jika pihak tertanggung memiliki asuransi ini, maka pihak tertanggung berhak mendapatkan  biaya pertanggungan sesuai dengan kebijakan, kesapatan, dan aturan perusahaan penyedia asuransi kepemilikan rumah dan properti ini. 

Selain manfaat asuransi diatas, masih terdapat manfaat asuransi yang lain yang tidak hanya di rasakan oleh satu individu saja, tidak hanya Manfaat asuransi bagi perusahaan, namun manfaat asuransi juga dapat di rasakan oleh masyarakat secara umum. 

Demikian ulasan artikel kami terkait tentang Pengertian Asuransi Lengkap dengan Jenis, dan Manfaatnya yang kami rangkum dari berbagai macam artikel online. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah berkunjung.