Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Contoh & Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Lengkap

Contoh & Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Lengkap

Kalimat langsung adalah kalimat yang ditulis berdasarkan hasil dari kutipan langsung yang berupa ucapan, pendapat, pembicaraan seseorang kedalam sebuah karya tulis dengan tanpa adanya unsur tambahan penulis (ditulis seperti apa yang di ucapkan seseorang). Jadi, dalam menulis kalimat langsung, penulis tidak memberikan tambahan terhadap pendepat, ucapan, pembicaraan seseorang yang akan di tulis kedalam karya tulis. Kalimat langsung ini sering kita jumpai pada artikel berita yang di dalam artikel berita tersebut biasanya terdapa beberapa kalimat yang mengutip pendapat, pembicaraan, ucapan, dan wacana dari seseorang / narasumber secara langsung.


Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang ditulis untuk melaporkan atau memberitahukan ucapan, pendapat, wancana, pembicaraan orang lain (Kalimat langsung ) kedalam bentuk sebuah kalimat berita. Jadi, dalam kalimat tidak langsung ini penulis hanya memberikan penjelasan tentang pendapat seseorang tanpa menulis ucapan, pendapat, wacana, dan pembicaannya. Kalimat tidak langsung ini sering digunakan untuk memberitahukan sebuah berita kepada orang lain. 

Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung merupakan kalimat yang sering digunakan, baik digunakan kedalam sebuah karya tulis maupun dalam pembicaraan langsung. Kedua jenis kalimat tersebut memiliki ciri tersendiri yang membedakan antara kedua jenis kalimat tersebut. Oleh karena itu di bawah ini kami menyertakan beberapa ciri - ciri kalimat langsung dan tidak langsung. Berikut adalah ulasan singkatnya:

Ciri -  Ciri Kalimat Langsung

a. Adanya tanda petik yang ada pada awal dan akhir kalimat langsung
b. Huruf pertama kalimat langsung menggunakan huruf besar (sentence case) 
c. Kalimat langsung memiliki pola susunan seperti dibawah ini
      "kutipan", Pengiring, "kutipan".
      "kutipan", Pengiring.
      Pengiring, "Kutipan".
d. Kalimat langsung dipisahkanmenggunakan tanda baca koma ( , ).
e. Adanya tanda baca titik dua (:) di depan pada kalimat langsung dialog berurutan.
f.  dan jika kalimat langsung di baca, maka intonasinya agak sedikit ditekan. 

Contoh Kalimat Langsung

"Saya tidak mengerti tentang apa yang anda bicarakan di atas panggung tadi," Kata indro, "Saya tidak mengerti karena saya tidak paham bahasa yang anda gunakan" tambahnya.

Ciri - Ciri Kalimat Tidak Langsung

a. Kalimat tidak langsung biasanya terdapat pengubahan kata ganti orang seperti kata ganti orang ke - 1 diubah menjadi kata ganti orang ke - 3 seperti contoh "aku", "saya" di rubah menjadi "dia" atau "ia".
b. Berbeda dengan kalimat langsung dalam pembacaannya. Kalimat tidak langsung intonasi pembacaannya datar, tidak ditekan. 
c. Ciri yang paling mudah adalah tidak menggunakan tanda petik ( " )
d. dan juga pada umumnya kalimat tidak langsung menggunakan konjungsi yang berfungsi sebagai penjelas seperti kata "bahwa".

Contoh Kalimat Tidak Langsung

Indro bertanya kepada temannya tentang apa yang temannya bicarakan di atas panggung tadi. kemudian indro menjelaskan bahwa indro tidak faham tentang apa yang di bicarakan temannya karena dia tidak memahami bahasa yang digunakannya. 
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Contoh & Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Lengkap yang kami rangkum dari berbagai macam artikel yang kami bubuhi dengan gagasan kami. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Silahkan Pelajari Juga :