Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

#7 Contoh TEKS PROSEDUR Kompleks yang Baik dan Benar [TERBARU]

Pengertian Teks Prosedur Kompleks adalah sebuah karya tulis yang digunakan untuk menjelaskan tahapan - tahapan yang saling berhubungan dalam menyelesaikan suatu kegiatan. Tapahapan - tahapan yang disajikan kedalam teks prosedur harus dapat menjelaskan tahapan - tahapan secara jelas, runtut, dan tahapan satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain (tidak menyimpang). Hal lain yang tidak kalah penting adalah informasi yang disajikan kedalam teks prosedur adalah informasi yang urutan tahapannya bersifat logis.

5 Contoh Teks Prosedur Kompleks yang Mudah di Pahami

Pelajari Juga Tentang Contoh Teks di Bawah ini ! 
Contoh Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur dan Cirinya
#4 Contoh Teks Negosiasi Beserta Struktur, [LENGKAP]
#3 Contoh Teks Eksposisi Beserta Struktur, Pengertian,  [LENGKAP]

Tujuan dari pembuatan karya tulis ini adalah digunakan untuk menunjukkan suatu proses terjadinya kegiatan kepada para pembaca, dengan harapan agar para pembaca dapat melakukan apa yang dilakuakan oleh penulis seperti yang ditulis dalam teks prosedur kompleks tersebut. Teks prosedur kompleks haruslah mudah untuk dipahami, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh penulis dan pembaca, dan logis. Oleh karena itu, hendaknya penulis harus memperhatikan pilihan kata yang digunakan, memilih kalimat yang efektif, dan penggunaan paragraf yang tepat

Teks prosedur kompleks ini banyak digunakan oleh para penulis untuk memberikan petunjuk dalam melaksanakan atau membuat suatu kegiatan. petunjuk untuk melaksanakan atau membuat suatu kegiatan akan dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca apabila disajikan dengan teks proseder yang kompleks (tahapannya saling berhubungan). dalam pembuatan teks proseder yang kompleks terdapat beberapa bagian yang harus ada yaitu bagian tujuan, bagian material, dan bagian langkah-langkah yang kami jelaskan secara singkat seperti dibawah ini :

Bagian Awal (Bagian Tujuan)

Pada awal pembuatan teks prosedur, penulis biasanya memberikan penjelasan terkait dengan tujuan dari pelaksanaan atau pembuatan suatu kegiatan yang di jelaskan. Penjelasan tentang tujuan pelaksanaan atau pembuatan suatu kegiatan meliputi penjelasan kegiatan itu sendiri dan penjelasan capaian akhir yang diharapkan atau manfaat yang dapat di capai. 

Bagian Kedua (Bagian Material)

Setelah penulis menjelaskan kegiatan dan capaian akhir yang di harapkan, kemudian penulis memberikan penjelasan terkait dengan hal - hal apa saja yang perlu di persiapkan dan hal - hal apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan atau pembuatan kegiatan tersebut. Contoh hal - hal yang perlu dipersiapkan adalah seperti bahan dan alat.

Bagian Ketiga (Tahapan - Tahapan)

Bagian yang terkhri ini, penulis memberikan penjelasan terkait dengan langkah - langkah atau tahapan - tahapan yang perlu di lakukan dalam membuat suatu kegiatan. tahapan - tahapan tersebut harus tersusun secara sistematis, logis, dan mudah untuk dipahami oleh pembaca. 

Nah, Setelah kita memahami apa itu teks prosedur kompleks dan bagian - bagian apa saja yang perlu ada didalamnya, selanjutnya kita akan memberikan 5 Contoh Teks Prosedur Kompleks yang Mudah di Pahami. Berikut adalah 5 contohnya. 


#1. Contoh Teks Prosedur Sederhana Tentang Cara Sholat Yang Benar

Sholat adalah kegiatan ibadah bagi kaum muslim yang dilakukan lima kali dalam satu hari. Sholat dilakukan lima kali sehari tepatnya pada waktu subuh (dini hari), dhuhur (siang hari), ashar (sore hari), magharib (menjelang matahari tengelam), dan isya' (malah hari). Tujuan dari sholat adalah untuk mendekatkan diri kepada allah swt.  Nah, untuk dapat sholat dengan benar harus mengkuti rukun - rukun (tahapan) sholat, Berikut adalah rukun - rukun sholat yang perlu dilakukan:

#1. Berdiri bagi yang mampu (Jika tidak diperkenankan duduk atau berbaring)
#2. Takbiiratul-Ihraam,
#3. Membaca Al-Fatihah di setiap rakaatnya,
#4. Ruku’,
#5. I’tidal setelah ruku’,
#6. Sujud dengan anggota tubuh yang tujuh sebanyak dua kali dengan tuma’ninah,
#7. Duduk di antara dua sujud,
#8. Thuma’ninah (Tenang) dalam semua amalan,
#9. Tertib di setiap melaksanakan rukun-rukun sholat,
#10. Tasyahhud Akhir,
#11. Duduk untuk Tahiyyat Akhir,
#12. Shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
#13. Salam dua kali.


#2. Contoh Teks Prosesdur Kompleks Tentang Cara Mengurus Kartu Pelajar

Kartu pelajar adalah kartu identitas siswa yang diberikan oleh pihak sekolah kepada seluruh siswa yang telah terdaftar menjadi siswa di setiap sekolah masing -  masing. Kartu pelajar dapat digunakan oleh para siswa dalam beberapa hal yaitu, sebagai pengganti kartu tanda penduduk yang dikarenakan siswa tersebut belum memiliki kartu tanda penduduk, mendapatkan pelayanan yang disediakan sekolah seperti kesehatan, perpustakaan, dan lain sebagainya. Jika anda ingin memiliki kartu tanda siswa, anda harus memintanya kepada pihak sekolah. tahapan atau langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

#1. Datanglah ke kantor sekolah Anda di bagian tata usaha
#2. Mintalah blanko untuk pendaftaran kartu pelajar kepada petugas tata usaha.
#3. Anda mengisi data yang tertera pada blanko tersebut  dengan benar dan jujur.
#4. Setelah blanko selesai Anda isi, serahkan kepada petugas bagian tata usaha
#5. Setelah itu, Anda akan memasuki ruang yang disediakan untuk mengambibl foto anda   
#6. Anda akan menerima selembaran kertas sebagai bukti pengambilan kartu pelajar.


#3. Contoh Teks Prosedur Kompeks Tentang Cara Membuat Layang - Layang

Layang - layang adalah mainan yang berbentuk lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atau benang ke daratan atau pengendali dan dikendalikan oleh pemainnya. Layang - layang disukai oleh banyaka kalangan. Tidak hanya kangan anak -  anak saja yang bermain layangan, namun juga banyak kalangan tua yang gemar bermain layangan. 

Layang - layang tidak hanya ada di indonesia saja. Layang - layang dikenal oleh seluruh dunia yang dikarenakan layang - layang tidak hanya difungsikan untuk permainan. Fungsi lain dari layang - layang adalah sebagai alat bantu untuk menjerat atau memancing, alat bantu penelitian ilmiah, Sebagai media energi alternatif, dan sebagai fungsi ritual. untuk membuat layang-layang yang sederhana, terdapat bahan yang harus anda persiapkan dan tahapan atau langkah yang harus anda ikuti. Berikut adalah penjelasannya:

Bahan dan Alat yang Perlu dipersiapkan 
@. Penggaris
@. Pisau dan Gunting
@. Pita kaset (jika perlu)
@. 1 (satu) ruas bambu dengandiameter +/- 1 cm dan panjang +/- 50 cm
@. 1 (satu) ruas bambu dengan diameter +/- 1 cm dan panjang +/- 90 cm
@. Kertas layangan (Kertas tipis atau kertas minyak)
@. Spidol/pewarna
@. Lem Kertas
@. Tali atau benang.

Langkah - Langkah yang Perlu diikuti
Langkah Pembuatan Kerangka
#1. Persiapkan 2 ruas bambu yang di sayat tipis seperti lidi dengan ukuran kurang lebih 100cm dan 60cm
#2. Ambil 2 ruas bambu yang telah dibuat dan letakkan secara menyilang seperti salib. bagian horizontal kira-kia 80 % dari atas.
#3. Ambil benang dan talikan benang tersebut di tengah poros kedua ruas bambu tersebut dengan tujuan agar sayapnya seimbang (harus seimbang antara kanan dan kiri).
#4. Ikat dengan benang pada pada perempatan batang babu tersebut, pada step ini usahakan jangan gunakan simpul tali mati dahulu.
#5. Gunakan benang jahit untuk mengikat masing-masing ujung dari kerangka layangan untuk memudahkan pada saat mengaitkan benang / tali.

Langkah Pembungkusan layangan Kertas
#6. Persiapkan kertas layangan. kertas layangan dapat berupa kertas tipis atau dapat juga berup kertas minyak, namun ada juga yang menggunakan plastik.
#7. Gambarlah pola kerangka layangan pada kertas tersebut menggunakan spidol dengan cara meletakkan kerangka diatas kertas (Lebihkan 1-2 cm space diluar pola kerangka untuk pelipatan kertas).
#8. Potong kertas yang telah di beri pola dengan rapi menggunakan gunting. Harus sesuai dengan pola yang telah digambar. 
#9. Lipat kertas layangan kebagian belakang kerangka layangan yang telah di persiapkan space pelipatan tadi dan rakatkan dengan menggunakan lem.
#10. Berikan hiasan pada layangan yang telah anda buat dengan design yang menarik dan indah.

#4. Contoh Teks Prosedur Kompleks Tentang Cara Minunam Membuat Jus

Minuman Jus adalah minuman yang berasal dari cairan yang diperoleh secara alami dari dalam buah - buahan.  Minuman jus ini banyak di minati oleh banyak kalangan, mulai dari yang muda dari yang tua. Banyak varian rasa yang tergantung dari buah yang digunakan untuk membuat minuman jus. Banyak manfaat yang terkandung dalam minuman jus ini seperti mempekebal daya tahan tubuh yang dikarenakan terdapat banyak vitamin c pada buah jeruk yang digunakan dalam membuat minuman jus. Nah untuk membuat jus, terdapat beberapa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan dan tahapan yang perlu anda ikuti. penjelasannya adalah sebagi berikut:

Bahan dan Alat yang Perlu dipersiapkan
@. Buah yang akan digunakan untuk membuat jus (Jeruk, Apel, Alpukat, dsb)
@. Gula Secukupnya
@. Air Mineral Secukupnya
@. Belender
@. Sendok Makan
@. Saringan

Langkah - Langkah yang dapat Anda ikuti
#1. Bersihkan buah - buahan yang akan anda gunakan sebagai jus
#2. Iris - iris buah -  buahan dengan ukuran sedang agar supaya muat masuk kedalam belender
#3. Masukan buah yang telah diiris, gula secukupnya, dan air meniral secukupnya kedalam blender.
#4. Nyalakan blender dan tunggu hingga jusnya lembut, kurang lebih 30 detik.
#5. Tuangkan kedalam gelas cantik.
#6. Hias dan tambahkan hidangan pendukungnya seperti biskuit, jelly, dan lain sebagainya.


#5. Contoh Teks Prosedur Sederhana Membuat Makanan Nasi Goreng

Makanan Nasi goreng adalah makanan khas indonesia yang berupa nasi yang di aduk dan digoreng dengan bumbu (bawang merah, bawang putihm garam, cabai) menggunakan margarin atau minyak goreng.  Biasanya terdapat bahan tambahan yang dimasukan kedalamnya, seperti kecap manis, telur, ayam, kerupuk, dan lain sebagainya. 

Nasi goreng banyak diminati orang masyarakat baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Nasi goreng enak di santap di saat menjelang malam dipinggir jalan. Tak heran kenapa banyak sekali masyarakat yang menjual nasi goreng di pinggir jalan. Nah, sebernya mudah sekali untuk membuat nasi goreng. Anda tinggal mempersiapkan bahan dan alat serta mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Bahan dan Alat yang Perlu di Persiapkan
@. Wajan Goreng
@. Spatula
@. Ulek - Ulek
@. 3 Siung Bawang merah
@. 2 Siung Bawang putih
@. 1 Batang Daun Bawang
@. Cabai Rawit Sesuai Selera
@. Garam Secukupnya
@. Merica Sesuai Selera
@. Minyak Goreng Secukupnya
@.3 Butir Telur
@. 2 Piring Nasi Putih
@. Saus Tomat Secukupnya
@. Pelengkap (bakso, udang, daging ayam, sosis, atau dapat disesuaikan dengan selera)

Tahapan dalm membuat Nasi Goreng
#1. Silahkan anda menyiapkan wajan dan lalu tuangkan minyak goreng secukupnya kedalam wajan. Panaskan wajan yang telah di masuki minyak goreng dengan api yang sedang.
#2. Tumbuk bawang merah, bawang putih, garam, dan cabai dengan menggunakan ulek - ulek hingga halus. 
#2. Setelah minyak panas, ambil masukan bawang merah bawang putih dan cabai yang telah diulek menjadi satu hingga matang dan menimbulkan bau harum.
#3. Tambahkan bahan pelengkap sesuai selera anda, aduk hingga merata dan matang.
#4. Masukan  dua piring nasi putih kedalam wajan dan kemudian aduk hingga tercampur dengan semua bahan dan merata.
#5. Tambah saus tomat, merica, dan bumbu lainnya yang akan menambah kenikmatan cita rasa dari nasi goreng buatan anda hingga semua tercampur rata.
#6. Terus aduk semua bahan yang telah anda masukkan kedalam wajan hingga merata. Jika telah tercium bau harum dan sudah matang, angkat nasi dan sajikan di atas piring.
#7. Agar nasi goreng telur spesial terlihat menarik sebaiknya hias dengan irisan tomat atau yang lainnya sesuai dengan selera Anda.
#8. Nah, Sekarang Nasi gorengpun buatan anda yang nika sudah siap untuk santap atau dihidangkan kepada keluarga.

Berikut adalah vidio pembuatan nasi goreng yang kami semat dari youtube:


Demikian ulasan artikel kami terkait dengan 5 Contoh Teks Prosedur Kompleks yang Mudah di Pahami yang kami susun dari berbagai macam literatur yang kami baca. Semoga bermanfaat dalam tugas makalah teks prosedur anda dan terima kasih telah berkunjung.


Lihat Juga

Teks Eksposisi /Teks Eksplanasi /Teks Prosedur /Teks Negosiasi /Teks Anekdot /Teks Berita /Teks Biografi