Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Visi dan Misi Suatu Perusahaan, Organisasi, dan Lainnya

Kegiatan pencapaian dalam sebuah perusahaan, oganisasi, dan lembaga laiinya diperlukan adanya sebuah perencanaan dan tindakan yang nyata dalam pencapaian sebuah tujuan. Konsep yang umumnya digunakan dalam perencanaan yang di sertai dengan suatu tindakan untuk mencapai tujuan adalam Visi dan Misi. Sering salah satu dari kita dibingungkan dengan adanya kedua kata tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Visi dan Misi Suatu Perusahaan, Organisasi, dan Lainnya secara singkat dan jelas. 

Pengertian Visi dan Misi Suatu Perusahaan, Organisasi, dan Lainnya

Mohon untuk di pelajari juga ini !
Teori Organisasi Lengkap dengan Sejarah Perkembangannya
Teori Kepemimpinan (Leadership Theory) Menurut Para Ilmuan

Pengertian Visi

Visi adalah suatu pernyataan yang menyatakan tentang suatu tujuan akhir atau cita-cita yang ingin di capai oleh suatu perusahaan, organisasi, atau lembagalainnya di masa yang akan datang. Tujuan atau cita-cita tersebut merupakan awal dimana sebuah perusahaan, organisasi, atau lebaga lain tersebut berdiri. Tanpa adanya visi yang jelas dalam sebuah perusahaan, organisasi, atau lebaga, maka tidak akan ada efektifitas kinerja sebuah perusahaan. 

Dalam pengaplikasian sebuah visi dalam perusahaan, organisasi, atau lainnya, terdapat beberpa hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut diperlukan untuk membangun sebuah visi yang kuat yang akan di gunakan sebagai landasan sebuah perusahaan, organisasi, atau lembaga itu berdiri. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus di perhatikan :

#1. Visi Harus Berorientasi Jauh Kedepan
Salah satu sifat yang harus ada dalam visi adalah jangka panjang atau visi tersebut memiliki orientasi yang jauh kedepan. tidak hanya jauh kedepan, namun juga orientasi tersebut harus juga mengacu pada hasil yang lebih besar. Biasanya, orientasi yang di gunakan perusahaan pada umumnya adalah orientasi yang susah untuk di capai dan menantang untuk di capai. Karena dengan adanya hal tersebut, sebuah perusahaan, lembaga, atau lainnya akan menggunakan seluruh kekuatan, meteri, dan seluruh aspek yang di miliki untuk mencapai visi tersebut. 

#2. Visi Tidak di Dasarkan Kondisi Saat Ini
Visi yang akan di gunakan oleh sebuah perusahaan, organisasi, atau lembagai lainnya tidak boleh disarkan pada kondisi yang ada saat ini. Hal ini disebabkan karena visi harus berorientasi jauh kedepan yang memerlukan pertimbangan kondisi yang akan datang, bukan kondisi yang ada saat ini. Untuk mengetahui kondisi di masa yang akan datang perusahaan, organisasi, atau lembaga lainnya harus selalu melakukun riset perkembangan kondisi, belajar dari konflik di masa lalu, dan lain sebagainya.

#3. Visi Mengekspresikan Kreatifitas dan Inovasi
Kreatifitas dan inovasi tentang suatu hal yang baru kerap kali di masukkan dalam sebuah visi perusahaan, organisasi, atau lembaga lain. Hal tersebut ada karena itu merupakan salah satu identitas yang dimilikinya. Selain itu, hal tersebut juga akan memicu sebuah perusahaa, organisasi, dan lainnya untuk selalu terur berkreasi dan berinovasi. 

#4. Visi harus Jelas, Realistis, Dapat di Bayangkan, dan Mudah Di Pahami
Hal penting dalam pembuatu sebuah visi yang keempat ini sangat wajib adanya. Tujuan atau sebuah cita-cita (Visi) yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan haruslah masuk akan dan nyata, tidak berdasarkan cita-cita yang mustahil untuk di capai. Selain dari itu, tujuan atau cita-cita harus lah dapat di banyakan oleh manusia (Imagable), karena jika kita dapat dengan mudah membayangkan cita-cita atau tujuan kita, maka akan dapat memudahkan kita untuk mencapainya.


Pengertian Misi

Misi adalah suatu pernyataan yang menyatakan tentang apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan, orgasasi, atau lembaga tersebut yang digunakan untuk pencapaian visi. Misi merupakan konsep kedua yang digunakan dalam perencanaan setelah adanya visi yang jelas. Fungsi dari adanya sebuah misi yaitu untuk memberikan batasan-batasan sekaligus menunjukkan arah proses pecapaian suatu tujuan yang jelas.

Dalam membuat pernyataan misi, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut diperlukan untuk membangun sebuah misi yang efektif dan akan di gunakan sebagai landasan sebuah perusahaan, organisasi, atau lembaga itersebut. Untuk menjamin misi yang telah di buat adalah misi yang efektif, maka harus memperhatikan hal-hal di bawah ini :

Misi Harus Memiliki Cakupan yang Luas
Misi yang di buat harus memiliki cakupan yang luas, maksudnya adalah misi yang di buat haruslah sesuai dengan kondisi saat ini sampai kondisi yang akan datang (Orientasi panjang). Karena sebuah misi yang memiliki cakupan yang luas akan memberikan kemudahan akses sluruh aspek pendukung dalam pencapaian sebuah tujuan.

Misi Harus Spesifik
Misi yang dibuat tidak boleh bersifat general, karena akan mempersulit pendistribusian tugas-tugas, dan efektifitas dalam pencapaian tujuan sangat minimal. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah misi yang spesifik terhadap suatu hal yang ada dalam Visi diatas. 

Misi Harus Sesuai dengan Kompetensi Perusahaan, Organisasi, dan Lainnya
Walaupun visi yang di buat adalah visi yang berorientasi jauh kedepan, namun dalam pencapainya harus memperhatikan kompetensi yang di miliki oleh perusahaan, organisasi, dan lainnya. Pencapaian visi harus memperhatikan efektifitas dan efisiensi faktor yang digunakan serta kemapuan perusahaan. 

Demikian pengertian Pengertian Visi dan Misi Suatu Perusahaan, Organisasi, dan Lainnya yang kami rangkum dan kami lansir dari berbagai macam literatur online yang kami susun menjadi sebuah artikel ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.