Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

KEBIJAKAN FISKAL (Pengertian, Instrumen, Fungsi, Macam - Macam, Contoh) LENGKAP

Pengertian Kebijakan fiskal adalah Kebijakan dalam perekonomian suatu negara yang digunakan untuk mengendalikan kondisi perekonomian dengan menitik tekankan pada pengendalian anggaran pendapatan (penerimaan) dan anggaran pembelanjaan (pengeluaran) pemerintah. Kebijakan ini dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mendapatkan pendapatan dan penggunaan uang negara (APBN) untuk membelanjakan kebutuhan negara dalam rangka melaksanakan pembangunan.

KEBIJAKAN FISKAL (Pengertian, Instrumen, Fungsi, Macam - Macam, Contoh) LENGKAP

Salah satu Contoh Kebijakan Fiskal yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti apabila perkonomian dalam suatu negara sedang mengalami inflasi yang cukup tinggi, pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan berupa pengurangan permintaan masyarakat yang berlebihan terhadap suatu baranga tertentu dengan memperkecil jumlah pembelanjaan (impor barang) atau juga dapat berupa penaikan harga pajak dengan tujuan agar terciptanya kesetabilan perkonomian negara. 

Fungsi kebijakan fiskal adalah untuk mempengaruhi laju perekonimian suatu negara. Untuk dapat mempengaruhi laju perekonomian, pemerintah dapat memperkecil atau memperbesar tingkat kesempatan kerja (N), jumlah pajak (TX) yang diterima oleh pemerintah dari masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan nasional, jumlah transfer pemerintah (Tr), dan mempengaruhi konsumsi pemerintah (G).

Instrumen - Instrumen Kebijakan Fiskal

#1. Functional Finance (Pembiayaam Fungsional) 

Fungsional Finance (Pembiayaan fungsional) adalah kebijakan yang berfungsi untuk mengendalikan dan mempertimbangkan anggaran pembelanjaan pemerinatah dari berbagai macam akibat yang di timbulkan secara tidak langsung terhadap pendapatan nasional suatu negara dan bertujuan untuk meningkatkan volome kesempatan kerja bagi masyarakat. Instrrumennya adalah sebagai berikut :
Pengeluaran pemerintah ditentukan dengan melihat akbiat-akibat tidak langsung terhadap pendapatan nasional. Pajak dipakai untuk mengatur pengeluaran swasta, bukan untuk meningkatkan penerimaan pemerintah. Sedang pinjaman dipakai sebagai alat untuk menekan inflasi lewat pengurangan dana yang ada di masyarakat.

#2. The Managed Budget Approach (Pengelolaan Anggaran)

The Managed Budget Approach (Pengelolaan Anggaran) adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berfungsi untuk mengartur jalannya anggaran pemerintah yang meliputi hutang dan perpajakan hingga tercapainya kesetabilan dalam ekonomi. Berikut adalah instrumennya :
Pengeluaran pemerintah, perpajakan dan pinjaman dipergunakan secara terpadu untuk mencapai kestabilan ekonomi. Dalam jangka panjang diusahakan adanya anggaran belanja seimbang. Namun pada masa depresi digunakan anggaran defisit, sedang dalam masa inflasi digunakan anggaran belanja surplus.

Macam - Macam Kebijakan Fiskal

Terdapat beberapa jenis kebijakan fiskal yang ditinjau dari perbandingan antara jumlah pendapatan dengan jumlah pembelanjaan. Kebijakan fiskal dapat di bedakan menjadi empat, yang di uraikan dengan jelas seperti di bawah ini :

#1. Kebijakan Fiskal Anggaran Dinamis

kebijakan anggaran dinamis adalah kebijakan fiskal yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui peningkatan jumlah pendapatan dan pembelanjaan negara sehingga dengan waktu yang semakin lama maka akan semakin besar (tidak statis). Dengan adanya anggaran yang dinamis pemerintah akan dapat melangsungkan kegiatan pembangunan negara yang membutuhkan biaya yang cukup besar. 

#2. Kebijakan Fiskal Surplus

kebijakan anggara surplus adalah kebijakan fiskal yang diakukan oleh pemerintah dengan cara mengendalikan pembelanjaan lebih kecil dari pada Pendapatan. Dengan kebijakan memperkecil jumlah pembelanjaan (pengeluaran) anggaran dana pemerintah, diharapkan jumlah permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa secara umum tidak meningkat. Jika permintaan atas barang dan jasa meningkat atau turun, maka harga barang akan turun atau tidak meningkat. Jika harga barang menurun atau tidak meningkat maka inflasi dapat di cegah atau diatas. Oleh karena itu, kebijakan fiskal surplus ini biasanya digunakan pemerintah untuk mencegah terjadinya inflasi (kenaikan harga barang yang diakibatkan jumlah uang beredar melebihi jumlah uang yang dibutuhkan masyarakat). 

#3. Kebijakan Fiskal Anggaran Defisit

Kebijakan Anggaran defisit adalah kebijaka fiskal yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan cara mengendalikan pembelanjaan pemerintah (pengeluaran) lebih besar dari pada pendapatan pemerintah (penerimaan). Peningkatan jumlah anggaran yang di gunakan untuk pembelanjaan (pengerluaran) yang tidak sebanding dengan pendapatan negara, akan menyebabkan negara tersebut mengalami kekurangan (defisit). Kebijakan anggaran defisit ini pada umumnya digunakan oleh pemerintah untuk mensiasati peningkatan pertumbuhan ekonomi negara. dengan kondisi anggaran dana negara yang defisit, pemerintah akan mencari dana dari pihak lain untuk memajukan usaha dan ekonomi negara. Terdapat banyak pantangan dalam kebijakan ini seperti pelaku harus jujur, tidak boros, tidak korupsi, dan mampu bertanggung jawab atas segala sesuatu yang akan terjadi (walaupun kemungkinan buruk).

#4. Kebijakan Fiskal Anggaran Seimbang

Kebijakan anggaran seimbang adalah kebijakan fiskal yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan cara mengendalikan pembelanjaan dan pendapatan yang berimbang ( sama-sama besar). Pemerintah mengendalikan jumlah pembelanjaan tidak boleh lebih besar dari pada jumlah pendapatan dan jumlah pendapatan juga tidak lebih besar dari pada jumlah penerimaan. Hal tersebut akan dapat menguntungkan bagi negara karena pemerintah tidak perlu hutang kepada pihak lain. 

Untuk lebih memahami terkait dengan kebijakan fiskal, kami juga menyertakan vidio tentang kebijakan fiskal yang kami semat dari situ youtube. Berikut adalah vidionya:

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Kebijakan Fiskal Lengkap dengan Instrumen Kebijakan Fiskal yang kami rangkum dari berbagai macam literatur online. Semoga bermfaat dalam pembuatan tugas Makalah Kebijakan Fiskal. Terima kasih telah berkunjung di blog kami.