Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

PARAGRAF DESKRIPSI (Pengertian, Ciri - Ciri, dan Contohnya) Dalam Bahasa Indonesia [Terbaru]

Pengertian Paragraf diskripsi adalah paragraf yang memberikan penjelasan atau gambaran tentang sebuah obyek tertentu. Dalam bahasa indonesia, Obyek yang digunakan dalam paragraf ini dapat berupa benda, sifat, atau yang lainnya. Penjelasan obyek tersebut dengan menggunakan kalimat-kalimat yang dapat memberikan stimulus terhadap panca indra sehingga pembaca seolah-olah melihat obyek seperti yang didiskripsikan dan dijelaskan oleh penulis.

Pengertian Paragraf Diskripsi Lengkap dengan Contohnya

Orang pintar ? Silhkan pelajari juga artikel ini !
Contoh dan Pengertian Paragraf Eksposisi Lengkap dengan Ciri dan Jenisnya
Contoh Paragraf Persuasi Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya
Contoh Paragraf Argumentasi, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya
Contoh Paragaf Narasi lengkap dengan Pengertian, Jenis, dan Ciri - Cirinya

Paragraf diskripsi menjelaskan tentang berbagai macam aspek yang dapat diterima oleh panca indra yang dimiliki manusia seperti sebuah bentuk, rasa, warna, dan juga  kondisi suatu obyek yang sedang di diskusikan di dalam sebuah paragraf diskripsi. Pada umumnya paragraf ini digunakan dalam pemaparan hasil temuan, penelitian, tau pengamatan atas suatu obyek yang bersifat nyata (Real) dan bukan obyek yang bersifat  tidak nyata atau abstrak.

Tujuan dari penggunaan paragraf diskripsi ini adalah untuk memberikan diskripsi, penjelasan, atau gambaran tentang sebuah obyek kepada pembaca agar dapat memahami tentang apa yang sedang di bicarakan dan di bahas secara jelas. Dan juga, dengan paragraf ini penulis akan lebih mudah mendiskripsikan obyek, temuan, pengamatan yang dia dapatkan kedalam sebuah tulisan. 


Ciri - Ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf diskripsi berbeda dengan paragraf yang lainnnya. terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakannya. Berikut adalah ciri ciri paragraf diskripsi:

#1. Adanya suatu obyek yang di diskripsikan
Obyek yang didiskripsikan dalam paragraf ini dapat berupa benda, sifat, atau hal yang lainnya yang bersifat nyata atau real. Obyek yang nyata atau dapat di tangkap oleh panca indra manusia dapat di diskripsikan atau di jelaskan. 

#2. Melibatkan panca indra
Pendiskripsian sebuah obyek selalu mengikut sertakan panca indra. panca indra yang dapat digunakan adalah perabaan, penglihatan, penciuman, pendengaran, dan lain sebagainya yang memiliki fungsi menangkap suatu obyek yang berada di sekitarnya.

#3. Memberikan diskripsi sifat atau ciri-ciri obyek
Obyek yang didiskripsikan selalu memiliki sifat atau ciri-ciri yang dapat di jelaskan kedalam sebuah paragraf. Ciri atau sifat yang dapat di jelaskan dapat berupa suatu ukuran, bentuk sebuah obyek, warna, bau, dan lain sebagainya yang dapat di diskripsikan secara detail.

Ketiga ciri-ciri diatas dapat kita gunakan untuk memahami dan menemukan adanya paragraf diskripsi dalam sebuah karya tulis. 

Paragraf diskripsi dalam pengembangannya memiliki tiga bentuk yaitu Diskripsi Spatial, Diskripsi Subyektif, dan Diskripsi Obyektif. Diskripsi Spatial adalah pengembangan paragraf diskripsi yang ditandai dengan penjelasan atau penggambaran suatu obyek yang beruoa tempat atau ruang. Diskripsi Subyektif adalah pengembangan paragraf diskripsi yang ditandai adanya penjelasan atau penggambaran tentang perasaan atau kesan seorang penulis. Sedangkan Diskripsi Obyektif adalah pengembangan paragraf diskripsi yang memberikan penjelasan atau penggambaran tentang obyek tertentu secara alami atau natural.

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Kabupaten Jember

Kabupaten jember merupakan kabupaten yang terletak di kawasan tapal kuda. kawasan tapal kuda meliputi probolinggo, lumajang, jember, bondowoso, situbondo, dan banyuwangi. Masyasarakat jember di dominasi oleh dua suku, yaitu suku madura dan jawa. Kedua suku yang medominasi tersebut membentuk sebuah budaya yang komtemporer antara suku jawa dan madura.

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Sekolah

Sekolah merupakan suatu lembaga yang dirancang untuk pengajaran murid/siswa yang berada di bawah pengawasan para guru sebagai pendidik. Sekolah juga merupakan salah satu sistem pendidikan formal yang berada pada sebagain besar negara, dan juga umumnya di wajibkan bagi peserta didiknya. Dalam sekolah terdapat beberapa serangkaian tingkatan yang telah di susun dan harus di lalui oleh peserta didiknya / murid secara bertahap.

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Pengindraan

Pengindraan merupakan suatu proses penyusunan kata, yang kemudian akan membangkitkan pengalaman sinsoris ( indrawi ) seperti penciuman, gerakan, perasaan, pendengaran, dan penglihatan. Pengindraan itu sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu asusiasi pikiran, asusiasi gerak, penciuman dan gerakan, perasaan, penglihatan, dan pendengaran.

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Hewan

Hewan adalah suatu kelompok organisme yang dapat di klasifikasikan dalam kerajaan animalia. Sebutan lainnya adalah fauna dan margasatwa atau satwa saja. Hewan di diklasifikasikan menjadi 2, yaitu vertebrata dan invertebrata. Vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang atau tulang punggung. Hewan-hewan yang tergolong dalam Vertebrata dibagi lagi menjadi beberapa jenis yakni : pisces, amfibia, reptilia, aves, dan lain sebagainya. Invertebrata adalah jenis hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau tulang punggung. Struktur morfologi, sistem pernafasan, sistem pencernaan dan sistem peredaraan darah Hewan Invertebrata lebih sederhana jika dibandingkan dengan hewan jenis Vertebrata. Hewan yang termasuk dalam golongan Hewan Invertebrata antara lain : Filum Protozoa,Filum Cnidaria, Filum Porifera, dan lain sebagainya
Demikan ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Paragraf Diskripsi Lengkap dengan Contohnya. Semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas makalah paragraf deskripsi dalam bahasa indonesia anda dan terima kasih telah berkunjung. 

Silahkan Pelajari Juga:
#3 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Dan Campuran yang Baik dan Benar
Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran
Contoh Paragraf Persuasi Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya
Contoh dan Pengertian PARAGRAF EKSPOSISI Lengkap
#3 Contoh PARAGRAF ARGUMENTASI, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya
PARAGRAF DESKRIPSI (Pengertian, Ciri - Ciri, dan Contohnya)
PARAGRAF NARASI (Pengertian, Ciri - Ciri, Contoh, Jenis) Dalam Bahasa Indonesia