Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

TEKS EKSPLANASI (Pengertian, Ciri, Contoh Beserta Strukturnya) LENGKAP

Pengertian Teks eksplanasi adalah naskah atau teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya fenomena alam atau fenomena sosial. Suatu fenomena yang terjadi disekitar kita akan dapat dengan mudah apabila disajikan dengan menggunakan teks ekspkanasi. teks eksplanasi ini bertujuan untuk menjelaskan dengan sejelas - jelasnya suatu kejadian atau fenomena yang terjadi ataupun yang sudah terjadi dimasa lampau, baik fenomena tersebut adalah fenomena alam ataupun fenomena sosial

Contoh Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Stuktur dan Cirinya

Dalam teks eksplanasi, pada umumnya penulis akan memberikan penjelasan "apa", "mengapa" dan "bagaimana" fenomena tersebut dapat terjadi. Penjelasan tersebut di jelaskan secara jelas. Perlu diingat, dalam pemberian penjelasan suatu fenomena, haruslah sesuai dengan fakta yang ada, tidak di ada - ada. Kejujuran merupakan modal utama yang harus ada dalam memberikan penjelasan tentang suatu fenomena. 
Selain kejujuran, Teks eksplanasi yang kita buat haruslah dapat dengan mudah di pahami oleh para pembaca dari seluruh kalangan, baik kalangan atas atau kalangan bawah. Teks eksplanasi yang mudah dipahami oleh pembaca, maka akan mewujudkan proses trasfer informasi yang kita miliki kepada para pembaca akan semakin efektif. yang perlu diperhatikan dalam pembuatan teks eksplanasi yang mudah dipamahi adalah diksi atau pemilihan kata yang tepat, membuat kalimat yang efektif, menggunakan paragraf yang baik dan sesuai, dan masih banyak lagi faktor-faktor yang perlu di perhatikan dan tidak saya jelaskan pada kesempatan kali ini. 

Struktur Teks Eksplanasi

Dalam sebuah kepenulisan tentunya kita akan terlebih dahulu mengetahui struktur dari karya tulis yang akan kita tulis. dalam teks eksplanasi terdapat 3 bagian yang perlu dipahami sebelumnya. Berikut adalah uraian singkat dari ketiga struktur teks eksplanasi tersebut : 

#1. Penyataan Umum (General Statement)

General statement adalah bagian utama dari teks eksplanasi yang juga disebut dengan penyataan umum. penyataan umum hendaknya dibuat dengan semenarik mungkin,untuk menarik perhatian para pembaca dan meningkatkan rasa keingin tahuan pembaca, sehingga pembaca akan terus membaca teks eksplanasi yang kita buat sampai akhir. Permasalahan atau topik yang dibahas pada bagian awal ini adalah penjelasan mengenai "apa","mengapa" fenomena tersebut bisa terjadi.

#2. Urutan Penjelasan (Sequence of Explanation)

Pada bagian kedua ini memuat penjelasan yang lebih mendalam tentang topik atau fenomena yang dijelaskan baik fenomena sosial atau fenomena alam. Urutan Penjelasan atau Sequence of Explanation  ini digunakan untuk menjawab pertanyaan "bagaiamana" terjadinya fenomena dan urutan sebab - akibat terjadinya fenomena tersebut. Pada umumnya, bagian kedua ini biasanya ditulis antara 2 - 4 parargraf, namun hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penulis. 

#3. Interpretasi dan Penutup (Interpretation and Closing)

Bagian ketiga ini merupkan bagian penutup dan interpratasi dari teks eksplanasi yang menjelaskan suatu fenomena yang terjadi. interpretasi berisi intisari atau kesimpulan dari fenomena yang telah kita bahas pada bagian-bagian sebelumnnya. dan pada closing terdapat saran dan tanggapan dari seorang penulis terhadap fenomena yang telah dijelaskannya tersebut.

Ciri - Ciri Teks Eksplanasi

Setiap sebuah karya tulis tentunya memiliki ciri tersendiri yang dapat membedakan antara jenis karya tulis satu dengan jenis karya tulis lainnya. Suatu karya tulis akan dapat dikatakan sebagai karya tulis teks eksplanasi apabila didalamnya terdapat ciri-ciri seperti dibawah ini:

#1. Bersifat Informatif

Teks eksplanasi berifat informatif bukan persuasif atau yang lainnya. Penulis menggunakan teks eksplanasi untuk menginfomasikan suatu fenomena alam atau sosial yang terjadi kepada pembaca, bukan untuk menarik perhatian atau mengajak-ngaja para pembaca atau dengan tujuan yang lainnya yang selain dari informatif. 

#2. Tersetruktur

Teks eksplanasi memiliki struktur yang jelas dan harus di gunakan dalam pembuatan teks eksplanasi. strukturnya terdiri dari tiga bagian yaitu pernyataan umum, urutan penjelasan, dan closing seperti yang telah di jelaskan diatas. 

#3. Informasi Faktual

Informasi yang dimuat dalam teks eksplanasi adalah informasi yang di dasarkan pada fakta yang ada dan tidak di ada - adakan. Oleh karena itu, diperlukan adanya faktor kejujuran dalam membuat teks eksplanasi agar tidak terjadi konflik yang ditimbulkan akibat dari adanya infromasi yang tidak benar dalam teks eksplanasi tersebut.

#4. Ilmiah dan Keilmuan

Informasi yang dimuat dalam teks eksplanasi adalah informasi yang ilmiah dan keilmuan. Maksudnya tidak lepas dari ranah teori ilmiah yang ada pada bidang keilmuan baik dibidang sains maupun sosial.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pengangguran

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pengangguran

Fenomena sosial yang berkaitan erat dengan masalah ketenagakerjaan adalah pengangguran. Pengangguran terjadi tidak hanya di negara indonesia saja, namun juga mencakup seluruh dunia. Setiap negara menjadikan masalah pengangguran sebagai permasalah yang utama untuk ditumpas. Masalah pengangguran bagaikan penyakit kronik yang menyerang kehidupan masyarakat negara. Banyak kebijakan, tindakan, formula penangan yang diambil oleh seluruh kalangan pemerintahan, namun belum memunculkan hasil seperti yang diharapkan. 

Para ahli mengartikan bahwa pengangguran adalah angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan, sedang memiliki pekerjaa, atau tidak memiliki pekerjaan formal dengan mendapatkan tidak mendapat penghasilan yang tetap. Angkatan kerja berdasarkan ketentuan yang di keluarkan pemerintah adalah penduduk yang telah memasuki usi kerja yaitu penduduk yang telah berumur 15 tahun sampai 65 tahun. Namun perlu diperhatikan, angkatan kerja tidak secara keseluruhan adalah penduduk yang telah berumur 15-65 tahun, karena masyarakat atau penduduk yang tidak aktif dalam sebuah kegiatan ekonomi bukan termasuk kedalam kelompok angkatan kerja. Contoh dari penduduk yang telah memesuki usia angkatan kerja namun tidak termasuk kedalam angkatan kerja seperti mahaiswa, pelajar, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya. 

Permasalahan yang kronis tentang pengangguran, disebabkan oleh adanya beberapa faktor. Pertaman, Pengangguran biasanya disebabkan oleh adanya struktural dalam perekonomian yang akan berdampak pada tenaga kerja yang memiliki tingkat keterampilan yang berbeda pula. Sehingga, kualifikasi yang dimiliki oleh pencari kerja tidak memenuhi tuntutan yang ada. Kedua, angka pengangguran akan dapat meningkat apabila terjadi antara pencari kerja dan ketersediaan kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan. Ketiga, Pengangguran dapat disebabkan oleh adanya pemutusan hubungan kerja terhadap para karyawan dan para buruh. 

Pengangguran yang terjadi dalam sebuah wilayah masyarakat akan menimbulkan akibat buruk. Angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan tetap maka tidak memiliki bayaran sebagai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Jika terjadi jumlah pengangguran yang terus meningkat mengakibatkan kekacauan sosial, inflasi dengan intensitas tinggi, dan akan meningkatkan jumlah gelandangan secara pesat. Hal tersebut akan memicu pertumbuhan para pelaku kriminal dalam wilayah masayarakat. 

Berdasarkan uraian tentang pengangguran diatas, dapat kita simpulkan bahwa pengangguran merupakan permasalahan yang kronis yang harus dicarikan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Langkah nyata yang dapat diambil adalah memperbaikan kualitas lulusan sarjana sebagai angkatan kerja yang harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Selain itu yang paling penting adalah memperbaiki komposisi kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan. Adanya kondisi kesempatan kerja atau lapangan kerja yang baik dan layak, akan meminimalisir angka kekerasan sosial. Langkah yang lebih bijak sana adalah meningkatkan talenta, keterampilan, dan pengetahuan para angkatan kerja untuk menciptakan lapangan bekerja baik untuk orang lain atau untuk dirinya sendiri. Langkah - langkah tersebut hendaknya segera di laksanakan agar supaya permasalahan terkait dengan pengangguran cepat terselesaikan. 


THE END

Demikian uraian artikel kami terkait dengan Contoh Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Stuktur dan Cirinya yang kami rangkum dari berbagai macam literatur yang ada. semoga bermanfaat bagi pembuatan tugas makalah teks eksplanasi anda dan terima kasih telah berkunjung


Lihat Juga

Teks Eksposisi /Teks Eksplanasi /Teks Prosedur /Teks Negosiasi /Teks Anekdot /Teks Berita /Teks Biografi