Skip to main content
Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Contoh dan Pengertian Paragraf Generalisasi Lengkap dan Terbaru

Contoh dan Pengertian Paragraf Generalisasi Lengkap dan Terbaru

Pargraf generalisasi adalah paragraf yang meberikan penalaran induktif melalui tahap penarikan kesimpulan dari data yang sudah ada. Data dalah unsur yang sangat penting adanya dalam paragraf ini. Data yang digunakan untuk memberikan penaralaran induktif adalah data yang cukup atau mampu untuk mewakili dan menunjukkan kebenaran akan suatu kesimpulan penulis di akhir. 

Paragraf generalisasi ini merupakan salah satu jenis paragraf yang menggunakan pendekatan induksi dalam susunan kalimatnya. Pendekatan induksi yang di gunakan dalam paragraf ini memberikan ciri khas tersendiri dengan penyampaian ide pokok yang ada pada akhir paragraf. Namun, namun sebelum penarikan keseimpulan, paragraf generalisasi ini menyajikan fakta - fakta, data -  data, atau penjelasan - penjelasan untuk memperkuat kesimpulan yang dibuat oleh penulis. Cirikhas dari paragraf generalisasi ini pada umumnya di jumpai adanya kata - kata seperti "oleh karena itu", "sehingga", dan kata - kata lain yang serupa dengan kata-kata tersebut. 

Contoh paragraf generalasasi pada blog kami ini, sengaja kami sediakan  untuk para pembaca gara dapat lebih mudah memahami tentang Paragraf Generalisasi. Pada kesempatan kali ini kami memberikan beberapa contoh paragraf generalisasi yang agak berbeda dengan yang lainnya . Berikut adalah beberapa contoh paragraf generalisasinya:


Contoh 1. Tentang Potensi Desa Antirogo



Desa antirogo adalah salah satu desa yang ada di kecamatan sumber sari kabupaten jember yang kaya akan potensi bambunya. Bambu yang yang tersedia di desa antirtogo ini jumlahnya sangat banyak. Hampir 60 % kepala keluarga memiliki pohon bambu yang bergrombolan atau masyakarat desa antirgo biasa menyebutnya dengan barongan. Dengan adanya potensi yang ada tersebut, masyarakat desa antirogo dapat memanfaatkanya untuk membuat produk-produk kerajinan tangan yang berbahan dasar bambu. Sehingga dengan kegiatan pemanfaatan bambu tersebut akan memberikan kontribusi terhadapa perekonomian masayarkat desa antirogo. 
Contoh paragraf generalisasi diatas memberikan penjelasan tentang potensi yang dimiliki. data-data yang  ada dalah jumlah populasi pemilik pohon kelapa. dan kesimpulannya berada diakhir kalimat, ditandai dengan adanya kata "shingga".


Contoh 2. Tentang Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan


Kebiasaan masyarakat indonesia yang sulit di hilangkan adalah buang sampah sembarangan. Kebiasaan tersebut memberikan konstribusi terhadap penumpukan sampah yang kian hari terus meningkat. Tercatat hampir 100 juta ton sampah setiap bulannya di produksi oleh masyarakat indonesia. Banyak akibat yang telah ditimbulkan oleh kebiasaan masyarakat tersebut yang berdampak pada masyasarakat indonesia sendiri saat ini dan yang aka datang. Oleh karena itu kebiasaan masyarakat yang buruk tersebut akan merugikan masyarakat indonesia sendiri saat ini dan generasi yang akan datang.

Contoh paragraf generalisasi diatas menjelaskan tentang kebiasaan orang indonesia yang buruku memiliki dampak yang negatif bagi masyarakat saat ini dan yang akan datang. data yang diberikan berupa populasi sampah setiap bulannya. dan kesimpulan dari paragraf tersebut terletak diakhir paragraf dan kemudian di tandai dengan adanya kata "oleh karena itu". 

Popular posts from this blog

10 Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, Politik, Ekonomi Beserta Strukturnya

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah karangan dengan satu pokok pikiran atau paragaf yang dikembangankan dengan tujuan untuk spesifikasi penjelasan atau pemberian pemahaman tentang suatu hal dengan menggunakan gaya bahasa yang singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi ini umumnya sering digunakan dalam karya tulis berupa koran berita, petunjuk penggunaan, dan karya tulis lainn yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. 



Ciri - Ciri Teks EksposisiTerdapat beberapa cirikhas pentinga yang membedakan teks eksposisi ini dengan teks yang lain seperti teks prosedur, teks eksplanasi, teks editorial, dan lain sebagainya. Ciri - ciri dari teks tersebut adalah sebagai berikut : a. Memberikan dan menjelaskan informasi dalam bentuk pengetahuan. b. Menggunakan bahasa yang lugas, jelas, dan mengguanakan kalimat - kalimat baku. c. Memiliki struktur teks yang jelas. d. Fakta yang ada di dalamnya berfungsi sebagai dasar suatu ide (Tidak selalu).  e. Tidak memaksakan kehendak penulis kepada…

111 Contoh SLOGAN PENDIDIKAN Dan Gambarnya Unik dan Menarik [TERBARU]

Pengetian slogan adalah serangkaian kata atau frasa yang unik dan menarik yang berbentuk retorika sederhana dan juga memberikan ruang untuk menyampaikan informasi yang lebih rinci. Umunya slogan digunakn untuk menyampaikan sebuah ide, ekspresi, atau suatu tujuan agar dapat dengan mudah untuk di ingat. konteks yang digunakan pun sifatnya bebas, dapat berupa gagasan politik, komersial, agama, dan lainnya.



Slogan tentang pendidikan merupakan slogan yang pada umumnya digunakan untuk mengungkapkan pesan, motivasi, informasi, tujuan dan lain sebagainya yang konteksnya berkaitan dengan pendidikan. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan contoh slogan beserta gambarnya yang unik dan menarik, sehingga sobat dapat dengan mudah untuk mengingatnya. 

Silahkan baca juga:
Tata Cara Mandi Wajib, Bacaan Doa Niat Mandi Wajib
Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) Terbaru 2017
Bacaan Doa Sesudah WUDHU yang Benar (Arab, Latin, dan Artinya)

Belajarlah agar tidak menjadi orang bodoh.Guru adalah kunci menuju masa dep…

7 Contoh TEKS EKSPLANASI Tentang Bencana Alam ( Banjir, Gempa Bumi, Tsunami) TERBARU

Sebelum kita memahami contoh teks eksplanasi, hendaknya kita memahami dulu Apa pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri ? Pengertian Teks eksplanasi adalah jenis naskah atau tulisan yang berupa teks yang dapat digunakan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya suatu fenomena alam atau fenomena sosial (Object). Dengan menggunakan teks eksplanasi kita dapat menjelaskan terjadinya suatu fenomena baik itu fenomena alam ataupun fenomena sosial dengan sejelas-jelasnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur dan Cirinya


Dalam membuat teks eksplanasi terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penulis. Pertama adalah kejujuran, Mengapa demikian? Karena teks eksplanasi dibuat berdasarkan fenomena alam atau sosial yang ada dan nyata, bukan di ada-ada.  Yang kedua, teks eksplanasi yang dibuat oleh penulis haruslah mudah untuk dipahami.  Untuk membuat teks eksplanasi yang mudah dipahami oleh pembaca penulis harus dapat menggunakan diksi ata…