Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Contoh Paragraf Analogi Lengkap dan Terbaru

Contoh Paragraf Analogi Lengkap dan Terbaru

Paragraf analogi adalah paragraf yang berfungsi menjelaskan sebuah gagasan utama dengan cara membandingkan suatu hal dengan hal - hal yang lainnya. Hal yang dibandingkan haruslah memiliki kesamaan satu sama lain secara utuh atau hampir sama. Kesamaan diantara kedua hal yang di bandinkan tersebut dapat berupa sifat, kondisi fisiki, ciri-ciri, dan lain sebagainya. 

Paragraf analogi ini adalah salah satu jenis paragraf yang mengikuti penalaran induktif. Penalaran induktif adalah proses penalaran untuk menarik sebuah kesimpulan berupa prinsip sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta dan data-data yang bersifat khusus. Oleh karena itu susunan paragraf dalam paragraf ini harus memiliki pola yang jelas agar mudah untuk di fahami oleh pembaca. Pola yang digunakan dalam paragraf ini adalah sebagai berikut :

Pemaparan Khusus
Pemaparan Khusus
Pemaparan Umum


Pada bagian pertama paragraf analogi ini, dimulai dengan pemaparan kedua hal yang diangkat sebagai topik pembahasan dalam paragraf. Pemaparan kedua hal tersebut dapat ditinjau dari segi fisik, sifat, cirikhas, dan lain sebagainya. Setalah pemaparan dengan jelas dan detail pada bagian awal paragraf, kemudian disusunlah kalimat-kalimat yang menunjukkan adanya kesamaan atau kesepadanan diantara kedua hal tersebut. Perlu diingat, bahwa kesamaan atau kesepadanan diantara kedua hal tersebut memiliki tingkat ranah yang sama dan tidak saling timpang satu sama lain atau malah saling bertentangan satu sama lain. Pada tahap akhir setelah ditemukannya persamaan diantara kedua hal tersebut  adalah pembuatan kesimpulan. Kesimpulan yang dibuat harus sesuai dengan fakta dan data yang di sampaikan pada kalimat sebelumnya. Tidak dikatakan sebagai kesimpulan yang baik jika tidak menggunakan fakta, data, dan pemaparan pada kalimat-kalimat sebelumnya. 

Contoh paragaf analogi yang ada pada blog kami ini, kami sediakan dan kami susun untuk para pembaca agar dapat dengan mudah memahami tentang paragraf analogi. Pada kesempatan ini, kami memberikan beberapa contoh paragraf analogi yang berbeda dengan yang lainnya. Paragraf yang kami susun sebagai contoh adalah paragraf yang simple dan dapat dengan mudah untuk dipahami oleh pembaca. Berikut adalah beberapa contoh dari paragraf analogi tersebut:

Contoh 1. Sifat Manusia Ibarat Tanaman Padi

Manusia dapat ibaratkan seperti padi yang ada di areal persawahan. Tanaman padi yang berisikan malai padi yang banyak tentunya akan semakin menunduk dan tanaman padi tersebut dikatakan sebagai tanaman padi yang bagus. Begitu juga dengan manusia yang didalamnya terdapat banyak pengetahuan, pengalaman, kesabaran, dan kekayaan tentunya manusia tersebut akan menjadi lebih dermawan dan semakin lebih rendah hati (tidak sombong). Sebaliknya, jika manusia tersebut sombong dapat kita ibaratkan seperti padi yang kosong atau malai padinya sedikit yang akan selalu berdiri tegak namun akan mudah patah apabila tersapu oleh angin. Mausia yang sombong (miskin pengetahuan, pengalaman, dsb) akan mengalami kehancuran dalam hidupnya apabila mendapati cobaan dalam hidupnya. Oleh karena itu, Kita sebagai manusia yang memiliki ilmu, kepandapai, dan kelebihan, hendaknya kita bersfiat bagaikan padi yang apabila malai padinya semakin banyak maka akan semakin merunduk (tidak sombong).

Contoh paragraf analogi diatas membandingkan dua hal yaitu sifat manusia dengan sifat tanaman padi. Pada bagian awal, menjelaskan sifat yang dimiliki oleh manusia (kepandaian, kelebihan, dsb) dan tanaman padi (berisi malai banyak) dan kemudian memberikan pengibaratan sifat manusia dengan sifat tanam. Padi bagian akhir memberikan kesimpulan. 

Contoh 2. Belajar di usia Muda Bagaikan Menulis diatas Batu

Seorang orang yang belajar di hari muda dapat diibaratkan seperti menulis diatas batu. Menulis diatas batu tidaklah mudah, diperlukan waktu yang lama dan kerja yang keras, namun ketika berhasil maka sulit untuk dihapus. Begitu juga dengan manusia, ketika manusia belajar di usia muda. Di usia muda memanglah susah untuk bejalar karena banyak hal yang menghalangi seperti cobaan, malas-malasan, namun ketika manusia mampu menerjang hal-hal tersebut, maka akan berhasil. Oleh karena itu, diusia muda hendaknya kita gunakan untuk belajar agar agar berhasil. 
Contoh paragraf analogi diatas membandingkan dua hal yaitu belajar di usia muda dengan munulis diatas batu. pada bagian awal di berikan penjelasan tentang kelebihan menulis diatas batu dan kelebihan belajar di usia muda. dan kemudian di simpulkan.
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Contoh Paragraf Analogi Lengkap dan Terbaru yang kami rangkum dari berbagai macam literatur online. semoga bermanfaat dalam pemahaman anda tentang paragraf analogi dan terima kasih telah berkunjuang di blog kami. 

Silahkan Pelajari Juga:
#3 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Dan Campuran yang Baik dan Benar
Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran
Contoh Paragraf Persuasi Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya
Contoh dan Pengertian PARAGRAF EKSPOSISI Lengkap
#3 Contoh PARAGRAF ARGUMENTASI, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya
PARAGRAF DESKRIPSI (Pengertian, Ciri - Ciri, dan Contohnya)
PARAGRAF NARASI (Pengertian, Ciri - Ciri, Contoh, Jenis) Dalam Bahasa Indonesia