Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

#3 Tips Agar CV (Curriculum Vitae) Kamu di Lirik HRD

#3 Tips Agar CV (Curriculum Vitae) Kamu di Lirik HRD

Mungkin kamu adalah salah satu angkatan kerja yang baru lulus dari studimu di perguruan yang kamu sayangi, dan sekarang kamu lagi asyik nyari kerjaan, istilah kerennya itu job-hunting. Dan ironisnya, kamu adalah salah satu angkatan kerja yang sering di tolak setelah bolak-balik ngirim proposal lamaran pekerjaan yang hasilnya gagal. Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa kok kamu di tolak dalam pelamaran suatu pekerjaan. Salah satu faktor penting yang mungkin membuat lamaran pekerjaanmu ditolak adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. 

Banyak alasan yang melatar belakangi mengapa curriculum vitae kamu menjadi penyeba lamaran pekerjaanmu ditolak. Mungkin dalam daftar riwayat hidup isinya kurang jujur, tidak lengkap, tidak sesuai dengan kulifikasi, terdapat kesalahan dalam pembuatan daftar riwayat hidup, dan mungkin daftar riwayat hidup yang kamu buat tidak menarik sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut mungkin kamu juga bisa mempelajari Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan 

Perlu kamu ketahui dalam suatu perusahaan, tidak hanya cv kamu aja yang diterima pada surat menyurat perusahaan tersebut (Inbox). Banyak calon pelamar pekerjaan, bahkan ribuan calon pelamar yang juga mengirim cv ke perusahaan tersebut yang sama sepertimu. Mungkin cv kamu berada pada tumpukan cv yang akan membuat bosan seorang HRD untuk menyeleksi satu persatu. Pastinya HRD sangat bosan dengan cv yang gitu-gitu aja. Lalu gimana donk ? 

Memang persaingan dalam dunia kerja sangat ketat, namun kita tentunya harus memiliki potensi yang lebih unggul dan menarik. Salah satu yang bisa kita lakukan agar cv kita bisa diperhatikan dan diterima yaitu membuat cv yang semarik mungkin agar mendapat perhatian dari HRD. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba untuk membahas tentang bagaimana cv kita agar di perhatikan oleh HRD. Berikut adalah tipsnya .


Buatlah CV-mu dengan Tampilan yang Profesional dan Menarik

Anda harus membuat cv yang menarik dan profesional dengan menampilkan keunikan, keunggulan dan kompetensi diri yang anda miliki kedalam cv anda.  keunikan, keunggulan dan kompetensi yang anda miliki akan mencerminkan tingkat profesionalitas diri anda. Selain itu, cv yang anda buat haruslah menarik untuk dilihat. Dengan begitu HRD akan senang memperhatikan konten atau isi yang ada dalam CV anda. Buatlah desain CV yang menarik. Anda dapat menggunakan softwere yang dapat digunakan untuk desain cv atau anda dapat menggunakan situ desain cv yang secara gratis. Oleh karena itu silahkan baca Contoh CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup yang Menarik Perhatian HRD.


CV-mu dengan Tampilan yang Profesional dan Menarik
CV yang Menarik dan Profesional Via Onextrapixel


Berikan Informasi yang Singkat, Padat, dan Jelas

Dalam menuliskan penjelasan diri dalam cv anda, haruslah secara jelas dengan menggunakan bahasa yang mudah di pahami, pemilihan diksi yang tepat, penggunaan kalimat yang efektif, dan penggunaan paragraf yang baik dan benar. Selain itu, konten atau isi diskripsi diri haruslah padat. Artinya berikan penjelasan diri yang dibutuhkan saja, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan tersebut. Jangan terlalu banyak dalam membuat halamana, karena akan membuat pembaca bosan. Usahakan panjang cv maksimal 2 halaman.


Berikan Informasi yang Singkat, Padat, dan Jelas
CV Singkat, Padat, dan Jelas Via Onextrapixel

Berikan Informasi Data Diri dan Kontak yang lengkap

Percuma kalau tampilan cv udah menarik dan tampak profesiona namun iformasi data diri yang dibutuhkan tidak dapat ditemukan oleh hrd dalam cv anda, yang ada malah cv anda di buang di tong sampah. 

Pertama, Kelengkapan informasi data diri. Bagian tersebut merupakan bagian yang wajib adanya dan memiliki prioritas yang paling utama. Kalo HRD yang membaca cv anda adalah seorang psikolog, kemungkinan informasi data diri anda akan digunakan untuk kualifikasi penerimaan ketenagakerjaan. Terdapat beberapa HRD dari kalangan psikolog yang dapat mengetahui karakter, sifat, prilaku dan lain sebagainya. Oleh karena itu, berikan infromasi data diri itu yang lengkap mulai dari nama, alamat, kelahiran, dan lain sebagainya. 

Kedua, Jangan lupa menyertakan kontak yang mudah untuk dihubungi. Dengan menyertakan kontak dalam cv, akan dapat memudahkan HRD untuk memberikan keputusan atas lamaran pekerjaan anda. Kontak yang anda berikan dapat berupa No. HP, e-mail, bbm, dan lain sebagainya. INGAT!!!
Seseorang bisa dikatakan “professional” atau “tidak professional” hanya dengan menilai apakah ia sanggup mengangkat telepon kapan pun dibutuhkan.

Apa ? haa ? mau liha contoh cv menarik lainnya ? Tenang saja, Kami masih punya refrensi cv yang menarik lainnya yang bisa anda akses di theultralinx.com dan yang lainnya di onextrapixel.com . Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung