Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Teori Manajemen Strategi Lengkap dengan Pengertian dan Tahapnya

Pengertian Strategi adalah alat yang digunakan untuk mencapai tujuan. Strategi memberikan kesatuan arah bagi semua anggota organisasi. Konsep strategi yang tidak jelas akan mengakibatkan keputusan yang diambil akan bersifat subjektif atau berdasarkan intuisi belaka dan mengabaikan keputusan lain. Manajemen strategi adalah kumpulan keputusan dan tindakan yang merupakan hasil dari rencana, formulasi dan implementasi yang didesain untuk mencapai tujuan suatu perusahaan (Pearce II dan Robinson, Jr.). Manajemen strategi meliputi perencanaan, pegarahan, pengorganisasian, dan pengendalian keputusan dan tindakan-tindakan yang berhubungan dengan strategi perusahaan (Suroso, 2011).

Teori Manajemen Strategi Lengkap dengan Pengertian dan Prosesnya


Silahkan Pelajari Juga Teori yang Lain

Menurut Hutabarat dan Martani (2006), kedalaman dalam mengelola strategi tidak hanya terbatas pada proses, tetapi juga dipengruhi oleh tingkat pengelolaannya yang juga memerlukan suatu tingkat pemikiran yang berbeda serta meningkat dari waktu kewaktu sesuai dengan kondisi yang dialami oleh perusahaan. Semakin strategik pekerjaan yang dilakukan, diperlukan tingkat pemikiran yang semakin kompleks yang berada di atas taraf evaluasi. Tuntutan berkembang kepada analisis atau bahkan sintesis untuk memberikan suatu solusi yang optimal dalam strategi yang digambarkan seperti di bawah ini.

tingkat kedalaman strategi

Manajemen strategis adalah suatu perspektif baru yang menyoroti tentang pentingnya organisasi untuk memberikan lebih banyak perhatian pada perumusan strategi dan perubahan lingkungan. Strategi organisasi yang tepat untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan yang berubah sangat penting bagi keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Menurut Ibrahim dalam Ahdiyana (2011), manajemen strategis pada prinsipnya adalah kemampuan manajemen organisasi untuk mengadaptasi masa depan yang umumnya bersifat jangka pendek serta menengah. 


Strategi penting karena merupakan proses untuk menentukan arah yang harus dijalani agar visi dan misi organisasi dapat tercapai. Strategi juga dapat memberikan dasar yang masuk akal untuk keputusan – keputusan yang akan menuntun ke arah pencapaian tujuan organisasi. Keputusan strategis akan meningkatkan kemampuan pemimpin dalam menghadapi perubahan. 

Menurut Johnson dan Scholes dalam Ahdiyana (2011), keputusan strategis menaruh perhatian pada ruang lingkup aktivitas organisasi, penyesuaian aktivitas organisasi dan lingkungannya, alokasi dan realokasi sumber daya utama dalam organisasi, nilai, harapan dan tujuan dari strategi yang berpengaruh, serta implikasi perubahan operasional pada seluruh organisasi. Sehingga dapat dikatakan bahwa manajemen strategis adalah suatu proses yang dalam setiap tahapnya Memerlukan partisipasi dari semua pihak, dan pertanggungjawaban dari pemimpin. Dengan demikian manajemen strategis meliputi penetapan kerangka kerja untuk melaksanakan berbagai proses tersebut.

Setiap organisasi membutuhkan strategi manakala menghadapi situasi berikut (Jain dalam Purwanto, 2012)

1. Sumberdaya yang dimiliki terbatas
2. Ada ketidakpastian mengenai kekuatan  bersaing organisasi
3. Komitmen terhadap sumberdaya tidak dapat diubah lagi
4. Keputusan-keputusan harus dikoordinasikan antar bagian sepanjang waktu
5. Ada ketidakpastian mengenai pengendalian inisiatif

Tahap penyususan strategis sedikitnya ada enam tahap yang perlu diperhatikan yaitu (Purwanto, 2012)

1. Seleksi yang mendasar dan kritis terhadap permasalahan
2. Menetapkan tujuan dasar dan sasaran strategis
3. Menyusun rencana penyumberdayaan
4. Mempertimbangkan keunggulan
5. Mempertimbangkan keberlanjutan

Menurut Steiner dan Miner dalam Ahdiyana, 2011, proses manajemen strategis meliputi beberapa hal sebagai berikut:

1. Pengawasan perubahan lingkungan
2. Identifikasi lingkungan peluang dan ancaman untuk dihindarkan
3. Evaulasi kekuatan dan kelemahan organisasi
4. Perumusan misi dan sasaran
5. Identifikasi strategi untuk untuk pencapaian tujuan organisasi
6. Evaulasi strategi dan pilihan strategi yang akan diimplementasikan
7. Pemantauan proses untuk meyakinkan bahwa strategi diaplikasikan dengan tepat.

Demikian Ulasan artikel kami tentang Teori Manajemen Strategi Lengkap dengan Pengertian dan Tahapnya yang kami rangkum dari berbagai literatur yang kami sajikan dalam daftar pustaka. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Daftar Pustaka

Ahdiyana, Marita. 2012. Memperkuat Manajemen Strategis dalam Pengukuran Kinerja dalam Organisasi Sektor Publik. Yogyakarta : UNY.
Hutabarat, Jemsly dan Martani H. 2006. Proses, Formasi, dan Implementasi Manajemen Strategik Kontemporer Operasionalisasi Strategi. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Purwanto. 2012. Marketing Strategic Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Tanpa Kota : Platinum.
Suroso, Imam. 2011. Konsep dan Teori Manajemen Stategi. Mojokerto : Insan Global.