Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian dan Contoh SINONIM dan ANTONIM Menurut Para Ahli

PENGERTIAN SINONIM

Sinonim adalah persamaan kata atau padanan kata yang berarti merupakan suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda, namun terdapat arti yang sama atau serupa. Pengertian lain dari sinomin yaitu sama dalam makna lain dalam tulisan. Kata sinonim sering digunakan oleh penulis untuk mengalihkan dan mengotak-atik kata pada suatu posisi dan kondisi tertentu. tujuan dari penggunaan sinonim adalah untuk membuat variasi terhadap susunan kata kedalam suatu kalimat yang efektif, sehigga dapat membuat para pembaca tidak bosan. 


Pengertian dan Contoh Sinonim dan Antonim [TERBARU]

Diksi atau pilihan kata merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam penggunaan sinonim. Memilih kata sinonim yang tepat adalah keharusan bagi penulis. penulis harus berhati-hati dalam menggunakan sinonim. Mungkin dalam menemukan kata sinonim penulis bisa menggunakan refrensi seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia, Literatur online dan lain sebagainya. 

Contoh Kata Sinonim

Cotoh kata sinomin, salah satunya yaitu kata "Besar". Kata yang memiliki makna yang sama namun bentuknya berbeda yaitu kata "Agung". Selain kata "Agung" juga terdapat kata lain yang juga memiliki arti sama namun bentuknya berbeda yaitu "Raya".
Contoh sinonim yang lain seperti di bawah ini
Kata haus, Sinonimnya adalah Dahaga.
Kata Pakaian, Sinonimnya adalah Baju.
kata Bohong, Sinonimnya adalah Dusta.
Kata Binatang, Sinonimnya adalah Fauna.
Kata Berjumpa, Sinonimnya adalah Bertemu.
Dan kumpulan kata sinonim lainnya.

PENGERTIAN ANTONIM

Antonim adalah perlawanan kata atau Pertentangan kata yang berarti suatu kata yang memiliki makna berlawanan antara satu kata dengan kata yang lainnya. Penegrtian lain dari anonim adalah suatu kata yang maknanya saling berlawanan satu sama lain. Antonim pada umumnya digunakan untuk membedakan antara satu hal dengan hal yang lain. 


Seperti halnya sinonim, dalam penggunaan antonim pada suatu kegiatan penulisan harus memperhatikan diksi atau pemilihan kata yang tepat. penulis juga harus menggunakan kata anonim sesuai engan kaidah bahasa yang digunakan. kata anonim tersebut bisa di dapatkan melalui kamus besar bahasa indonesia, literatur, dan lain sebagainya. 

Contoh Kata Antonim

Contoh kata antonim salah satunya adalah kata "Tampan". kata tersebut  memiliki perlawanan kata yaitu kata "Jelek". kata "tampan" merupakan kata yang memiliki sifat positif, sedangkan kata "jelek" memiliki sifat negatif. Positif dan negatif saling berlawanan satu sama lain.
Contoh Kata Antonim yang lain seperti di bawah ini
Kata "Baik" lawan katanya adalah kata "Buruk".
Kata "Tinggi" lawan katanya adalah kata "Rendah".
Kata "Banyak" lawan katanya adalah kata "Sedikit".
Kata "Laki-Laki" lawan katanya adalah kata "Perempuan".
Kata "Datang" lawan katanya adalah kata "Pergi".
Dan Kumpulan Kata Antonim lainnya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Sinonim dan Antonim Lengkap dengan Contohnya yang kami rangkum dari berbagai literatur online maupun offline. semoga bermanfaat bagi tugas makalah anda dan terima kasih.