Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Kalimat Baku dan Contohnya Lengkap

Pengertian Kalimat Baku dan Contohnya Lengkap

Kalimat baku adalah kalimat yang yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang meliputi struktur, ejaan, dan diksi yang digunakan. Struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia adalah struktur yang didalamnya terdapat unsur subyek, predikat, dan obyek yang jelas. penggunaan ejaan harus disesuaikan dengan ejaan yang telah di sempurnakan (EYD) yang di dalamnya mengandung tiga aspek yaitu fonologis, morfologis, dan sintaksis. Sedangkan pemilihan diksi harus memperhatikan kesesuaian kata yang di pilih dengan kata-kata yang lainnya (Baca :Pengertian Diksi Lengkap dengan Contohnya )

Kalimat tidak baku adalah kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa indonesia baik dalam struktur, ejaanm dan pemilihan katanya. Walaupun kalimat yang tidak baku ini mudah di fahami oleh orang yang membacanya, kalimat ini tidak di katakan kalimat baku. kalimat jenis ini sering kita jumpai pada beberapa karya tulis atau dialog sebuah cerita.

Sering salah satu dari kita sulit untuk membedakan antara kalimat baku dengan kalimat efektif. Sekilas memandang tidak ada perbedaan antara kalimat baku dan kalimat efektif. Namun yang perliu ketahui terkait dengan kedua jenis kalimat tersebut adalah kalimat baku sudah pasti merupkan kalimat efektif dan sedangkan kalimat efektif belum tentuk kalimat yang baku. Jadi kedudukan kalimat baku lebih tinggi dari pada kalimat efektif. 

Kalimat baku dan kata baku itu juga berbeda. kita juga kadang salah mengartikan antara kalimat baku dan kata baku. kalimat baku adalah struktur, ejaan, dan diksi yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia, sedangkan kata baku adalah kata yang terdapat dalam kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia. Dalam kalimat baku pasti di dalamnya terdapat kata baku, karena kata baku merupakan unsur penyusun dari kalimat tersebut.


Syarat Kalimat baku


#1. Kalimat Harus Logis
Kalimat akan dapat di sebut kalimat baku apabila kalimat tersebut logis. Maksud dari kalimat yang logis adalah kalimat tersebut masuk akal dan dapat di terima oleh akal sehat pembaca. Kalimat yang logis akan memberikan kemudahan kepada pembaca untuk memahami isi dan maksud dari kalimat tersebut. Kalimat yang tidak logis, tidak dikatakan sebagai kalimat yang baku. Contohnya adalah sebagi berkut :
Bagi siswa yang membawa gelang dan kalung harap di lepas!
Contoh kalimat diatas adalah contoh kalimat yang tidak baku, meskipun kalimat diatas sangat komunikatif. Dikatakan tidak baku karena kalimat tersebut tidak logis karena menyuruh siswa untuk melepas gelang yang dibawa. Seharusnya kalimat yang baku adalah sebagai berikut:
Bagi siswa yang memakai gelang dan kalung harap melepasnya!
#2. Kalimat Harus Hemat (Menghindari Pemborosan Kata)
Kalimat baku salah satu sayaratnya adalah menghindari pemborosan kata. Pemborosan kata pada kalimat akan dapat menyulitkan pembaca untuk memahaminya. Kalimat yang boros akan penggunaan kata tidak dikatakan sebagai kalimat baku. Contohnya adalah sebagai berikut:
Peserta diharap untuk tidak saling dorong-mendorong saat mengantri.
Kalimat diatas tidak dikatakan sebagai kalimat baku karena terdapat pemborosan kata. pemborosan kata pada kalimat tersebut adalah dorong-mendorong. Seharusnya kalimat yang baku adalah sebagai berikut :
Peserta diharap untuk tidak saling dorng saat mengantri.
#3. Kalimat Harus Memiliki Kepaduan
kalimat harus memiliki kepaduan maksudnya adalah hubungan antar unsur-unsur yang ada dalam suatu kalimat baku harus sesuai dan tidak menimbulkan kesalahan dalam penafsiran isi atau kandungan yang ada dalam kalimat tersebut. Jika kalimat yang hubungan antar unsur kalimat di dalamnya tidak sesuai atau tidak padu, maka kalimat tersebut tidak dikatakan sebagai kalimat baku. Contohnya adalah sebagai berikut:
Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan harga beras cukup menyulitkan masyarakat
Kalimat diatas adalah kalimat tidak baku karena tidak memiliki kesesuaian antar usur kalimat. Unsur kalimat dalam kalimat di atas tidak lengkap. unsur yang tidak ada adalah subyek . Kalimat diatas akan menjadi kalimat baku apabila kalimat tersebut dirumah menjadi kalimat seperti di bawah ini :
Harga beras cukup menyulitkan masyarakat.
#4. Kesesuaian Struktur Kalimat
Struktur kalimat dalam kalimat baku harus lengkap. Struktur yang harus ada dalam kalimat baku antara lain adalah Subyek, Predikat, dan Obyek. tidak hanya kelengkapan namun juga kesesuain struktu baik dalam maknanya dan juga susunannya. Contohnya adalah sebagai berikut:
Malik membelikan handphone adiknya.
kesesuaian struktur kalimat diatas kurang tepat. yang dibelikan oleh malik bukanlah handphone melainkan adiknya. Maka kalimat baku yang memiliki kesesuaian struktur kalimat adalah sebagai berikut:
Malik memberikan adiknya handphone.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Kalimat Baku dan Contohnya Lengkap yang kami rangkum dari beberapa literatur online. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami. 

Silahkan Pelajari Juga :
Pengertian KALIMAT Menurut Para Ahli Bahasa
Fungsi - Fungsi Kalimat Berdasarkan Tujuannya
Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, Rapatan dan Campuran
Contoh & Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung