Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Cara Membuat dan Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Pengertian Artikel adalah sebuah karya tulis yang memuat karangan faktual atau opini yang ditulis secara proporsional sesuai dengan kebutuhan yang di tulis untuk di publikasikan pada media cetak atau media online dan bertujuan untuk memberikan penjelasan atas suatu gagasan penulis dan fakta yang dapat memberikan keyakinan, menghibur, dan mendidik.


Cara Membuat dan Menuslis Artikel yang Baik dan Benar

Penulisan sebuah artikel yang baik dan benar akan memberikan kemudahan kepada pembacanya dalam memahami kaidah atau isi yang ada dalam artike tersebut. Pembaca yang dapat dengan mudah memahami isi artikel tersebut akan memberikan nilai plus kepada artikel yang telah dibuat oleh penulis tersebut. terdapat beberapa langkah penulisan artikel yang baik dan benar secara umum. langkah-langkah menulis artikel adalah sebagai berikut:


#1. Menentukan Tema Artikel

Penulis wajib menentukan tema dari sebuah artikel yang akan ditulisnya. dengan adanya tema maka artikel yang ditulis akan lebih jelas batasan-batasan pembahasannya. Pemilihan tema yang digunakan dalam membuat artikel hendaknya harus spesifik. tujuan pemilihan tema yang spesifik adalah memberikan ciri khas yang berbeda terhadap pembahasan artikel tersebut.


#2. Menentukan Tujuan Penulisan Artikel 

Penentuan tujuan penulisan sangat berpengaruh terhadap artikel yang dibuat oleh penulis. tujuan penulisan artikel misalnya adalah penyaluran sebuah ide yang dimiliki oleh penulis, menghibur para pembaca, mendidik para pembaca, atau untuk memecahkan permasalah pada kondisi atau keadaan tertentu.


#3. Menentukan Permasalahan dengan Jelas

Rumusan masalah pada umumnya berbentuk sebuha kalimat tanya, namun pada karya tulis yang berbentuk sebuah artikel, rumusan masalah tidak di tuliskan dalam bentuk rumusan masalah, bahkan pada umumnya rumusan masalah tidak dituliskan di dalam artikel tersebut, namun rumusan masalah di tulis secara tersirat (tersembunyi) dalam pembahasan artikel. 


#4. Mengembangkan Tema Artikel

Dalam membuat artikel yang menarik, salah satu faktor penting dan utama yang perlu diperhatikan adalah pengembangan tema artikel tersebut. Pengembangan tema harus di sesuaikan dengan jenis artikel yang dibuat dan topic yang dibahas. dalam pengembangan tema, penulis dapat membuat sebuah topic yang unik dan menarik untuk dibahas dalam sebuah artikel.


#5. Menyimpulkan Pembahasan Artikel

Kesimpulan dari penjabaran atau pembahasan terkait dengan sebuah topic dalam karya tulis sangat di butuhkan adanya. Begitu juga dengan kesimpulan dalam sebuah karya tulis dalam bentuk artikel. Penulis dapat membuat sebuah kesimpulan dengan baik, jika penulis memiliki logika atau alur pembahasan yang benar dan mudah di pahami. 

Langkah-langkah pembuatan artikel diatas merupakan langkah pembuatan artikel secara umum. dengan menggunakan langkah-langkah diatas, penulis diharapkan mampu membuat artikel yang baik dan benar. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pembuatan artikel yang baik yang kami lansir dari beberbagai litatur online. Semoga pembasan ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.