Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Contoh Kalimat Efektif Lengkap dengan Pengertian dan Cirinya

Pengertian Kalimat efektif adalah kalimat yang struktur, penggunaan bahasa, dan penggunaan tanda baca disusun berdasarkan kaidah bahasa yang telah di sepakati dan telah digunakan. Tujuan dari pembuatan kalimat yang efektif yaitu untuk memberikan pemahaman secara mudah dan menghindari terjadinya pemahaman yang salah oleh pembaca.

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif Lengkap dengan Pengertian dan Cirinya

Jenis kalimat ini mampu memberikan penejelasan terkait dengan gagasan dalam kalimat kepada pembaca secara jelas dan sesuai dengan apa yang di maksud oleh sang penulis. 
Kalimat yang mudah untuk dipahami oleh pembaca
Sebaliknya, Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang struktur, penggunaan bahasa, dan penggunaan tanda baca disusun tidak berdasarkan kaidah bahasa yang benar. seperti menggunakan bahasa tidak baku, kesalahan dalam penggunaan tanda baca, dan penggunaan struktur kalimat (S,P,O,K) yang tidak teratur. Kalimat yang tidak efektif akan menimbulkan pemahaman pembaca yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh penulis. Kalimat ini tidak baik jika dituangkan kedalam suatu suatu paragraf yang baik dan benar, karena sangat berpengaruh terhadap gagasan suatu paragraf tersebut.
Kalimat yang sulit dipahami oleh pembaca

Unsur dan Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Suatua kalimat dapat dinyatakan sebagai kalimat efektif apabibla memnuhi kalimat di bawah ini. Sebaliknya, Kalimat yang tidak efektif adalah kalimat yang memenuhi kriteria di bawah ini:

#1. Unsur Kesepadanan
Kesepadanan kalimat adalah adanya kesetaraan atau keseimbangan antara struktur bahasa yang digunakan dengan gagasanya. dalam unsur kesepadanan ini memiliki beberapa ciri-ciri yaitu : subyek dan predikat yang jelas, tidak menggunakan subyek ganda, Kata penghubng intra kalimat tidak di pakai pada kalimat tunggal, predikat tidak didahului konjungsi atau kata penghubung seperti "yang". contoh dari unsur ini adalah sebagai berikut:

Contoh 1
Bagi semua mahasiswa harus menggunakan jas almamater. - Tidak Efektif
semua mahasiswa harus menggunakan jas almamater. - Efektif
Contoh 2
Soal itu kami tidak masuk akal. - Tidak Efektif
Soal itu bagi kami tidak masuk akal. - Efektif
Contoh 3
Cinta yang berasal dari lubuk hati paling dalam. - Tidak Efektif
Cinta berasal dari lubuk hati paling dalam. - Efektif

#2. Unsur Keparalelan
Unsur keparalelan adalah unsur yang menyatakan adanya kesamaan terhadap bentuk, makna kata yang di gunakan dalam satu kelimat. Contohnya yaitu pada satu kalimat terdapat satu kalimat nomina di depan dan satu kalimat di belakang. atau contoh lain yaitu pada kalimat terdapat dua kalimat verbal. Contohnya adalah sebagai berikut:
Harga beras dibekukan atau kenaikan secara luwes. - Tidak Efektif
Harga beras dibekukan atau dinaikan secara luwes. - Efektif
#3. Unsur Ketegasan atau Penekanan
Unsur ketegasan atau penegasan adalah tindakan pemberian perlakuan lebih terhadap ide pokok atau gagasan suatu kalimat. tujuan dari pemberian perlakuan lebih tersebut untuk memberikan ketegasan suatu gagasan kalimat. Unsur kegasan dan penekanan memiliki beberapa kriteria yaitu :  Menggunakan kata yang tegas di awal kalimat, Urutan kata yang jelas, repitisi atau pengulangan kata, pertentangan terhadap gagasan, dan partikel penegasan. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

Contoh 1
Kamu bagian dari hidupku. - Tidak Efektif
Kamulah bagian dari hidupku. - Efektif

Contoh 2
Saya kagum akan kepintaran mereka, akan kelincahan mereka. - Tidak Efektif
Saya kagum akan kepintaran mereka, saya kagum akan kelincahan mereka - Efektif
#4. Unsur Kehamatan
Unsur kehematan adalah penggunaan kata, farasa, atau bentuk kata yang efisien. kehematan cenderung tidak mengguanakan kata, atau frasa yang dianggap tidak penting, namun tidak menghilangkan kata yang di nilai dapat memberikana kejelasan terhadap suatu kalimat. terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan yaitu: Menghilangkan pengulangan subyek, Menghindari super ordinat pada hiponimi kata, Menghindari kesinoniman dalam satu kalimat, dan Menggabungkan kata bentuk jamak. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Contoh 1
Karena dia tidak belajar, dia tidak bisa menjawab soal. - Tiak Efektif
Karena tidak belajar, dia tidak bisa menjawab soal. - Efektif
Contoh 2
Para tamu-tamu tidak bisa hadir hari ini. - Tidak Efektif
Para tamu tidak bisa bisa hadir hari ini. - Efektif
#5. Unsur Kecermatan
Unsur kecermatan adalah unsur yang tidak menimbulkan penafsiran ganda oleh pembaca. Kalimat dengan unsur ini cenderung tepat dalam pemilihan kata, frasa, bentuk kata. pemilihan kata, frasa, dan bentuk kata yang tepat akan memberikan kemudahan pemahaman oleh pembaca. Contohnya adalah sebagai berikut:
Artis yang terkenal itu mendapatkan penghargaan. - Tidak Efektif 
Artis terkenal itu mendapat penghargaan. - Efektif
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif Lengkap dengan Pengertiannnya yang kami rangkum dari beberapa literatur online. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.