Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian, Ciri - ciri, Contoh KALIMAT UTAMA dan KALIMAT PENJELAS

Pengertian Kalimat utama adalah kalimat yang ada mengandung pokok pikiran atau gagasam utama terkait dengan suatu hal yang di bahas (topik) dalam sebauh paragraf. dalam sebuah paragraf yang baik dan benar hanya terdapat satu kalimat utama, tidak lebih. kalimat utama, pada umumnya digunakan sebagai acuan dalam pembahasan suatu topik dan juga digunakan sebagai acuan pengembangan kalimat-kalimat penjelas yang lainnya. 

Pengertian, Ciri - ciri, Contoh KALIMAT UTAMA dan KALIMAT PENJELAS

Ciri-Ciri kalimat utama

#1. Hanya mengandung satu topik utama
Kalimat utama yang baik dan benar hanya mengandung satu topik utama dalam satu paragraf. Jika dalam satu paragraf terdapat lebih dari satu kalimat utama yang menjadi sebuah topik, maka harus di pisahkan menjadi dua paragraf yang berbeda. kalimat utama tersebut haruslah dapat dikembangkan lagi oleh kalimat-kalimat penjelas. 

#2. Sebuah kalimat utuh (berdiri sendiri) 
Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang utuh atau sering disebut dengan kalimat yang berdiri sendiri. Kalimat utama harus dapat memberikan kefahaman walaupun tanpa adanya penjelasan-penjelasan lagi. kalimat utama berdiri dengan tanpa adanya suatu penghubung, baik intra maupun antar kalimat. 

#3. Terletak di awal kalimat (Deduktif) dan di akhir kalimat (Induktif)
Kalimat utama pada umumnya terletak di awal dan di akhir paragraf. jarang sekali ditemukan sebuah kalimat utama atau gagasan utama yang berada di tengah. untuk kalimat yang berada di akhir paragraf biasanya selalu di dahului oleh kata "Jadi", "Oleh karena itu", dan kata atau kalimat lain yang mirip seperti itu. 

#4. Memiliki maksud yang jelas
Makna maksud yang terkadung dalam kalimat utama adalah makna yang jelas dan mudah di pahami seketika. kalimat utama hendaknya dapat mudah di pahami walau tanpa adanya kalimat penjelas lainnya. 


Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberikan pengembangan terhadap kalimat utama. pengembangan tersebut dapat berupa uraian yang lebih luas, pendapat yang mendukung, memberikan perincian secara detail, memberikan perbandingan, dan lain sebagainya. kalimat penjelas dalam satu paragraf tidak hanya terdiri oleh satu kalimat, namun bisa terdiri dari lebih dari satu kalimat penjelas. Kata lain dari kalimat penjelas adalah Anak Kalimat. 

Ciri - ciri Kalimat Penjelas

#1. Mendukung Kalimat Utama
kalimat penjelas hendaknya mampu menjelaskan lebih jelas secara detail dan terperinci maksud dan makna yang ada pada kalimat utama. penjelasan secara detail dan tererincir merupakan perwujudan pengembangan paragraf oleh kalimat penjelas. kalimat penjelas dapat berupa pendiskripsian, pemberian contoh, pemberian perbandingan, pemberian alasan, dan lain sebagainya.

#2. Bukan Kalimat yang Utuh (Tidak dapat berdiri sendiri)
kalimat penjelas adalah kalimat akan dapat mudah di fahami maknanya apabila bersama dengan kalimat-kalimat yang lain terutama kalimat utama. Jika terlepas dari itu kalimat penjelas tidak akan memberikan makna yang jelas dan sulit untuk di pahami. 

#3. Memerlukan Adanya Penghubung
Berbeda dengan kalimat utama, kalimat penjelas memerlukan penghubung antara kalimat satu dengan kalimta yang lainnya. penghubungan kalimat biasanya menggunakan kata-kata penghubung seperti "Bahkan", "Contohnya", "Misalkan", "Terlebih Lagi", dan lain sebagianya. tujuan dari adanya kata penghubung adalah untuk menunjang.

Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Tipepedia.com merupakan blog penyedia artikel tentang metodologi penelitian. Artikel tentang metodologi penelitian tersedia banyak dan lengkap yang memudahkan kalian untuk mempelajari dan memahami metodologi penelitian. penyediaan artikel metodologi penelitian bertujuan untuk membantu kalian dalam menyelesaikan tugas akhir penelitiaanya. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian dan Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Lengkap yang kami kutip dari berbegai literatur online. semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.