Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Teori Korelasi Rank Spearman Lengkap dengan Rumus Perhitungan

Pengertian Teori Korelasi Rank Spearman adalah suatu teori yang digunakan untuk menentukan kolerasi peringkat spearman antara dua faktor, atau dalam hal ini lebih tepat disebut variabel, maka peringkat harus nampak jelas dalam data. Sebagaimana kata peringkat menunjukkan, maka terhadap harga-harga data diberikan peringkat 1untuk data dengan nilai terbesar, sedangkan 2 untuk data dengan nilai terbesar berikutnya, dan begitu seterusnya hingga peringkat N utuk data dengan nilai paling kecil. Dalam bentuk data seperti ini, korelasi peringkat Spearman tetap berlaku.


Pendapat Ahli

Menurut. Djarwanto (2009), metode korelasi jenjang ini dikemukakan oleh Carl Speraman pada tahun 1904. Metode ini diperlukan untuk mengukur keeratan hubungan antara dua variabel di mana dua variabel itu tidak mempunyai joint normal distribution dan conditional variance tidak diketahui sama. Korelasi rank dipergunakan apabila pengukuran kuantitatif secara eksak tidak mungkin/sulit dilakukan. Misalnya: mengukur tingkat moral, tingkat kesenangan, tingkat motivasi. 

Korelasi ini mengatur derajad asosiasi antara dua faktor, unsur atau variabel tentu saja pemberian peringkat dilakukan terhadap kedua buah variabel, tersendiri-sendiri menurut data variabel yang bersangkutan. Jadi peringkat terhadap kedua variabel telah diberikan, maka langkah selanjutnya adalah menghitung selisih atau beda peringkat yang berpasangan.

Untuk menghitung rank correlation coefficient yang dinotasikan dengan rs, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

#1. Nilai pengamatan dua variabel yang akan diukur hubungannya diberi jenjang. Bila ada nilai pengamatan yang sama dihitung jenjang rata-ratanya.
#2. Setiap pasang jenjang dihitung perbedaannya.
#3. Perbedaan setiap pasang jenjang tersebut dikuadratkan dan dihitung jumlahnya.
#4. Nilai rs (koefsien korelasi Spearman)

Rumus Korelasi Rank Spearman


Keterangan :
di : menunjukkan perbedaan setiap pasang rank
n  : menunjukkan jumlah pasangan rank

Dengan n menyatakan banyak pasang data, harga-harga rs bergerak mulai dari paling kecil – 1 sampai dengan paling besar + 1, ≤  rs ≤ + 1. Harga + dicapai jika peringkat pasangan kedua variabel identik, sedangkan ­– 1 dicapai jika peringkat pasangan variabel bertentangan, yakni peringkat terbesar variabel yang satu berpasangan dengan peringkat terkecil variabel lain, peringkat terbesar keua variabel yang satu berpasangan dengan peringkat terkecil berikutnya variabel lain begitupun seterusnya. Jika terjadi pasangan peringkat seperti tersebut yang pertama, dikatakan bahwa kedua variabel berasosiasi positif , sedangkan dalam hal pasangan peringkat bentuk kedua, dikatakan bahwa kedua variabel berasosiasi negatif.

Demikian ulasan artikel kami tentang Teori Korelasi Rank Spearman Lengkap dengan Rumus Perhitungan yang kami kutip dari salah satu laporan praktikum metodologi penelitian di program study agribisnis fakultas pertanian universitas jember. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih. 


Daftar Pustaka

Djarwanto, PS. 2009. Statistic Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE.