Skip to main content
Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian dan Tujuan PENELITIAN Menurut Para Ahli, Secara Umum, dan Ciri - cirinya

Penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu. pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode - metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, eksperimental atau non eksperimental, interaktif atau non interaktif. metode-metode ilmiah tersebut telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai ujicoba, sehingga telah memiliki prosedur yang baku.

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli Lengkap dengan Ciri, Syarat, dan Tujuannya

Penelitian harus dilakukan mengacu pada akar filosofinya. Hakikat filosofi adalah kebenaran yang diperoleh melalui berpikir logis, sistematis, dan metodis. metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu. setiap penelitian mempunyai tujuan tertentu. secara umum terdapat tiga sifat tujuan penelitian yaitu penemuan, pembuktian, dan pengembangan. 


Penemuan berarti hasil penelitian mampu menemukan sesuatu yang relatif baru tentang suatu pengetahuan tertentu. Pembuktian berarti hasil penelitian mampu membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu. Pengembangan berarti hasil penelitian memperdalam dan memperluas pengetahuan yang ada.

Pengertian Penelitian adalah suatu kegiatan atau aktivitas ilmiah yang di landaskan pada suatu metode yang dilakukan secara sistematis dan konsisten dengan sebuah tujuan yaitu untuk mengungkap kebenaran akan suatu ilmu pengetahuan yang di hadapi oleh manusia atau peneliti. Penelitian dapat dilakukan di segala bidang ilmu pengetahuan yang meliputi ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, ilmu agama, dan ilmu-ilmu lainnya. 

Pengertian Penelitian Menurut Pendapat Para Ahli


#1. Pengertian Menurut Sanapiah Faisal
Sanapisah memberikan pendapat terkait dengan penelitian yang menyatakan bahwa Penelitian Adalah suatu Kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji dan menelaah suatu permasalahan atau problem menggunakan suatu metode ilmiah yang disusun sistematis. Harapannya adalah untuk menghasilkan suatu pengetahuan yang baru terkiat dengan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial dan yang dapat diandalkan kebenarannya.

#2. Pengertian Menurut Woody
Woody berpendapat bahwa Penelitian adalah suatu cara atau suatu metode yang diguanakan untuk menghasilkan sebuah pemikiran yang kritis. Penelitian ini meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, membuat formulasi hipotesis atau mengadakan uji coba yang sangat hati-hati atas segala kesimpulan yang diambil dalam menentukan apakah kesimpulan tersebut sesuai dengan hipotesis.

#3. Pengertian Menurut Mohammad Ali
Menurut Mohammad Ali, Penelitian adalah metode atau cara yang digunakan untuk mengkaji dan memahami sesuatu permasalahan, melalui beberapa proses penyelidikan atau usaha dengan mencari fakta-fakta yang memiliki hubungan dengan permasalahan tersebu, dan penelitian tersebut dilakukan secara hati-hati sehingga diperoleh pemecahan yang dapat di pertanggung jawabkan.

Syarat dalam Kegiatan Penelitian

sebelum melakukan penelitian, hendaknya anda sebagai peneliti harus mengetahui persyaratan yang ada dalam kegiatan penelitian. syarat dalam kegiatan penelitian tersebut adalah sebagai berikut :

#1. Penelitian Harus Sistematis

Penelitian dilakukan dengan urut-urutan atau tahap-tahapan tertentu, mulai dari hal paling paling hal yang berifat umum hingg hal yang bersifat khusus atau hal yang bersifat sederhana hingga hal-hal yang bersifat kompleks dengan melalui tahapan atau metode yang tepat hing mecapai suatu tujuan yang efisien dan efektif.

#2. Penelitian Harus Terencana

Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam suatu kegiatan adalah perencanaan. Begitu juga dalam kegiatan ilmiah seperti penelitian. Perencanaan dalam penelitian wajib adanya karena sebelum terjun langsung ke lapang penelitia harus mempersiapkan konsep, metode yang digunakan, data yang diperlukan, dll.

#3. Penelitian harus Berdasarkan Konsep Ilmiah

Maksud dari poin atau syarat ketiga ini adalah penelitian harus sesuai dari apa yang telah direncanakan dan mengikuti tahapan yang telah di konsep di awal kegiatan penelitian. tidak hanya hanya tahapan namun juga metode penelitian yang digunakan, apakah termasuk dalam penelitian kualitatif atau penelitian kuantitatif.  Jika anda menggunakan penelitian kualitatif maka gunakan panduan penelitian kualitatif, dan jika anda menggunakan penelitian kuantitatif maka gunakan panduan penelitian kuantiatif.

Tujuan Penelitan  

Tentunya dalam suatu kegiatan terdapat sebuah tujuan yang ingin di capai oleh subyek pelaksana sebuah kegiatan. Begitu juga dengan kegiatan penelitian. pada kegiatan penelitian terdapat 3 tujuan utama penelitian, Yaitu:


#1. Development (Pengembangan)
Penelitian development ini bertujuan untuk memperluas, memperdalam, menggali, dan mengembangkan suatu permasalahan atau teori tentang suatu keilmuan menjadi spesifik dan mendalam yang dapat digunakan untuk sarana pemecahan permasalahan ang ada di dalam masyarakat.

#1. Verifikatif (Pemeriksaan Kembali atau Pengujian)

Penelitian dengan jenis ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan kembali terhadap suatu teori atau terhadap suatu hasil penelitian pada masa lampau. Dengan penelitian verifikasi ini akan diperoleh suatu haril yang akan dapat memperkuat atau bahkan menggugurkan suatu teori atau hasil penelitian yang dihasilkan oleh peneliti lain di masa lampau.

#3. Eksploratif (Pencarian atau Penjajagan)

Penenlitian ini bertujuan untuk mencari atau menjajagi suatu pengetahuan yang bisa dianggap baru dikarenakan sebelumnya belum pernah ada pengetahuan tersebut. Biasanya penelitian dengan tujuan eksploratif ini menghasilkan teori-teori baru yang dapat digunakan dan diaplikasikan kedalam ilmu pengetahuan di masa yang akan datang.



Ciri-Ciri dari Penelitian

Sama halnya dengan kegiatan yang lainnya, kegiatan penelitian pun juga mempunyai ciri ciri tersendiri yang membedakan dengan kegiatan yang lainnya . berikut adalah uraian beberapa ciri-ciri dari kegiatan penelitian:


#1. Penelitian Harus Memberikan Kontribusi
Tentu saja kegiatan penelitian harus memberikan kontribiusi. jika tidak apa gunanya suatu penelitian. penelitian harus memiliki unsur kontribusi atau nilai tambah. Sehingga harus ada hal baru yang ditambahkan dalam sebuah penelitian ilmu pengetahuan  yang ada.

#2. Penelitian Bersifat Ilmiah

Penelitian bersifat ilmiah artinya penelitian tersebut dalam menggali suatu ilmu pengetahuan selalu tidak lepas dari prosedur penelitian itu sendiri (sistematis), menyertakan bukti-bukti yang empiris dan dapat menyakinkan yang dihasilkan oleh peneliti secara obyektif. Selain itu penelitian juga bersifat rasional dan juga di dukung oleh data-data yang valid

#3. Penelitian Bersifat Analistis

kegiatan penelitian yang dilakukan meliputi pengamatan, peninjauan, analisis, dll yang harus diuraikan dengan menggunakan metode ilmiah dan ada hubungan sebab  akibat antar variabel-variabelnya.

#4. Penelitian adalah Proses yang Berkelanjutan

Suatu kegiatan penelitian tidak habis dan berhenti setelah peneliti telah selesali membuat laporan penelitian. namun peneliti juga harus bertanggung jawab atas sebab-akibat dari penelitian yang dihasilkan oleh peneliti tersebut. dan juga , di lain kesempatan penelitian tersebut juga bisa di kembangkan dan di verivikasi oleh peneliti lain di masa depan.

Demikian Ulasan artikel terkait dengan Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli Lengkap dengan Ciri, Syarat, dan Tujuannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih .

Sumber: Agung W.K., dan Zarah P.2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta; Pandiva Buku

    Popular posts from this blog

    10 Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, Politik, Ekonomi Beserta Strukturnya

    Pengertian teks eksposisi adalah sebuah karangan dengan satu pokok pikiran atau paragaf yang dikembangankan dengan tujuan untuk spesifikasi penjelasan atau pemberian pemahaman tentang suatu hal dengan menggunakan gaya bahasa yang singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi ini umumnya sering digunakan dalam karya tulis berupa koran berita, petunjuk penggunaan, dan karya tulis lainn yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. 



    Ciri - Ciri Teks EksposisiTerdapat beberapa cirikhas pentinga yang membedakan teks eksposisi ini dengan teks yang lain seperti teks prosedur, teks eksplanasi, teks editorial, dan lain sebagainya. Ciri - ciri dari teks tersebut adalah sebagai berikut : a. Memberikan dan menjelaskan informasi dalam bentuk pengetahuan. b. Menggunakan bahasa yang lugas, jelas, dan mengguanakan kalimat - kalimat baku. c. Memiliki struktur teks yang jelas. d. Fakta yang ada di dalamnya berfungsi sebagai dasar suatu ide (Tidak selalu).  e. Tidak memaksakan kehendak penulis kepada…

    111 Contoh SLOGAN PENDIDIKAN Dan Gambarnya Unik dan Menarik [TERBARU]

    Pengetian slogan adalah serangkaian kata atau frasa yang unik dan menarik yang berbentuk retorika sederhana dan juga memberikan ruang untuk menyampaikan informasi yang lebih rinci. Umunya slogan digunakn untuk menyampaikan sebuah ide, ekspresi, atau suatu tujuan agar dapat dengan mudah untuk di ingat. konteks yang digunakan pun sifatnya bebas, dapat berupa gagasan politik, komersial, agama, dan lainnya.



    Slogan tentang pendidikan merupakan slogan yang pada umumnya digunakan untuk mengungkapkan pesan, motivasi, informasi, tujuan dan lain sebagainya yang konteksnya berkaitan dengan pendidikan. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan contoh slogan beserta gambarnya yang unik dan menarik, sehingga sobat dapat dengan mudah untuk mengingatnya. 

    Silahkan baca juga:
    Tata Cara Mandi Wajib, Bacaan Doa Niat Mandi Wajib
    Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) Terbaru 2017
    Bacaan Doa Sesudah WUDHU yang Benar (Arab, Latin, dan Artinya)

    Belajarlah agar tidak menjadi orang bodoh.Guru adalah kunci menuju masa dep…

    7 Contoh TEKS EKSPLANASI Tentang Bencana Alam ( Banjir, Gempa Bumi, Tsunami) TERBARU

    Sebelum kita memahami contoh teks eksplanasi, hendaknya kita memahami dulu Apa pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri ? Pengertian Teks eksplanasi adalah jenis naskah atau tulisan yang berupa teks yang dapat digunakan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya suatu fenomena alam atau fenomena sosial (Object). Dengan menggunakan teks eksplanasi kita dapat menjelaskan terjadinya suatu fenomena baik itu fenomena alam ataupun fenomena sosial dengan sejelas-jelasnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur dan Cirinya


    Dalam membuat teks eksplanasi terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penulis. Pertama adalah kejujuran, Mengapa demikian? Karena teks eksplanasi dibuat berdasarkan fenomena alam atau sosial yang ada dan nyata, bukan di ada-ada.  Yang kedua, teks eksplanasi yang dibuat oleh penulis haruslah mudah untuk dipahami.  Untuk membuat teks eksplanasi yang mudah dipahami oleh pembaca penulis harus dapat menggunakan diksi ata…