Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Logika Fuzzy Lengkap dengan Rumusnya

Pengertian Logika Fuzzy Adalah metode yang digunakan dalam analisis penentuan jumlah produksi. Penentuan jumlah produksi dengan menggunakan logika fuzzy dianggap mampu untuk memetakan suatu input kedalam suatu output tanpa mengabaikan faktor–faktor yang ada. Logika fuzzy diyakini dapat sangat fleksibel dan memiliki toleransi terhadap data-data yang ada. Dengan berdasarkan logika fuzzy, akan dihasilkan suatu model dari suatu sistem yang mampu memperkirakan jumlah produksi. (baca teori produksi)

Pengertian Logika Fuzzy Lengkap dengan Rumusnya

Faktor–faktor yang mempengaruhi dalam menentukan jumlah produksi dengan logika fuzzy antara lain jumlah permintaan dan jumlah persediaan (Djunaidi dkk, 2005). Metode Logika Fuzzy memiliki tahapan kerja sebagai berikut yaitu :


#1. Identifikasi Data
Identifikasi data dilakukan dengan penentuan variabel yang diperlukan dalam melakukan perhitungan dan analisis masalah. Perusahaan dalam melakukan proses produksi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :
  a. Jumlah Permintaan
  b. Jumlah Persediaan
  c. Jumlah Produksi

#2. Pembentukan himpunan fuzzy
Pada metode mamdani baik variabel input maupun variabel output dibagi menjadi satu atau lebih himpunan fuzzy.

#3. Aplikasi fungsi implikas
Pada metode mamdani, fungsi implikasi yang digunakan untuk tiap – tiap aturan adalah fungsi min.

#4. Penegasan (defuzzy)
Proses penegasan (defuzzyfikasi) menggunakan bantuan software matlab dengan menggunakan fasilitas yang disediakan pada toolbox fuzzy. Selain itu,  Defuzzyfikasi pada komposisi aturan mamdani dengan menggunakan metode centroid. Dimana pada metode ini, solusi crisp diperoleh dengan cara mengambil titik pusat daerah fuzzy. Secara umum dirumuskan :         
                       
Ada dua keuntungan menggunakan metode centroid, yaitu (Shiam, 2007):
1. Nilai defuzzyfikasi akan bergerak secara halus sehingga perubahan dari suatu himpunan  fuzzy juga akan berjalan dengan halus.
2.  Lebih mudah dalam perhitungan.

Demikian ulasan artikel kami tentang Pengertian Logika Fuzzy Lengkap dengan Rumusnya. Semoga bermafaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Daftar Pustaka 
junaidi, dkk. 2005. Penentuan Jumlah Produksi dengan Aplikasi Metode Fuzzy-Mamdani. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol.4 No.2 Desember 2005. 
Shiam. 2007. Pengaruh Biaya Produksi Langsung Terhadap Hasil Produksi Pengrajin Tenun di Sentra Industri Tenun ATBM Medono Kecamatan Pekalongan Baratb Kota Pekalongan. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.