Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

#3 Contoh PARAGRAF ARGUMENTASI, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya [TERBARU]

Contoh Paragraf Argumentasi, Pengertian, Ciri, dan Jenis Paragraf Argumentasi - Dalam kegiatan penyampaian gagasan atau ide pokok dalam penulisan tentunya kita harus menggunakan suatu paragraf. paragraf yang ditulis dengan cara yang baik akan menghasilkan suatu paragraf yang mudah di pahami oleh pembaca. pada pertemuan sebelumnya kita telah membhas tentang bagaimana cara membuat paragraf yang baik dan benar. mungkin cara tersebut membantu anda dalam pembuatan paragraf sebagai landasan untuk mentransfer pengetahuan kita kepada pembaca melalui paragraf yang baik. 

Contoh Paragraf Argumentasi, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Terdapat beberapa jenis paragraf seperti paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, paragraf dekripsi, paragraf persuasi, dan paragraf naratif. penggunaan dari masing masing paragraf tersebut di sesuaikan dengan selera penulis dan tujuan dari penulis itu sendiri. paragraf yang mana yang ingin si penulis buat ? . Namun sebelum itu penulis harus mengetahui tentang apa yang di maksud dengan paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, paragraf dekripsi, paragraf persuasi, dan paragraf naratif ?. tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas tentang Contoh Paragraf Argumentasi, Pengertian, Ciri, dan Jenis Paragraf Argumentasi. Untuk selengkapnya mari kita lanjutkan.

PENGERTIAN PARAGRAF ARGUMENTASI

Paragaraf merupakan suatu hal yang penting adanya dalam penyususan suatu karangan yang hanya terdapat satu kalimat utama atau satu gagasan utama dan beberapa kalimat atau beberapa gagasan penjelas lainnya. Suatu Paragraf juga dapat  diartikan sebagai suatu kesatuan dari beberapa kalimat atau gagasan. 
Argumentasi berasal dari kata "argumen" yang berarti  suatu gagasan atau pendapat yang bisa didunakan untuk mendukung atau menolak suatu pendapat lain, pendirian, atau gagasan orang lain. 
berdasarkan kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa Paragraf Argumentasi adalah Suatu kesatuan dari beberapa kalimat yang berisi gagasan atau pendapat ang bisa didunakan untuk mendukung atau menolak suatu pendapat lain, pendirian, atau gagasan orang lain. 


CIRI - CIRI PARAGRAF ARGUMENTASI

#1. Isi berupa Gagasan Padat

gagasan yang ada dalam paragraf argumentasi biasanya berupa sudut pandang, keyakinan seorang penulis terhadap suatu fenomena atau suatu permasalahan yang dituangkan dalam beberapa susunan kalimat.

#2. Menggunakan Data dan Bukti

untuk mendukung keyakinan dan sudut pandangan, kebanyakan dari para penulis selalu menyertai paragraf yang dia tulis dengan data-data dan bukti-bukti yang faktual untuk mendukung pendapat atau keyakinan dari sang panulis tersebut.

#3. Menganalisa dan Menganalogikan

Selain data dan bukti yang di sertakana dalam paragraf, beberapa peneliti sering memberikan analisa permasalahan terkait dengan faktor-faktor yang berpengaruh, komponen yang mengakibatkan permasalahan, dan lain sebagainya untuk membangun suatu solusi misalnya. Beberapa peneliti juga sering memberikan analogi dengan tujuan untuk mempermudah pemahaman si pembaca.

#4. Diakhiri dengan Kesimpulan

Paragraf argumentasi menggunakan bentuk paragraf yang induktif (Baca Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran). Kebanyakan para penulis dalam membuat suatu paragraf argumentasi setelah mereka memberika gagasan, memberikan data dan bukti, menganalisa dan menganalogikan, merek selalu menyimpulakan gagasan atau pokok pikiran yang dia bangun.

JENIS PARAGRAF ARGUMEN TASI

#1. Pola Sebab - Akibat

pola penulisan paragraf jenis sebab - akibat ini, penulis selalu memulai dengan pemaparan terkait dengan kalimat kalimat yang menunjukkan hal-hal yang menjadi penyebab dan kemudian di lanjutkan dengan pemaparan dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan akbit-akibat yang di timbulkan oleh penyebab tersebut.

#2. Pola Akibat - Sebab

pola penulisan paragraf jenis akibat - sebab ini, penulis selalu memulai dengan pemaparan akibat dan kemudian di lanjutkan dengan pemaparan dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan apa yang menjadi penyebab munculnya akibat tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi

#1. Contoh Paragraf Argumentasi Sebab - Akibat

Menurut pendapat saya, Perkembangan teknologi saat ini tidak bisa dipungkiri. Tidak hanya dampak baik yang di bawa oleh berkembangnya teknologi, tetapi juga dampak buruk khususnya pada kaum muda. Kaum muda yang kecanduan dengan teknologi seperti gedget, komputer, dll enggan keluar rumah dan berinteraksi langsung dengan tetangga atau teman-teman yang ada disekitarnya. kita dapat meninjau secara langsung dampak fenomena tersebut di masyarakat sekitar kita khususnya kalangan kaum muda. Secara tidak langsung berkembangnya teknologi mengikis minat bermasyarakat dan bersosial secara langsung. 
Penyebab: Perkembangan teknologi saat ini, Akibatnya : mengikisnya minat bermasyarakat dan bersosial secara langsung.

#2. Contoh Paragraf Argumentasi Akibat -  Sebab

Bencana kabut asap yang ada di riau banyak meresahkan masyarakat. bencana tersebut tekah memakan korban sebanyak 97.139 dengan rincian penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) 81.514 orang, pneumonia 1.305 orang, asma 3.744 orang, iritasi mata 4.677 orang, iritasi kulit 5.899 orang. Tidak hanya masyarakat riau yang diresahkan, tetapi juga negara tetangga seperti malaysia, dan singapura ikut merasakan akibat dari bencana tersbut. Penyebab dari bencana tersebut adalah Suhu yang terlalu panas dan adanya pembakaran lahan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 
Akibat: Bencana kabut asap yang ada di riau, Penyebab : Suhu yang terlalu panas dan adanya pembakaran lahan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

#3. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Kesehatan merupakan hal utama yang perlu di perioritaskan dalam memilih jenis makanan untuk di konsumsi. Dalam memilih makanan untuk di konsumsi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: kesegaran makanan (fresh atau tidak), bahan kimia yang berbahaya yang terkandung di dalamnya, jumlah nilai gizi yang di butuhkan oleh tubuh (seperti kalori, vitamin, dan lainya), dan juga ketepatan dalam memilih jenis makanan yang sesuai dengan tubuh sehingga tidak menyebabkan alergi atau penyakit lain. Kesalahan dalam memilih jenis makanan untuk di konsumsi akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh yang berujung dengan tumbuhnya penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu, hendaknya pilihlah jenis makanan yang sehat, bergizi, dan sesuai dengan kondisi tubuh.

Demikian ulasan artikel terkait dengan Contoh Paragraf Argumentasi, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya. Semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas makalah anda dan mohon kritik dan sarannya untuk pengembangan blog kami.

Silahkan Pelajari Juga: