Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

PARAGRAF NARASI (Pengertian, Ciri - Ciri, Contoh, Jenis) Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Paragraf Narasi adalah salah satu jenis paragraf yang menggambarkan sebuah peristiwa atau fenomena yang di dasarkan pada timeline (Urutan Waktu) dengan Sejelas-jelasnya kepada para pembaca. Dalam bahasa indonesia, Paragraf ini biasa digunakan oleh penulis untuk menjelaskan tentang suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau atau digunakan untuk menceritakan suatu hal. Kita bisa menjumpai jenis paragraf ini dalam berbagai bentuk, Misalnya narasi dalam bentuk cerita yang benar-benar terjadi (alias nyata) atau dalam bentuk kerangka fikir seperti Novel dan cerpen.

Contoh Paragaf Narasi lengkap dengan Pengertian, Jenis dan Ciri - Cirinya

Paragraf Narasi adalah paragraf yang menjelaskan peristiwa atau fenomena dalam bentuk cerita - Dosen Bahasa indonesiaku.
Unsur pembentuk paragraf narasi ada dua, yaitu paragraf narasi kejadian dan paragraf narasi runtut cerita. Pertama, paragraf narasi kejadian adalah paragraf yang memberikan gambaran atau penjelasan tentang suatu peristiwa kejadian. Kedua, sedangkan paragraf narasi runtut cerita adalag paragraf yang memiliki pola pengembangannya yang di susun secara sistematis, atau pengertian lain dari paragraf urutan cerita ini adalah paragraf yang menjelaskan tentang perbuatan yang meciptakan suatu. 

Pelajari juga hal lain tentang paragraf
Cara Membuat Paragraf yang Baik dan Benar (Kohesi dan Koherensi Paragraf)
Contoh Paragraf Argumentasi, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya
Contoh dan Pengertian Paragraf Eksposisi Lengkap dengan Ciri dan Jenisnya

Ciri - Ciri Paragraf Narasi


#1. Sering di Awali dengan Kata "Pada Zaman dahulu", "Di suatu waktu" dan Sejenisnya
kata-kata seperti "Pada Zaman Dahulu" dan sejenisnya sering digunkan oleh para penulis dalam penulisan paragraf narasi. kata-kata tersebut merupakan keterangan waktu. keterangan waktu dengan kalimat "pada zaman dahulu" dan sejenisnya menunjukan waktu lampu yang digunakan untuk mengawali suatu cerita dalam bentuk paragraf narasi. 

#2. Berupa Peristiwa atau Pengalaman Penulis
Peristiwa atau pengalama sang penulis dapat di tulis kedalam sebuah cerita. Cerita yang menjelaskan peristiwa atau pengalaman dapat menggunakan paragraf narasi. Dengan parargraf narasi, penulis dapat membuat suatu cerita tentang peristiwa atau pengalaman secara sistematis. Cerita yang tersusun secara sistematis akan dapat mudah untuk dipahami oleh penulis.

#3. Memiliki Unsur-Unsur Utama
Unsur-unsur utama paragraf narasi adalah  tokoh, latar, konflik dan sudut pandang pengarang. dengan adanya unsur utama dalam paragraf atau penulisan narasi akan memberika fokus pembahasan yang jelas terhadap sebuah cerita yang dituangkan dalam paragraf-paragraf narasi. 

#4. Dirangkai Secara Sistematis dan Kronologis
narasi bisa kita ibaratkan seperti suatu proses. dalam proses haruslah di mulai dan di akhiri secara berurutan dan sistematis. Begitu juga dengan narasi. dengan perangkaian suatu cerita dalam paragraf yang sistematis dan kronologis juga akan memberikan fokus yang lebih detail akan suatu cerita. tidak hanya itu, dengan sistematis dan kronologis dalam pembuatan paragraf narasi akan meningkatkan rasa ingin tahuan pembaca untuk mengetahui urutan cerita hingga akhir.

#5. Terdapat Latar, Tempat, dan Suasana
Latar, tempat, dan suasana adalah komponen yang wajib adanya dalam penulisan paragraf narasi. komponen tersebut di gunakan untuk mendukung substansi utama yang di bahas dalam paraf narasi. dengan adanya ketiga komponen tersebut yang meliputi latar, tempat, dan suana akan memperindah suatu tulisan narasi.

#6. Memiliki Alur atau Plot
Alur atau Plota adalah rangkaian sebuah cerita yang tersusun atas tahapan peristiwa sehingga membentuk sebuat cerita yang dihadirkan oleh pelaku dalam suatu cerita. Alur atau plot merupakan komponen yang wajid adanya selain unsur-unsur utama. Karena dalam penulisan paragraf narasi memang harus sistematis dan kronologi dan memiliki alur yang jelas, seperti alur maju, alur mundur  dan sebagainya.

Jenis Paragraf Narasi

#1. Paragraf Narasi Ekspositoris
Pengertian Paragraf narasi ekspositoris adalah salah satu jenis paragraf narasi yang menjelaskan suatu rangkaian tindakan secara informatif dengan suatu penjelasan dengan jelas sehingga pembaca dapat memahami apa yang terkandung dalam penjelasan atau cerita tersebut. Pada umumnya paragraf bentuk ini di sajikan dalam bentuk suatu kisah tentang sesuatu, tokoh, dll. Tujuan dari paragraf ini hanya untuk memperluas pengetahuan pembaca melalui suatu kisah atau cerita. 

#2. Paragraf Narasi Sugestif
Pengertian Paragraf narasi sugestif adalah salah satu jenis paragraf narasi yang hanya memberikan cerita, kisah yang dihasilkan melalui rekaan, khayalan, atau imajinasi, dari penulis. dalam pembuatan narasi ini selalu melibatkan kemampuan berkhayal atau imajinasi sang pembaca dengan tujuan pencapaian kesan terhadap suatu fenomena. diharapkan para pembaca bisa seolah-olah dapat ikut merasakan seperti yang dirasakan oleh penulis.

Contoh Paragraf Narasi

#1. Contoh Paragraf Narasi Jenis Ekspositoris

Tahun 2015 adalah tahun dimana blog tipepedia di lahirkan. digagas dari ide seorang mahasiswa agribisnis pertanian unej yang ingin berbagi ilmu kepada para pembaca luas. lika-liku dalam pembangunan blog sangat pahit dirasakan oleh admin. kegagalan, kerusakan, dan kehilangan akibat kesalaha sang admin. Belajar dari pengalaman tersebut, sang admin terus mencoba dan mencoba kembali membangun blog tipepedia.com ini. dan hingga akhirnya kini bisa digunakan dan diakses oleh pembaca dari seluruh kalangan ayang ada di indonesia maupun international.
Contoh paragraf narasi diatas dapat kita golongkan kedalam jenis paragraf ekspositoris. paragraf diatas menjelaskan suatu rangkaian tindakan secara informatif dengan suatu penjelasan dengan jelas sehingga pembaca dapat memahami apa yang terkandung dalam penjelasan atau cerita tersebut. yang di jelaskan dengan menggunakan tidakan secara informatif dan berurutan adalah pembangunan blog oleh sang admin.

#2. Contoh Paragraf Narasi Jenis Sugestif

Pagi yang senja. sang admin memulai aktivitasnya dengan menulis sebuah artikel terkait dengan contoh paragraf narasi. Dengan penuh semangat di pagi hari, admin mulai menyentukan jari jemarinya di atas papan ketik. pengetahuan dan pengalaman memberikan inspirasi dalam penulisa antikelnya. Inpirasi yang di dapatkan kemudian di transformasikan kedalam sebuah tulisan karya ilmiah yang berupa artikel dalam blog tipepedia. Hanya satu tujuan admin dalam menulis, yaitu mentransferkan pengetahuannya kepada para penulis.
Contoh paragraf ini adalah jenis paragraf narasi yang sugestif. Paragraf diatas memberikan cerita, kisah yang dihasilkan melalui rekaan, khayalan, atau imajinasi, dari penulis.

Demikian Ulasan artikel terkait dengan Contoh Paragaf Narasi lengkap dengan Pengertian, Jenis dan Ciri - Cirinya. Semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas makalah paragraf narasi bahasa indonesia dan kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi blog kami.

Silahkan Pelajari Juga:
#3 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Dan Campuran yang Baik dan Benar
Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran
Contoh Paragraf Persuasi Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya
Contoh dan Pengertian PARAGRAF EKSPOSISI Lengkap
#3 Contoh PARAGRAF ARGUMENTASI, Pengertian, Ciri, dan Jenisnya
PARAGRAF DESKRIPSI (Pengertian, Ciri - Ciri, dan Contohnya)
PARAGRAF NARASI (Pengertian, Ciri - Ciri, Contoh, Jenis) Dalam Bahasa Indonesia