Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Contoh dan Pengertian MAKALAH Serta Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Pengertian Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang isinya memuat tentang ide atau gagasab sesuatu permasalahan tertentu yang di tulis oleh penulis secara sistematis dan disertai dengan analisis yang logis dan biayasanya bersifat obyektif. Makalah juga dapat diartikan sebagai suatu karya tulis ilmiah yang menjelaskan tentang suatu pokok permasalahan tertentu yang mencakup ruang lingkup tertentu. 

Contoh Makalah dan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Makalah sering digunakan dalam kegiatan yang bersifat akademis. para akademisi sering menggunakan makalah sebagai penyelesaian tugas dari para dosen. Tugas yang ditulis oleh para akademisi harus lah disusun secara sistematis. Salaha satu sistematika penulisan yang disusun secara sistematis adalah makalah. Tujuan dari pembuatan makalah salah satunya adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan menulis khususnya para akademisis seperti mahasiswa. 

Terkadang kita sebagai para akademisi mengalami kesulitan dalam kegiatan penulisan suatu makalah. Kesulitan yang dialami biasanya terkait dengan format, topik, dan lain sebagainya. oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang sistematika penulisan makalah yang baik dan benar yang disertai dengan contoh-contohnya. Komponen-komponen penting yang pada umumnya harus ada pada makalah adalah sebagai berikut.

#1. Halaman Sampun (Cover)
#2. Kata Pengantar
#3. Daftar Isi
#4. Bab 1. Pendahuluan
#5. Bab 2. Pembahasan
#6. Bab 3. Kesimpulan
#7. Daftar Pustakan

Nah, Itulah Komponen-komponen penting yang pada umumnya harus ada pada sistematika penulisan makalah. Namun, Sistematika tersebut bisa bertambah dan berkurang tergantung dengan kebutuhan dalam penulisan makalah. Sistematika tersebut bisa ditambahi komponen lagi seperti Daftar Tabel, Lampiran, dan sebagainya.

1#. Halaman Sampul

Halaman sampl atau yang biasa kita sebut dengan cover ini adalah bagian dari komponen dari makalah yang wajib adanya. Halaman sampul atau cover memuat beberapa komponen penting. komponen penting tersebut terdiri dari Logo, Judul Makalah, Jenis Karya Tulis (Makalah),Nama Pembina atau Dosen, Nama Penulis, dan yang paling bawah adalah nama instansi (Fakultas, Universitas, Lembaga, dll). Komponen-komponen tersebut juga bisa bertambah dan juga bisa berkurang tergantung juga dengan kebutuhan. 

#2. Kata Pengantar

Kata Pengantar adalah salah satu komponen yang ada dalam makalah. Pada umumnya Kata Pengantar dalam makalah atau pada karya tulis ilmiyah lainnya mengungkapkan rasa bersyukur kepada tuhan, rasa terima kasih kepada beberapa personal yang telah terlibat dalam pembuatan makalah, harapan kedepan tentang makalah tersebut, dan permohonan maaf oleh penulis kepada pembaca jika terdapat kekeliruan dalam makalah. 

#3. Daftar Isi 

Dartar isi adalah bagian dari karya tulis ilmiah seperti makalah, berupa suatu halaman yang memberikan petunjuk isi pokok tulisan yang ada dalam suatu karya tulis ilmiah seperti makalah. Jika kita menganalogikan daftar isi, Daftar isi tersebut ibarat sebuah peta yang menunukkan letak, lokasi, arah, dan sebagainya. Pada umumnya daftar isi memuat Bab, Sub Bab, Nomor Halaman yang di susun secara sistematis. 

#4. BAB 1. Pendahuluan

Bab 1 tentang pendahuluan pada umumnya berisikan tentang latar belakang permasalahan, Perumusan masalah, dan Tujuan Penulisan. Latar belakang masalah memuat alasan penulis mengangkat topik yang dipilih untuk ditulis yang biasanya penulis memberikan gambaran permasalahan, fakta permasalahan, dan hal yang ingin di tulis oleh penulis. Rumusan masalah merupakan daftar permasalahan yang ingin di di bahas oleh penulis (Baca juga Cara Membuat Rumusan Masalah yang Baik dan Benar Pada Karya Ilmiah). Tujuan penulisan merupakan daftar susunan tujuan-tujuan penulis dalam penulisan makalah tersebut. 

#5. BAB 2. Pembahasan

Pada bab 2 ini penulis memberikan penjelasan atau penjelasan untuk menjawab perumusan masalah pada bab 1. pembahasan dan penjelasan dalam menjawab permasalahan haruslah di di urutkan sesuai dengan urutan rumusan masalah. Dalam pembahasan penulis bebas bereksplorasi dalam menjelaskan tentang sesuatu melalui sebuah paragraf - paragraf. paragraf yang disusun oleh penulis dapat berupa paragraf argumentasi, Paragraf eksposisi, atau paragraf yang lain. pembahasan yang baik pada umumnya disertai dengan teori da bukti-bukti yang empiris. pembahasan dan penjelasan hendaknya di susun secara logis, rasional, dan jelas agar para pembaca mudah untuk memahami kandungan dari isi makalah tersebut. 

#6. BAB 3. Kesimpulan

Pada bab 3 ini penulis memberikan kesimpulan atas pembahasan dan penjelasan terkait dengan rumusan masalah pada bab 1. Dalam pembuatan sebuah kesimpulan, penulis juga harus menggunakan kalimat yang logis, rasional dan jelas. selain itu, kesimpulan juga harus di buat secara singkat yang didasarkan pada inti dari pembahasan makalah pada bab 2. 

#7. Daftar Pustaka

 Daftar pustaka digunakan untuk daftar sumber rujukan  yang benar-benar dirujuk oleh penulis karya ilmiah. Dafta Pustaka atau Daftar Sumber Rujukan harus disusun secara benar dan akurat. kebenaran dan akurasi serta kelenkapan komponen penulisan daftar sumber rujukan mencerminkan kecermatan dan apresiasi penulis terhadap sumber informasi yang di rujuknya. Oleh karena itu hendaknya anda membaca artikel kami sebelumnya tentang Penulisan dan Contoh Daftar Pustaka yang Baik dan Benar dari Buku, Skripsi, Jurnal, Internet, Dll

Contoh Makalah yang baik sesuai dengan pembahasan diatas adalah sebagai Berikut :


Demikian Ulasan artikel kami terkait tentang Contoh Makalah dan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung