Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, Rapatan dan Campuran [LENGKAP]

Pengertian Kalimat majemuk adalah gubungan dua kata atau lebih hingga membentuk suatu kalimat yang di dalamnya terdapat dua pola kalimat atau lebih. meninjau dari strukturnya, kalimat mejemuk memiliki dua bagian kalimat, yaitu induk kalimat dan anak kalimat. Jika kita ingin membedakan antara induk kalimat dan anak kalimat, dapat ditinjau dari ada dan tidaknya konjungsi atau kata sambung. Induk kalimat tidak menggunakan konjungsi atau kata sambung dalam penulisannya, berbeda dengan anak kalimat yang menggunakan kata sambung atau konjungsi. Klimat majemuk sendiri terbagi menjadi emapat, yaitu kalimat majemuk Setara, Bertingkat, Rapatan, dan kalimat majemuk campuran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait dengan Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, dan Campuran Dilengkapi Pengertiannya.

Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, dan Campuran Dilengkapi Pengertian

Kalimat Mejemuk Setara

Pengertian Kalimat majemuk setara adalah gabungan kalimat - kalimat tungal yang tersusun dari kalimat yang setara, sedrajat, atau sama rata kedudukannya. Pada umumnya kalimat mejmuk jenis ini selalu menggunakan konjungsi atau kata sambung dalam penulisannya. Kalimat majemuk setara ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kalimat majemuk setara sejalan, setara berlawanan, dan setara yang menyatakan sebab akibat

#1. Kalimat Majemuk Setara Sejalan

kalimat jenis ini merupakan kalimat majemuk setara yang susunannya terdiri dari dua atau lebih kalimat tunggal yang memiliki arah dan situasi yang bersamaan. Contohnya adalah sebagai berikut :
Malik makan tempe, durun makan tahu, sedangkan akrom makan roti.

#2. Kalimat Majemuk Setara Berlawanan

Kalimat jenis ini merupakan jenis kalimat mejemuk setara yang tersusun dari dua atau lebih kalimat tunggal yang tujuan dan situasinya saling berlawanan. Conroh dari kalimat ini adalah sebagai berikut :
Malik anak yang baik, tetapi durun anak yang sangat nakal.

#3.  Kalimat Majemuk Setara Sebab - Akibat

Kelimat jenis ini merupakan bagian dari kalimat majemuk setara yang tersusun dari dua atau lebih kalimat tunggal yang salah satu kalimat tunggal menyatakan sebab dan akibat dari salah satu kalimat tunggal yang lainnya. Contoh dari kalimat ini adalah sebagai berikut:
Malik mendapatkan uang banyak, Karena malik pintar dalam bekerja.

Kalimat Majemuk Bertingkat

Pengertian Kalimat majemuk Bertingakt adalah gabungan kalimat - kalimat tungal yang tersusun dari kalimat yang tidak setara,  tidak sedrajat, atau tidak sama rata kedudukannya. Pada umumnya kalimat mejmuk jenis ini juga menggunakan konjungsi atau kata sambung dalam penulisannya. Kalimat majemuk bertingkat ini terbagi menjadi dua belas jenis yang di uraikan dengan jelas di bawah ini.

#1. Kalimat Majemuk Hubungan Waktu

Kalimat jenis ini adalah jenis kalimat mejemuk bertingkat yang tersusun dari beberapa kalimat tunggal yang salah satu dari kalimat tunggal tersebut menyakatan hubungan waktu dari salah satu kalimat tunggal yang lainnya. Contohnya adalah sebagai berikut:
Malik jatuh sakit, ketika musim panca roba datang.
#2. Kalimat Majemuk Hubungan Tujuan
Kalimat jenis ini adalah jenis kalimat mejemuk bertingkat yang tersusun dari beberapa kalimat tunggal yang salah satu dari kalimat tunggal tersebut menyakatan hubungan tujuan dari salah satu kalimat tunggal yang lainnya. Umumnya kalimat jenis ini selalu ditandai dengan adanya kata "Supaya", "Agar", dan lain sebagainya . Contohnya adalah sebagai berikut:
Malik rajin belajar agar dia dapat mengerjakan soal ujiannya.

#3. Kalimat Majemuk Hubungan Syarat

Kalimat jenis ini adalah jenis kalimat mejemuk bertingkat yang tersusun dari beberapa kalimat tunggal yang salah satu dari kalimat tunggal tersebut menyakatan hubungan syarat dari salah satu kalimat tunggal yang lainnya. Sering kali pada kalimat jenis ini ditandai dengan adanya kata "Jika", "Andaikan", "Apabila", "Seandainya", dan lain sebagainya. . Contohnya adalah sebagai berikut:
Jika malik rajin bekerja, malik akan mendapatkan uang banyak.

#4. Kalimat majemuk hubungan penyebaban

Kalimat jenis ini pada umumnya juga hampir sama dengan kalimat majemuk bertingkat lainnya, namun lebih menunjukakan makna hubungan pengnyebab. Pada kalimat jenis ini di tandai dengan adanya kata "sebab", "karena", "oleh karena" dan lain sebagainya. Contohnya di bawah ini
Malik merasa sedih, karena orang yang malik cintai telah pergi.

#5. Kalimat majemuk hubungan perbandingan

Hubungan perbandingan sering di tuangkan dalam kalimat majemuk bertingkat. biasanya ciri-cirinya di tandai dengan adanya kata "ibarat", "seperti", "bagaikan", "laksana", "sebagaimana", "lebih baik". Contoh kalimat ini seperti di bawah ini:
Malik mendapatkan nilai ulangan lebih baik dari pada nilai durun.

#6. Kalimat majemuk konsensip

Kalimat jenis ini pada umumnya juga hampir sama dengan kalimat majemuk bertingkat lainnya, namun lebih menunjukakan makna hubungan pengnyebab. Ciri-ciri kalimat ini adalah adanya kata "dengan", "walaupun", "meskipun", "biarpun", "kendatipun", "sungguh pun" dan lain sebagainya.
Walaupun malik adalah anak yang pintar, tapi dia tidak sombong.

#7. Kalimat majemuk hubungan akibat

Kalimat majemuk hubungan akibat ini adalah salah satu jenis kalimat majemuk bertingkat yang menunjukkan makna hubungan akibat antara kalimat individu satu dengan kalimat individu yang lainnya. Ciri-cirinya di tandai dengan adanya kata "sehingga", "sampai-sampai", "maka" dan kata yang serupa lainnya. Contohnya adalah:
Malik sangat pintar, sehingga dia mudah mengerjakan soal ujian.

#8. Kalimat majemuk hubungan sangkalan

Makna hubungan sangkalan juga dapat dituangkan kedalam kelimat majemuk bertingkat. Umumnya kalimat ini dapat diketahui dengan adanya kata "seolah-olah", "seakan-akan" dan kalimat sejenis lainnya.
Malik hanya diam, seolah-olah tidak tahu apapun.

#9. Kalimat majemuk hubungan hasil

kalimat majemuk bertingkat jenis ini cenderung menunjukkan makna hasil dari suatu proses atau sejenisnya. cirinya sering di tandai dengan adanya kata "makannya" dan kata yang serupa lainnya. contohnya adalah
Malik tidak pandai bermain bola, makannya dia kalah.

#10. Kalimat majemuk hubungan kenyataan

Makna kenyataan juga dapat dituangkan kedalam kalimat majemuk. kalimat majemuk yang menyatakan hubungan kenyataan sering ditandai dengan adanya kata "padahal", "sedangkan", dan kata yang serupa lainnya. Seperti contoh dibawah ini. 
Malik terus bekerja, padahal dia sedang tidak sehat.

#11. Majemuk hubungan atributif

Kalimat ini adalah Salah satu jenis lain dari kalimat majemuk bertingkat yang menyatakan atriburtif, yang artinya "berkenaan dengan". ciri-cri dari kalimat ini adalah adanya kata "yang". Contohnya adalah:
Anak yang pintar itu adalah teman malik

#12. Kalimat majemuk hubungan penjelasan

Jenis kalimat yang terakhir dari kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat majemuk hubungan penjelasan. Kalimat ini tersusun ata dua atau lebih kalimat tunggal, yang salah satu kalimat tunggal menyatakan hubungan penjelasan kalimat tunggal yang lainnya. biasanya kalimat ini ditandai dengan adanya kata "bahwa" atau kata sejenis lainnya.
Uang banyaknya menunjukan bahwa malik bekerja keras.

Kalimat Majemuk Rapatan

Pengertian kalimat majemuk rapatan adalah kalimat yang isinya berasal dari gabungan beberapa kalimat baik itu kalimat majemuk setara ataupun kelimat majemuk bertingkat, yang cukup sekali disebutkan pada bagian yang sama. Contohnya adalah sebagai berikut

Malik adalah anak yang baik, sholeh, dan ramah terhadap sesama
- Malik adalah anak yang baik
- Malik adalah anak yang sholeh
- Malik adalah anak yang ramah terhadap sesama

Ibu membuatkan aku teh hangat, kue basah, dan sup kesukaanku
- ibu membuatkan aku teh hangat
- ibu membuatkan aku kue basah
- ibu membuatkan aku sup kesukaanku.

Kalimat Majemuk Campuran

Pengertian Kalimat majemuk campuran adalah kalimat yang isinya menunjukkan adanya hubungan antara kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat yang digabungkan kedalam satu kalimat. salah satu jenis kalimat majemuk setara bisa di gabungkan dengan salah satu jenis kalimat majemuk bertingkat. contohnya adalah sebagai berikut :


Malik sudah menyelasaikan tugas ketika durun datang dan akrom sedang bermain game.

Untuk lebih mudah dalam memahami kalimat majemuk . silahkan lihat vidio di bawah ini :

Demikan ulasan atikel kami terkait dengan Contoh Kalimat Majemuk Setara, Bertingkat, dan Campuran Dilengkapi Pengertiannya yang kami rangkum dari berbagai literatur online. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Silahkan Pelajari Juga :
Pengertian KALIMAT Menurut Para Ahli Bahasa
Fungsi - Fungsi Kalimat Berdasarkan Tujuannya
Unsur - Unsur KALIMAT yang Ada Dalam Bahasa Indonesia
Contoh & Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Pengertian Kalimat Baku dan Contohnya