Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Contoh HIPOTESIS Penelitian Berdasarkan BENTUK Hipotesis

Kebanyakan dari kita terkadang bingung untuk membuat suatu hipotesis dengan alasan kurang faham akan apa itu hipotesis ?, dan kurang faham bagai mana menyusun hipotesis itu sendiri. kebingunan tersebut yang sering membuat kegiatan penelitian kita terhambat dan sering kali molor. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk memberika gambaran dan contoh tentang hipotesis yang baik dan benar. Namun sebelumnya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat hipotesis tersebut:

Contoh Hipotesis Penelitian Berdasarkan Bentuk Hipotesis

Silahkan Pelajari Juga Hal Lain tentang Hipotesis
Pengertian Hipotesis Penelitian Menurut Para Ahli
Ciri - Ciri Hipotesis yang Baik dan Benar
Jenis - Jenis Hipotesis Penelitian yang Perlu Kamu Ketahui
Tiga Bentuk Hipotesis yang ada Dalam Penelitian


Kriteria Hipotesis Penelitian yang Baik


#1. Hipotesis dapat Memberikan Penjelasan yang Masuk akal
Penjelasan yang masuk akal maksudnya susunan kalimat hipotesis tersebut mudah di fahami oleh peneliti dan pihak lain. Selain itu hipotesis juga harus memiliki penjelasan yang rasional yang didasarkan dari kejadian yang telah atau akan terjadi.


#2. Mencantumkan Operasional dari Variabel

Dengan mencantukan operasional dari variabel akan mendukung untuk pemberian penjelasan yang masuk akal. operasional dari variabel di dasarkan pada rumusan masalah yang telah dibuat. oleh karena itu, Rumusan masalah dan Hipotesis sangat berkaitan erat, karena dalam pembuatan hipotesis harus di dasarkan pada rumusan masalah. 


#3. Harus dapat diuji 
Dalam penelitian kuantitatif bersifat menguji hipotesis. Oleh karena itu hipotesis yang dihasilkan haruslah dapat diuji. Dalam pengujian hipotesis, keputusan yang dibuat mengandung ketidakpastian, artinya keputusan bisa benar atau salah, sehingga menimbulkan resiko.

#4. Mengikuti penemuan studi terdahulu
Selain perumusan hipotesis yang didasarkan pada rumusan masalah, juga perumusan masalah harus mengikuti penemuan terdahulu yang telah dilakukan oleh para peneliti di masa lampau yang sesuai dengan permasalahan yang kita ambil. dengan begitu akan meningkatkan kualitas penjelasan yang masuk akal (Poin #1).

Bentuk Hipotesis Penelitian


#1. Hipotesis Deskriptif 
Hipotesis deskriptif merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang berupa Pernyataan dugaan terhadap suatu variabel mandiri.

#2. Hipotesis Komparatif
Hipotesis Komparatif merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang berupa perbedaan antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Misalnya " Veraiabel A lebih ............ Variabel B

#3. Hipotesis Assosioatif (Hubungan)
Hipotesis assosiatif (Hubungan) merupakan jabawan jawaban rumusan masalah yang berupa hubungan antara variabel-variabel penelitian.

Contoh Hipotesis Penelitian yang Baik 


#1. Contoh Hipotesis Deskriptif
Rumusan Masalah: Apakah pohon mangga jenis "A" menghasilkan 100 buah mangga perhari dalam satu kali masa panen ?
Hipotesis : Pohon mangga jenis "A" menghasilkan kurang dari 100 buah mangga perhari dalam satu kali masa panen
Hipotesis Uji :
H0: μ ≥ 100 Buah Mangga
Pohon mangga jenis "A" menghasilkan sama atau lebih dari 100 buah mangga perhari dalam satu kali masa panen.
H1: μ < 100 Bauh Mangga
Pohon mangga jenis "A" menghasilkan kurang dari 100 buah mangga perhari dalam satu kali masa panen

#2. Contoh Hipotesis Komparatif
Rumusan Masalah: Adakah perbedaan penerapan sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam konvensional terhadap hasil usahatani?
Hipotesis :  Ada perbedaan penerapan sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam konvensional terhadap hasil usahatani
Hipotesis Uji :
H0: MA = MB 
Tidak ada perbedaan penerapan sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam konvensional terhadap hasil usahatani
H1: MA ≠ MB
Ada perbedaan antara metode pembelajaran “A” dengan “B” terhadap hasil belajar

#3. Contoh Hipotesis Assosiatif (Hubungan)
Rumusan Masalah: Adakah perbedaan penerapan sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam konvensional terhadap hasil usahatani?
Hipotesis : Ada Hubungan antara Kamu dan Aku
Hipotesis Uji :
H0: r = 0 T
Tidak ada hubungan antara kamu dan aku
H1: r ≠ 0 
Ada Hubungan antara kamu dan aku

Demikan ulasan artikel terkait dengan Contoh Hipotesis Penelitian Berdasarkan Bentuk Hipotesis yang kami ulas dari beberapa literatur. Semoga bermanfaat bagi tugas makalah hipotesis anda dan terima kasih telah berkunjung.