Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Contoh dan Pengertian PARAGRAF EKSPOSISI Lengkap dengan Ciri dan Jenisnya

Pengertian Paragraf Eksposisi adalah suatu paragraf atau kumpulan dari beberapa kalimat yang terdiri dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas lainnya yang memiliki tujuan untuk memberikan atau menyampaikan informasi tentang sesuatu yang ingin disampaikan oleh penulis kepada para pembaca. paragraf eksposis memiliki  sifat ilmiah atau non-fiksi. Paragraf yang bersifat non-fiksi maksudnya adalah paragraf tersebut ditulisa atau di hasilkan dalam bentuk sebuah cerita nyata, bisa juga dalam bentuk cerita kehidupan sehari-hari yang kemudian di wujudkan kedalam bentuk suatu paragraf. Paragraf eksposisi biasanya bersumber dari hasil pengamatan, penelitian, atau pengalaman sang penulis.


Jenis Paragraf Eksposisi

#1. Paragraf Eksposisi Definisi

Paragraf ini sering digunakan untuk menjelaskan mengenai sesutu. Seperti Mendefinisikan, mendeskripsikan dan memberikan pengertian tentang sesuatu dengan menggunakan paragraf.

#2. Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf ini sering digunakan untuk menjelaskan mengenai tahap-tahap dan proses-proses. bisanya kita sering menemukan jenis paragraf ini tekait dengan tutorial pembuat, cara membuat, proses terjadinya, dan lain sebagainya. Pada umumnya paragraf ini menjelaskan bagaimana terjadi suatu proses mulai dari awal hingga akhir.

#3. Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf ini sering digunakan untuk menjelaskan pengklasifikasian atau pengelompokan suatu hal. seperti hal yang bersifat homogen di klassifikasikan dengan hal yang bersifat komogen yang lainnya, dan hal yang bersifat heterogen dikumpulkan dengan hal yang bersifat heterogen lainnya.

#4. Paragraf Eksposisi Ilustrasi (contoh)

Paragraf ini sering digunakan untuk menjelaskan informasi-informasi tentang sesuatu dengan cara memberikan gambaran mengenai suatu topik dengan topik-topik yang lainnya yang dianggap memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal tertentu.

#5. Paragraf Eksposisi Perbandingan & pertentangan

Paragraf ini sering digunakan untuk menjelaskan gagasan-gagasan yang disajikan dengan memberikan bandingan antara hal satu dengan hal- hal yang lainnya.

Ciri-Ciri Paragraf

#1. Memberikan pegertian dan pengetahuan

pada dasarnya orang menulis memang memiliki tujuan untuk mentransfer pengetahuannya kepada para pembaca. namun dengan adanya paragraf eksposisi ini, tulisan yang dibuat oleh penulis akan lebih spesifik fungsinya.

#2. Menjawab pertanyaan tentang apa, mengapa, kapan, dan bagaimana

paragraf eksposisi dengan beberapa jenis paragraf diatas akan dapat digunakan untuk menyusun suatu jawaban terkait tentang apa, mengapa, kapan, dan bagaimana akan suatu hal yang di tanyakan.

#3. Disampaikan secara lugas dengan menggunakan bahasa baku

Dalam penyampaian informai memang sangat dianjurkan untuk menggunakan penyampaian yang lugas dan menggunakan bahasa yang baku agar para pembaca mudah untuk memahami paragraf tersebut. 

#4. Bersifat netral

paragraf eksposisi bisat netral, Dalam artian tidak memihak, dan memaksakan sikap penulis terhadap pembaca. paragraf ini orientasinya adalah umum, oleh karena itu paragraf ini menggunakan penyampaian yang lugas dan menggunakan bahasa yang baku agar dapat di pahami oleh seluruh kalangan.

Contoh Pargraf Eksposisi

#1. Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

Tipepedia merupakan web atau blog yang menyediakan informasi terkait dengan penelitian. informasi yang disediakan oleh tipepedia adalah terkait dengan metodologi penelitian, teknik penulisan ilmiah, statistika, dan lain sebagainya. dengan informasi tersebut diharap bisa bermanfaat bagi para peneliti dan kalangan umum.

#2. Contoh Paragraf Eksposisi Proses

Kegiatan penelitian ilmiah diawali dengan perumusan masalah. setelah masalah dapat dirumuskan oleh peneliti dan dapat diterima secara rasional, maka dilanjutkan dengan pembuatan hipotesis yang di landaskan pada rumusan masalah dan penelitian terdahulu. Tahapan selanjutnya adalah pengumpulan data dan analisis data. Kegiatan Penelitian diakhiri dengan pembahasan dan pembuatan kesimpulan.

#3. Contoh Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Mahasiswa agribisnis universitas jember terdiri angkatan tahun 2015 terdiri dari 175 mahasiswa. 175 mahasiswa tersebut berasal dari jalur seleksi masuk universitas jember yang berbeda. 75 mahasiswa diterima di agribisnis universitas jember melaui jalur mandiri, 50 mahasiswa diterima di agribisnis fakultas pertanian universitas jember melaui jalur sbmptn. dan 50 mahsiswa diterima di agribisnis universitas jember melaui jalur snmptn.

#4. Contoh Paragraf Eksposisi Ilustrasi (contoh)

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting adanya. ketika jantung tidak berfungsi maka seluruh organ tubuh akan berhenti. Sama halnya dengan karborator yang ada pada kendaraan. ketika fungsi fungsi karburator tidak berjalan dengan baik atau mati maka kendaraan pun tidak akan berjalan dengan baik atau mati.