Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Rumus Menentukan Sampel Penelitian dengan Cepat dan Mudah

Rumus Menentukan Sampel Penelitian dengan Cepat dan Mudah - Perencanaan sampel dengan bobot yang representatif kadang kurang memuaskan peneliti, karena kadang upaya mendeskripsikan populasi kurang berhasil, disebabkan karena populasi memiliki ciri yang tak terhingga. Karena itu harus dilakukan perhitungan secara pasti jumlah besaran sampel untuk populasi tertentu. hal ini sebenarnya jalan pintas untuk menghindari kesulitan karena populasi karakter yang sukar digambarkan. 

Rumus Menentukan Sampel Penelitian dengan Cepat dan Mudah

Rumus Perhitungan Besaran Sampel

Rumus Perhitungan Besaran Sampel

Keterangan Variabel Rumus

  • n   : Adalah Julah sampel yang dicarai
  • N   : Adalah Jumlah totalitas Populasi
  • d   : Nilai Presisi (ditentukan dalam contoh ini sebesar 90% atau d=0,1)

Contoh Perhitungan 

Contoh Perhitungan

Dengan demikian, maka dari jumlah populasi 4540 diperoleh ukuran sampel sebesar 97,84 atau 98 sampel penelitian. Persoalan kemudian adalah bagaimana memperoleh sampel sebanyak itu dari populasi sebesar 4540 itu. Jawabannya adalah bagaimana kita menunjuk (menarik) sampel yang representatif, karena itu maka akan dijelaskan pada Metode sampling.

Demikian Ulasan artikel terkait dengan Rumus Menentukan Sampel Penelitian dengan Cepat dan Mudah yang kami kutip dalam buku Metode Penelitian Kuantiatif yang ditulis oleh Burhan Bungin pada tahun 2005 dan yang diterbitkan oleh Prenada Media Group di kota jakarta. Semoga bermanfaat dan terima kasih.