Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Teori Pemasaran Menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi [LENGKAP]

Pemasaran adalah aspek yang sangat penting dalam ilmu ekonomi. karena kegiatan dalam perekonomian sangat tergantung dalam sektor pemasaran. pemasaran juga merupakan sektor yang sangat sulit untuk di kendalikan karena pelaku dari kegiatan pemasaran melibatkan banyak sektor, mulai dari rumah tangga, perusahaan, pemerintah, luar negeri, dll. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Teori Pemasaran Menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi. Berikut adalah penjelasannya.

Teori Pemasaran Menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi

Pemasaran

Menurut Kotler (2009) Pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definisi yang baik dan singkat dari pemasaran adlah pemenuhan kebutuhan dengan cara yang mengunungkan, menguntungkan bagi produsen dan juga bagi konsumen. Beberapa hal yang dipasarkan antara lain barang, jasa, acara, pengalaman, tempat, property (hak kepemilikan), organisasi, informasi, dan ide. Tujuan lain dari pemasaran adalah sebagai langkah mempertahankan pelanggan yag telah ada. Mempertahankan pelanggan memang terlihat mudah, hal ini lebih baik daripada mencari pelanggan baru yang lebih besar dengan tingkat biaya yang lebih besar pula. 

Menurut Stanton dalam Umar (2005), Pemasaran meliputi keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan usaha yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan, dan distribusi barang atau jasa yang akan dipasarkan. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran meliputi perencanaan kegiatan, penentuan harga produk, promosi produk, dan juga distribusi produk barang atau jasa yang dipasarkan. Jangkauan pemasaran dapat menjadi sangat luas jika dijabarkan mulai dari produsen hingga tangan konsumen. Ruang lingkup pemasaran yang sangat luas dapat diringkas dalam 4P, yaitu produk (Product), harga (Price), distribusi (Place), dan promosi (Promotion).

Menurut Abdullah (2012), Pemasaran adalah kegiatan kreasi dan realisasi sebuah standar hidup. Kegiatan pemasaran meliputi menyelidiki dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen, kemudian merencanakan dan mengenbangkan sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hingga akhirnya memutuskan cara terbaik untuk menentukan harga, promosi produk, dan mendistribusikan produk tersebut. Pemasaran (marketing) dapat juga diartikan sebagai sistem total untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan juga mendistribusikan barang untuk memuaskan keinginan konsumen. Perencanaan pemasaran meliputi penentuan sasaran dan cara yang ditempuh dalam memasarkan produk tersebut. Penentuan harga dilakukan untuk memperbesar laba namun tidak memberatkan bagi konsumen, dengan kata lain mencari laba sekecil mungkin namun memaksimalkan jumlah produk yang terjual. Promosi digunakan sebagai langkah pengenalan produk. Distribusi digunakan sebagai saluran pemasaran agar produk sampai pada tangan kosumen. 

Saluran Pemasaran

Menurut Alma (2007), saluran pemasaran adalah lembaga yang saling berkait untuk menjadikan produk barang atau jasa siap digunakan/dikonsumsi. Saluran pemasaran sangat penting bagi produsen, sebab produsen tidak akan sanggup menyalurkan hasil produksi hingga ke tangan konsumen. Saluran pemasaran ini berfungsi sebagai:

#1. Pemberi informasi tentang keadaan lapang, daya saing, penerimaan konsumen, selera konsumen; 
#2. Membantu kelancaran pemasaran; 
#3. Negosiasi harga dan sistem penyaluran; 
#4. Pembiayaan lebih mudah;
#5. Unsur resiko lebih kecil karena ditanggung pihak penyalur.

Beberapa cara dalam menyalurkan produk dari produsen ke konsumen ada tiga, yaitu penyaluran langsung dari produsen ke konsumen, penyaluran semi langsung dengan satu perantara, dan penyaluran tak langsung melalui lebih dari satu perantara. untuk lebih lengkapnya silahkan pelajari tentang teori analisis margin pemasaran menurut pendapat para ahli.

Strategi Pemasaran

Menurut Kotler dan Amstrong dalam Rizki (2013), seluruh strategi pemasaran dibangun berdasarkan STP, yaitu Segmentation, Targeting, dan Positioning. Segmentasi (Segmentation) adalah proses penempatan konsumen dalam subkelompok pada pasar produk, sehingga sekelompok konsumen ini memiliki tanggapan yang hampir sama mengenai produk tersebut. Penetapan pasar sasaran (Targeting) adalah suatu cara dalam mengevaluasi dan memutuskan berapa segmen pasar yang akan dicakup atau dilayani dalam sebuah pemasaran produk. Perumusan posisi produk (Positioning) adalah suatu cara dalam merumuskan produk yang dipasarkan melalui kuisioner yang telah disebar pada masyarakat.  

Kinerja Pemasaran

Menurut Ferdinand dalam Suendro (2010), kinerja pemasaran merupakan salah satu faktor yang digunakan dalam mengukur strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Kinerja pemasaran erat kaitannya dengan strategi pemasaran karena setiap strategi yang dilakukan oleh perusahaan selalu mengarah pada perbaikan kinerja. Kinerja dalam hal ini dapat diartikan dalam proses pemasaran seperti banyaknya jumlah produk yang terjual dan juga loyalitas konsumen terhadap produk yang diproduksi oleh perusahaan.

Demikian ulasan artikel tentang Teori Pemasaran Menurut Pendapat Para Ahli Ekonomi yang kami rangkum dari berbagai literatur. semoga bermanfaat dan semoga sukses.