Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Hipotesis Penelitian Menurut Para Ahli [LENGKAP]

Pengertian hipotesis Secara Umum adalah jawaban sementara yang perlu di uji kebenarannya. Hipotesis sering digunakan dalam bidang penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan metode analisis yang ilmiah yang memenuhi syarat kredibilitas dan rabilitasnya. Penelitian yang merumuskan hipotesis adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian kualitatif, tidak dirumuskan hipotesis, tetapi justru diharapkan dapat ditemukan hipotesis yang selanjutanya hipotesis tersebut akan diuji oleh peneliti dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. 

Pengertian Hipotesis Penelitian Menurut Para Ahli


Pelajari Juga Hal Terkait dengan HIPOTESIS: 
Jenis - Jenis Hipotesis Penelitian yang Perlu Kamu Ketahui
Ciri - Ciri Hipotesis yang Baik dan Benar
Bentuk - Bentuk Hipotesis yang ada Dalam Penelitian
Contoh Hipotesis Penelitian Berdasarkan Bentuk Hipotesis

Pengertian Hipotesis Penelitian Menurut Para Ahli

Perumusan hipotesis penelitian merupakan tahap setelah peneliti mengemukakan landasan teori dan kerangka berfikir. Tetapi perlu diketahui bahwa setiap penelitian harus merumuskan hipotesis. Penelitian yang bersifat eksploratif dan deskriptif sering tidak perlu merumuskan hipotesis. sedangkan pengertian hipotesis sendiri menurut para ahli adalah sebagai berikut:
"Pernyataan tentative yang merupakan dugaan mengenai apa saja yang sedang kita amati dalam usaha untuk memahaminya". Nasution (2000).
"proposisi atau dugaan yang belum terbukti yang secara tentative menerangkan fakta-fakta atau fenomena tertentu dan juga merupakan jawaban yang memungkinkan terhadap suatu pertanyaan riset". Zikmund (1997).
Berdasarkan penjelasan para tokoh diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Hipotesis merupakan jawaban jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Dikatan sementara, karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori yang relevan, belum didasarkan pada fakta-fakta yang empiris yang diperoleh melalui pengumpulan data. Jadi hipotesis juga dapat dinyatakan sebagai jawaban teoritis terhadap rumusan masalah penelitian, belum jawaban yang empirik. 

Dalam hal ini perlu dibedakan antara hipotesis penelitian dan hipotesis statistik. Pengetian hipotesis penelitian seperti yang ditelah dikemukakan diatas. Selanjutnya hipotesis statistik itu ada apabila penelitian menggunakan sampel. Jika penelitian tidak menggunakan sampel maka tidak ada hipotesis statistik.

Dalam suatu penelitian, dapat terjadi ada hipotesis penelitian, tetapi tidak ada hipotesis statistik. Penelitian yang dilakukan pada seluruh populasi mungkin akan terdapat hipotesis penelitian tetapi tidak ada hipotesis statistik . ingat terhadap bahwa hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah dan hipotesis yang akan diuji ini dinamakan hipotesis kerja atau biasa disebut dengan hipotesis nol (nihil). Hipotesis kerja disusun berdasarkan atas teori yang dipandang handal, sedangkan hipotesis nol dirumuskan karena teori yang digunakan masih diragukan kehandalannya. 

Dalam statistik juga terdapat macam hipotesis yaitu hipotesis kerja dan hipotesis alternatif (hipotesis kerja tidak sama dengan hipotesis alternatif). Dalam kegiatan penelitian, yang diuji terlebih dahulu adalah hipotesis penelitian terutama hipotesis kerja. Bila penelitian akan membuktikan apakah hasil pengujian hipotesis itu signifikansi atau tidak maka diperlukan hipotesis statistik. Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah stastik inferensial. Statistik yang bekerja dengan data populasi adalah statistik deskriptif.

Dalam hipotesis statistik, yang diuji adalah hipotesis nol, hipotesis yang menyatakan tidak ada perbedaan antara data sampel dan data populasi yang diuji karena penelitia berharap tidak ada perbedaan antara smpel dan populasi atau statistik dan parameter. Parameter adalah ukuran-ukran yang berkenaan dengan populasi, dan statistik di sini diartikan sebagai ukuran dengan data-data yang berkenaan dengan sampel. 

Nah gaes, Itulah ulasan artikel terkait dengan Pengertian Hipotesis Penelitian Menurut Para Ahli yang kami rangkum dari berbagai literatur. semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam penelitian anda. terkait dengan ulasan artikel ini apakah ada yang ingin ditanykan gaes?