Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Teori Produksi Menurut Pendapat Para Ahli [LENGKAP]

Teori Produksi Menurut Pendapat Para Ahli - Pengertian Produksi adalah sesuatu yang dihasilkan oleh suatu perusahaan baik bentuk barang (goods) maupun jasa (service) dalam suatu periode waktu yang selanjutnya dihitung sebagai nilai tambah bagi perusahaan. Bentuk hasil produksi dengan kategori barang (goods) dan jasa (service) sangat tergantung pada kategori aktivitas bisnis yang dimiliki perusahaan yang bersangkutan. 

Teori Produksi Menurut Pendapat Para Ahli

Bagian produksi dalam suatu organisasi bisnis memegang peran penting dalam usaha mempengaruhi suatu organisasi. Bagian produksi sering dilihat sebagai salah satu fungsi manajemen yang menentukan penciptaan produk serta turut mempengaruhi peningkatan dan penurunan penjualan. Artinya produk yang diproduksi harus selalu mengikuti standart pasar yang diinginkan, bukan diproduksi atas dasar mengejar target semata. Karena dengan kontinuitas yang stabil diharapkan mampu mewujudkan perolehan keuntungan yang stabil (Fahmi, 2014).

Pelajari JugaTeori Studi Kelayakan Beserta Pendekatannya

Menurut Sugiarto dkk (2007), produksi adalah suatu kegiatan yang mengubah input menjadi output. Kegiatan tersebut dalam ekonomi biasa dinyatakan dalam fungsi produksi. Fungsi produksi menunjukkan jumlah maksimum output yang dapat dihasilkan dari pemakaian sejumlah input dengan menggunakan teknologi tertentu. Secara matematika fungsi produksi dapat dituliskan sebagai berikut:
Q= F(K, L, X, E)
Dimana:
Q = Output
K; L; X; E = Input (kapital, tenaga kerja, bahan baku, keahlian keusahawan)

Dalam teori ekonomi, terdapat salah satu asumsi dasar mengenai sifat dari fungsi produksi yaitu “The Law of Deminishing Return”. Teori ini mengatakan bila satu-satuan input ditambag penggunaannya sedangkan input lain tetap, maka tambahan output yang dihasilkan dari satu unit input yang semula meningkat kemudian seterusnya menurun bila input terus ditambah (Dewi dkk, 2012).

Kurva yang menunjukkan hasil rata-rata per unit input variabel pada berbagai tingkat penggunaan input disebut Average Physical Product.
Hubungan Antara Kurva TPP, MPP, APP dan Daerah-daerah Elastisitas Produksi.
Hubungan Antara Kurva TPP, MPP, APP dan Daerah-daerah Elastisitas Produksi
Keterangan :
#1. Kurva TPP (Total Physical Product) adalah kurva yang menunjukkan tingkat produksi total pada berbagai tingkat penggunaan input variabel (input-input lain yang dianggap tetap).
#2. Kurva MPP (Marginal Physical Product) adalah kurva yang menunjukkan tambahan (kenaikan) dari TPP, yaitu ΔTPP atau ΔY yang disebabkan oleh penggunaan tambahan satu unit input variabel.
#3. Kurva APP (Average Physical Product) adalah kurva yang menunjukkan hasil rata-rata per unit variabel pada berbagai tingkat penggunaan input.

Nah gaes, Itulah ulasan artikel terkait dengan Teori Produksi Menurut Pandangan Para Ahli yang kami rangkung dari pendapat para tokoh yang kami rangkum dari berbagai sumber. Antara lain:

DAFTAR PUSTAKA
Dewi, I Gusti Ayu Chintya, I Ketut Suamba dan I G.A.A Ambarawati. 2012. Analisis Efisiensi Usahatani Padi Sawah (Studi Kasus di Subak Pacung Babakan, Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung). Agribisnis dan Agrowisata, Vol. 1(1): 1-10
Fahmi, irham. 2014. Manajemen Produksi dan Operasi. Alfabeta: Bandung.
Sugiarto dkk. 2007. Ekonomi Mikro. Gramedia Pustaka: Jakarta.