Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Teori Dinamika Sosial Menurut Pendapat Para Ahli [LENGKAP]

Teori Dinamika Sosial Menurut Pendapat Para Ahli - Menurut Senoaji (2010), pengertian dinamika adalah keseluruhan perubahan dari seluruh komponen masyarakat dari waktu ke waktu. Dinamika sosial dan budaya memberikan dampak pada juga pada pengelolaan hutan, lahan, dan lingkungan yang ada pada suatu lingkup masyarakat. Peningkatan jumlah penduduk yang semakin banyak mengakibatkan berkurangnya luas kepemilikan lahan pertanian yang dimiliki oleh setiap keluarga, sehingga memberikan dampak pada masyarakat agar melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan lingkungannya. 

Teori Dinamika Sosial

Penyesuaian dan pergeseran yang terjadi pada suatu masyarakat bukan pada aturan-aturan yang berlaku pada masyarakat tersebut, akan tetapi pada obyek pelaksana dari aturan dalam masyarakat itu sendiri, yakni individu-individu atau kelompok sosial yang berada pada lingkungan tersebut.

Soekanto (2012) menjelaskan bahwa di dalam dinamika kelompok, mungkin terjadi antagonisme antar kelompok.apabila terjadi persitiwa tersebut secara hipotesis prosesnya adalah sebagai berikut :
#1.Bila dua kelompok bersaing, maka akan timbul stereotip
#2. Kontrak antar kedua kelompok yang bermusuhan tidak akan mengurangi sikap tindak bermusuhan tersebut
#3.Tujuan yang harus dicapai dengan kerjasama akan dapat menetralkan sikap tindak bermusuhan
#4. Di dalam kerja sama mencapai tujuan, stereotip yang semula negatif menjadi positif

Konflik antar kelompok dalam suatu masyarakat mungkin terjadi karena persaingan untuk mendapatkan mata pencaharian hidup yang sama atau terjadi pemaksaan unsur-unsur kebudayaan tertentu. Masalah dinamika kelompok sosial juga menyangkut gerak atau perilaku kolektif. Gejala tersebut merupakan suatau cara berfikir, merasa, dan beraksi suatu kolektivitas yang serta merta dan tidak berstruktur. Sebab-sebab suatu kolektif menjadi agresif antara lain:
#1. Frustasi selama jangka waktu yang lama
#2. Tersinggung
#3. Dirugikan
#4. Ada ancaman dari luar
#5. Diperlakukan tidak adil
#6. Terkena pada bidang-bidang kehidupan yang sensitif

Pada dinamika kelompok sosial, setiap kelompok sosialpasti mengalami perkembangan serta perubahan. Perubahan dalam setiap kelompok sosial, ada yang mengalami perubahan secara lambat, namun ada pula yang mengalami secara cepat.

Menurut Munthe (2008), dinamika masyarakat berhubungan dengan perubahan masyarakat. Kemudian, terdapat beberapa unsur yang berinteraksi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut adalah:
#1.Orientasi manusia terhadap situasi yang melibatkan orang lain. 
#2.Pelaku yang mengadakan kegiatan dalam masyarakat.
#3.Kegiatan sebagai hasil orientasi dan pengolahan pemikiran pelaku tentang bagaimana mencapai cita-cita. 
#4.Lambang dan sistem perlambangan yang  mewujudkan komunikasi dalam mencapai tujuan. Sehubungan dengan itu sistem sosial merupakan hasil individu, yang terjadi dalam lingkungan fisik dan sosial. 

Nah gaes, itulah ulasa artikel terkait dengan Teori Dinamika Sosial Menurut Pendapat Para Ahli yang kami kutip dari berbagai literatur yang kami gunakan dalam laporan akhir kami. semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. terkait dengan artikel tersebut apakah ada yang ditanyakan gaes?