Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pemilihan kriteria Masalah yang Layak dan Sesuai diteliti

Pemilihan Kriteria Masalah
Pemilihan Kriteria Masalah
Pemilihan kriteria Masalah yang Layak dan Sesuai diteliti - Setetlah masalah diidentifikasi, belum merupakan jaminan bahwa masalah tersebut layak dan sesuai untuk diteliti. Biasanya dalam mengidentifikasi atau menemukan masalah penelitian ditemukan lebih dari satu masalah. Dari masalah-masalah tersebut, dipilih salah satu masalah yang paling layak dan sesuai untuk diteliti. Jika sekiranya ditemukan hanya satu masalah, masalah tersebut juga harus dipertimbangkan layak atau tidaknya serta sesuai atau tidaknya untuk diteliti. Pertimbangan untuk memilih atau menentukan apakah suatu masalah layak dan sesuai untuk diteliti ditentukan dari dua arah. Arah yang pertama ditentukan berdasarkan arah masalahnya, yang kedua ditentukan berdasarkan arah sipeneliti sendiri.

Pelajari Juga: Fenomena Per-Masalah-an yang ada dalam Penelitian Kulitatif

#1. Pertimbangan dari arah masalahnya (Dari Sudut Obyektif)
Pertimbangan Arah Masalahnya Via frontierfiltration
Untuk menentukan apakah suatu masalah layak untuk diteliti perlu dibuat pertimbangan-pertimbangan dari arah masalahnya atau dari sudut obyektif. Dari sudut obyektif ini, pertimbangan akan dibuat atas dasar sejauh mana penelitian mengenai masalah yang bersangkutan itu akan memberi sumbangan kepada pengembangan teori dalam bidang yang bersangkutan dengan dasar teori penelitiaannya dan pemecahan masalah-masalah praktis.

Kelayakan suatu masalah untuk diteliti itu sifatnya relatif, tergantung kepada konteks penelitiannya. Suatu masalah yang layak untuk diteliti dalam suatu konteks tertentu, mungkin kurang layak kalau ditempatkan dalam konteks yang lain. Tidak ada kriteria untuk ini, dan keputusan akan tergantung kepada ketajaman peneliti untuk melakukan evaluasi secara kritis, menyeluruh dan menjangkau kedepan. Disamping hal-hal tersebut diatas, perlu dipertimbangkan bahwa dari masalah itu hendaknya mungkin dilakukan pengumpulan data guna memecahkan masalah itu atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkandung didalamnya.

#2. Pertimbangan dari Arah Sang Peneliti (Dari Sudut Subyektif)
Pertimbangan dari Arah Sang Peneliti Via idiva
Dari sudut Subyektif, yaitu pertimbangan dari segi peneliti, perlu dipertimbangkan apakah masalah itu sesuai dengan peneliti. Sesuai atau tidaknya suatu masalah itu untuk diteliti terutama tergantung kepada apakah masalah tersebut managabel atau tidak oleh sang peneliti. Managabelity (kemampuan mengelola) itu terutama dilihat dari lima segi, yaitu biaya yang tersedia, waktu yang dapat digunakan , alat-alat dan perlengkapan yang tersedia, bekal kemapuan teoritis, dan penguasaan metode yang diperlukan. Setiap calon peneliti perlu menanyakan kepada diri sendiri apakah masalah yang akan diteliti sesuai baginya yang dilihat dari kelima hal tersebut diatas.

Nah gaes, itulah ulasan singkat terkait dengan Pemilihan kriteria Masalah yang Layak dan Sesuai diteliti yang kami rangkum dari beberapa literatur online. Bersama artikel ini kami harap apa yang ada dalam setiap susunan kata dalam artikel ini bermanfaat bagi anda semua gaes. Terkait dengan artikel diatas apakah ada yang ditanyakan ?