Skip to main content
Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pemilihan kriteria Masalah yang Layak dan Sesuai diteliti

Pemilihan Kriteria Masalah
Pemilihan Kriteria Masalah
Pemilihan kriteria Masalah yang Layak dan Sesuai diteliti - Setetlah masalah diidentifikasi, belum merupakan jaminan bahwa masalah tersebut layak dan sesuai untuk diteliti. Biasanya dalam mengidentifikasi atau menemukan masalah penelitian ditemukan lebih dari satu masalah. Dari masalah-masalah tersebut, dipilih salah satu masalah yang paling layak dan sesuai untuk diteliti. Jika sekiranya ditemukan hanya satu masalah, masalah tersebut juga harus dipertimbangkan layak atau tidaknya serta sesuai atau tidaknya untuk diteliti. Pertimbangan untuk memilih atau menentukan apakah suatu masalah layak dan sesuai untuk diteliti ditentukan dari dua arah. Arah yang pertama ditentukan berdasarkan arah masalahnya, yang kedua ditentukan berdasarkan arah sipeneliti sendiri.

Pelajari Juga: Fenomena Per-Masalah-an yang ada dalam Penelitian Kulitatif

#1. Pertimbangan dari arah masalahnya (Dari Sudut Obyektif)
Pertimbangan Arah Masalahnya Via frontierfiltration
Untuk menentukan apakah suatu masalah layak untuk diteliti perlu dibuat pertimbangan-pertimbangan dari arah masalahnya atau dari sudut obyektif. Dari sudut obyektif ini, pertimbangan akan dibuat atas dasar sejauh mana penelitian mengenai masalah yang bersangkutan itu akan memberi sumbangan kepada pengembangan teori dalam bidang yang bersangkutan dengan dasar teori penelitiaannya dan pemecahan masalah-masalah praktis.

Kelayakan suatu masalah untuk diteliti itu sifatnya relatif, tergantung kepada konteks penelitiannya. Suatu masalah yang layak untuk diteliti dalam suatu konteks tertentu, mungkin kurang layak kalau ditempatkan dalam konteks yang lain. Tidak ada kriteria untuk ini, dan keputusan akan tergantung kepada ketajaman peneliti untuk melakukan evaluasi secara kritis, menyeluruh dan menjangkau kedepan. Disamping hal-hal tersebut diatas, perlu dipertimbangkan bahwa dari masalah itu hendaknya mungkin dilakukan pengumpulan data guna memecahkan masalah itu atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkandung didalamnya.

#2. Pertimbangan dari Arah Sang Peneliti (Dari Sudut Subyektif)
Pertimbangan dari Arah Sang Peneliti Via idiva
Dari sudut Subyektif, yaitu pertimbangan dari segi peneliti, perlu dipertimbangkan apakah masalah itu sesuai dengan peneliti. Sesuai atau tidaknya suatu masalah itu untuk diteliti terutama tergantung kepada apakah masalah tersebut managabel atau tidak oleh sang peneliti. Managabelity (kemampuan mengelola) itu terutama dilihat dari lima segi, yaitu biaya yang tersedia, waktu yang dapat digunakan , alat-alat dan perlengkapan yang tersedia, bekal kemapuan teoritis, dan penguasaan metode yang diperlukan. Setiap calon peneliti perlu menanyakan kepada diri sendiri apakah masalah yang akan diteliti sesuai baginya yang dilihat dari kelima hal tersebut diatas.

Nah gaes, itulah ulasan singkat terkait dengan Pemilihan kriteria Masalah yang Layak dan Sesuai diteliti yang kami rangkum dari beberapa literatur online. Bersama artikel ini kami harap apa yang ada dalam setiap susunan kata dalam artikel ini bermanfaat bagi anda semua gaes. Terkait dengan artikel diatas apakah ada yang ditanyakan ? 

Popular posts from this blog

10 Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, Politik, Ekonomi Beserta Strukturnya

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah karangan dengan satu pokok pikiran atau paragaf yang dikembangankan dengan tujuan untuk spesifikasi penjelasan atau pemberian pemahaman tentang suatu hal dengan menggunakan gaya bahasa yang singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi ini umumnya sering digunakan dalam karya tulis berupa koran berita, petunjuk penggunaan, dan karya tulis lainn yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. 



Ciri - Ciri Teks EksposisiTerdapat beberapa cirikhas pentinga yang membedakan teks eksposisi ini dengan teks yang lain seperti teks prosedur, teks eksplanasi, teks editorial, dan lain sebagainya. Ciri - ciri dari teks tersebut adalah sebagai berikut : a. Memberikan dan menjelaskan informasi dalam bentuk pengetahuan. b. Menggunakan bahasa yang lugas, jelas, dan mengguanakan kalimat - kalimat baku. c. Memiliki struktur teks yang jelas. d. Fakta yang ada di dalamnya berfungsi sebagai dasar suatu ide (Tidak selalu).  e. Tidak memaksakan kehendak penulis kepada…

111 Contoh SLOGAN PENDIDIKAN Dan Gambarnya Unik dan Menarik [TERBARU]

Pengetian slogan adalah serangkaian kata atau frasa yang unik dan menarik yang berbentuk retorika sederhana dan juga memberikan ruang untuk menyampaikan informasi yang lebih rinci. Umunya slogan digunakn untuk menyampaikan sebuah ide, ekspresi, atau suatu tujuan agar dapat dengan mudah untuk di ingat. konteks yang digunakan pun sifatnya bebas, dapat berupa gagasan politik, komersial, agama, dan lainnya.



Slogan tentang pendidikan merupakan slogan yang pada umumnya digunakan untuk mengungkapkan pesan, motivasi, informasi, tujuan dan lain sebagainya yang konteksnya berkaitan dengan pendidikan. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan contoh slogan beserta gambarnya yang unik dan menarik, sehingga sobat dapat dengan mudah untuk mengingatnya. 

Silahkan baca juga:
Tata Cara Mandi Wajib, Bacaan Doa Niat Mandi Wajib
Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) Terbaru 2017
Bacaan Doa Sesudah WUDHU yang Benar (Arab, Latin, dan Artinya)

Belajarlah agar tidak menjadi orang bodoh.Guru adalah kunci menuju masa dep…

7 Contoh TEKS EKSPLANASI Tentang Bencana Alam ( Banjir, Gempa Bumi, Tsunami) TERBARU

Sebelum kita memahami contoh teks eksplanasi, hendaknya kita memahami dulu Apa pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri ? Pengertian Teks eksplanasi adalah jenis naskah atau tulisan yang berupa teks yang dapat digunakan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya suatu fenomena alam atau fenomena sosial (Object). Dengan menggunakan teks eksplanasi kita dapat menjelaskan terjadinya suatu fenomena baik itu fenomena alam ataupun fenomena sosial dengan sejelas-jelasnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur dan Cirinya


Dalam membuat teks eksplanasi terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penulis. Pertama adalah kejujuran, Mengapa demikian? Karena teks eksplanasi dibuat berdasarkan fenomena alam atau sosial yang ada dan nyata, bukan di ada-ada.  Yang kedua, teks eksplanasi yang dibuat oleh penulis haruslah mudah untuk dipahami.  Untuk membuat teks eksplanasi yang mudah dipahami oleh pembaca penulis harus dapat menggunakan diksi ata…