Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Populasi Menurut Beberapa Ahli dan Jenis-Jenis Populasi

Penelitian selalu berhadapan dengan sumber data yang biasa disebut dengan populasi dan sampel penelitian. Penentuan sumber data tersebut bergantung pada masalah yang akan diteliti, dan hipotesis yang akan diuji kenerannya. Dalam hal ini tampak masalah populasi dan sampel sebagai sumber data yang mempunyai peran yang sangat penting.

 Pengertian dan Jenis-Jenis dari Populasi

#1. Pengertian dari Populasi 
Secara singkat populasi dapat diartikan sebagai:
  • Sekumpulan unsur atau elemen yang menjadi obyek penelitian dan obyek populasi itu merupakan satuan analisis.
  • Sekelompok obyek, baik manusia, gejala, nilai tes, benda atau peristiwa.
  • Semua individu untuk siap kenyataan-kenyataan yang diperoleh dari sampel-sampel itu hendak digeneralisasikan (Hadi, 1983).
  • Jumlah keseluruhan unit analisis yang ciri-cirinya akan diduga.
Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan populasi adalah keseluruhan obyek penelitian yang dapat terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, gejala, nilai tes, atau peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik  tertentu dalam suatu penelitian.
#2. Jenis-jenis dari Populasi 
a. Berdasarkan Jumlah Populasinya Dibagi Menjadi Dua Jenis
  • Populasi terbatas adalah sumber data yang jelas batasanya secara kuantitatif, sehingga relatif dapat dihitung jumlahnya. Populasi ini memiliki ciri terbatas. Contoh: Tiga juta wanita pada tahun 1985; dengan karakteristik mengikuti program KB
  • Populasi tak terbatas; adalah sumber data yang tidak dapat ditentukan jumlah batasannya sehingga relati tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah. Contohnya : Narapidana Indonesia
b. Berdasarkan Sifat Populasi
  • Populasi Homogen: adalah populasi yang unsurnya memiliki sifat yang sama sehingga tidak perlu dipersoalkan jumlahnya secara kuantitatif. Populasi seperti ini banyak dijumpai dalam ilmu eksakta.
  • Populasi heterogen: adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat yang bervariasi, sehingga perlu ditetapkan batas-batasannya secara kualitatif dan kuantitatif. Pada umumnya, populasi yang heterogen terjadi pada penelitian dibidang sosial dan obyeknya manusia atau gejala dalam kehidupan manusia.
c. Berdasarkan perbedaan lain
  • Populasi target: jenis populasi ini merupakan populasi yang telah ditentukan sesuai dengan masalah penelitian.
  • Populasi survey: jenis populasi ini merupakan populasi yang terliput dalam penelitian yang dilakukan.
Pada dasarnya, dalam keadaan yang ideal, populasi target hampir sama dengan populasi survey, tetapi dalam prakteknya, populasi target berbeda dengan populasi survey. Perbedaan tersebut biasanya terjadi karena adana penolakan adanya responden untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian.

Nah gaes, Itulah artikel tentang pengertian dan jenis-jenis dari populasi yang kamir rangkum dari buku panduan praktikum metodologi penelitian yang disusun oleh tim pembina dan asisten laboratorium komunikasi dan penyuluhan pertanian fakultas pertanian universitas jember. Terkait dengan artikel tersebut apakah ada yang ditanyakan.