Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

DISTRIBUSI FREKUENSI (Pengertian, Bagian - Bagian, Contoh Soal) TERBARU

Tabel Frekuensi

#1.Pengertian Tentang Distribusi Frekuensi

Distribusi Frekuensi (Ukuran Pemusatan dan Ukuran Penyebaran) - Data mentah adalah data yang dikumpulkan yang diatur secara numerik. Pada waktu meringkas sejumlah besar data dalam kelas atau kelompok dan menetapkan  banyak individu yang termasuk dalam setiap kelas yang disebut dengan frekuensi kelas. Suatu penyusunan tabulasi data memakai kelas bersama dengan frekuensi kelas yang berhubungan disebut dengan distribusi frekuesi. Itulah pengertian distribusi frekuensi dalam ilmu statistika.

#2.Bagian – Bagian dalam Distribusi Frekuensi

Sebuah distribusi frekuensi tentunya akan memiliki bagian-bagiannya yang perlu difahami adalah sebagai berikut:

a.Kelas-kelas (Class)
Kelas adalah kelompok nilai data atau variabel

b.Batas kelas ( Class Limits)
Batas kelas adalah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lain. Terdapat dua batas kelas yaitu : 1) Batas Kelas Bawah ( Lower Class Limits) terdapat dideretan sebelah kiri setiap kelas, 2) Batas Kelas Atas ( Upper Class Limits) terdapat di deretan sebelah kanan setiap kelas.
Batas kelas merupakan batas semu dari setiap kelas, karena diantara kelas yang satu dengan kelas yang lain masih terdapat lubang tempat angka-angka tertentu.

c.Tepi kelas ( Class Boundary/real limits/true class limits)
Tepi kelas juga disebut juga dengan batas nyata kelas, yaitu batas kelas yang tidak memiliki lubang untuk angka tertentu antara kelas yang satu dengan kelas yang lain. Terdapat dua tepi kelas, yaitu : 1) tepi bawah kelas atau batas kelas bawah sebenarnya, 2) tepi ata kelas atau batas kelas atas sebenarnya.

Penempatan tepi bawah kelas dan tepi atas kelas bergantung pada keakuratan pencatatan data. Misalnya data dicatat dengan ketelitian sampai satu desimal, maka rumus tepi bawah kelas dan tepi atas kelas ialah sebagai berikut
    a.Tepi bawah kelas = batas bawah kelas – 0.5
    b.Tepi atas kelas = batas atas kelas – 0.5
    d.Titik tengah kelas atau tanda kelas (Class Mid Point, Class Marks)

Titik tengah kelas adalah angka atau nilai data yang tepat terletak di tengah suatu kelas. Titik tengah kelas merupkan nilai yang mewakili kelasnya.
Titik Tengah Kelas =1/2 (batas atas + batas bawah)kelas 

e.Interval kelas (class interval)
Interval kelas adalah selang yang memisahkan kelas satu dengan kelas yang lain

f.Panjang interval kerlas atau luas kelas ( interval Size)
Panjang interval kelas adalah jarak antara tepi atas kelas dengan tepi bawah kelas 

g.Frekuensi kelas (class Freequensi)
Freekuensi kelas adalah banyaknya data yang termasuk kedalam kelas tertentu.


#3.Beberapa Catatan Megenai Distribusi Frekuensi

1.Kadang – kadang suatu distribusi memliki panjang interval kelas yang tidak sama bergantung pada tujuannya

2.Kadang-kadang distribusi frekuensi memiliki batas kelas yang berulang suatu nilai (batas kelas ) dipakai sebagai dua batas kelas.

3.Kadang-kadang distribusi frekuensi memiliki kelas terbuka, artinya batas kelas atas pada kelas terakhir dan batas kelas bawah pada kelas pertama tidak ada.


#4. CONTOH SOAL dan PENYELESAIANNYA DISTRIBUSI FREKUENSI

Untuk contoh soal dan penyelesaian distribusi frekuensi meliputi mean, median, dan modus, silahkan anda kunjungi artikel berikut ini Rumus Mean, Median, dan Modus (Pengukuran Nilai Sentral) Lengkap dengan Contohnya

Nah gaes, itulah ulasan singkat artikel terkait dengan Distribusi Frekuensi (Ukuran Pemusatan dan Ukuran Penyebaran) yang kami rangkum dari buku praktikum Statistika yang disusun oleh tim pengajar dan asisten laboratorium ekonomi pertanian program study agribisnis fakultas pertanian universitas jember. Semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas makalah distribusi frekuensi anda dan terima kasih telah berkunjung.