Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Memahami ANALISIS SWOT (Pengertian, Kuadrant, dan Matriks SWOT) Lengkap

Analisis Swot : Pengertian, Kuadrant, dan Matriks SWOT - Pengertian Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) internal organisasi, serta peluang (opportunities) dan ancaman atau tantangan (threats) eksternal suatu organisasi atau proyek atau suatu spekulasi bisnis. Kekuatan didefinisikan sebagai sumberdaya, keterampilan, atau keunggulan-keunggulan lain relative terhadap pesaing dan kebutuhan pasar yang harus dilayani perusahaan. Kelemahan didefinisikan sebagai keterbatasan dalam sumberdaya, keterampilan, dan kapabilitas yang menghambat kinerja perusahaan. Peluang didefinisikan sebagai situasi penting yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Ancaman didefinisikan sebagai situasi penting yang tidak menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Keempat faktor itulah yang membentuk sebuah akronim SWOT. Analisis SWOT dilakukan dengan maksud untuk mengenali tingkat kesiapan setiap fungsi dari keseluruhan fungsi yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.


Analisis Swot

Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam analisis SWOT. Analisis SWOT harus dilakukan terhadap keseluruhan faktor dalam setiap fungsi, baik faktor internal maupun eksternal. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang dan ancaman dengan faktor internal kekuatan dan kelemahan. Bentuk kuadran analisis SWOT digambarkan pada gambar dibawah ini.

Kuadran Analisis SWOT
Kuadran Analisis SWOT
Kuadran 1merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Organisasi memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang dapat diterapkan adalah dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif

Kuadran 2 : Meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan peluang jangka panjang.

Kuadran 3 : perusahaan menghadapi peluang  pasar yag sangat besar, tetapi di lain pihak, ia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Fokus strateginya adalah dengan meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan, sehingga dapat merubah peluang pasar yang lebih baik.

Kuadran 4 : merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, perusahaan menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal.

Analisis SWOT terdiri dari analisis faktor internal (Internal Factor Analysis Summary/IFAS) dan analisis faktor eksternal (Eksternal Factor Analysis Summary/EFAS). Pengambilan keputusan dapat dilakukan berdasarkan skor yang diperoleh dari faktor IFAS dan EFAS. Bentuk matrik posisi strategi usaha adalah sebagai berikut.
Matrik Analisis SWOT
Matrik Analisis SWOT
Kriteria Pengambilan Keputusan
Kriteria dalam melakukan pengambilan keputusan ialah sebagai berikut :
Kriteria 1. Apabila usahatani terletak di daerah White Area (Bidang Kuat-Berpeluang), maka usaha tersebut memiliki peluang pasar yang prospekif dan memiliki kompetensi untuk mengerjakannya.

Kriteria 2. Apabila usahatani terletak di daerah Grey Area (Bidang Lemah-Berpeluang), maka usaha tersebut memiliki peluang pasar yang prospekif namun memiliki kompetensi untuk mengerjakannya.

Kriteria 3. Apabila usahatani terletak di daerah Grey Area (Bidang Kuat-Terancam), maka usaha tersebut cukup kuat dan memiliki kompetensi untuk mengerjakannya, namun peluang pasar sangat mengancam.

Kriteria 4. Apabila usahatani terletak di daerah Black Area (Bidang Lemah-Terancam), maka usaha tersebut tidak memiliki kompetensi untuk mengerjakannya dan tidak memiliki peluang pasar.

Nah Gaes, Itulah ulasan artikel terkait dengan Analisis Swot : Pengertian, Kuadrant, dan Matriks SWOT yang kami rangkum dari beberapa literatur pribadi kami yang kemudian dapat anda jadikan sebagai makalah. Analisis Swot ini dapat di gunakan dalam perusahaan, pendidikan, dan sekolah. Untuk lebih memahami analisis swot ini, silahkan lihat vidio di bawah ini:

Dengan adanya artikel ini kami harap apa yang ada dalam komponen artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. terkait dengan artikel tersebut apakah ada yang ditanyakan?