Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Pengertian Statistik dan Statistika yang Perlu Kamu Ketahui

Pada dunia penelitian kita di hadapkan terhadap kata-kata asing yang mengkin kita tidak mengetahuinya. Salah satu kata-kata yang mendasar yang mungkin asing bagi kita yaitu kata-kata statistik dan statistika. Sekilas kita mengira pengertian dua kalimat tersebut memiliki arti yang sama. Namun jika kita mengetahuinya dengan jelas apa itu statistik dan statistika maka kita tidak akan bingung lagi. Pada artikel ini kita akan membahas terkait dengan apa pengertian statistik dan statistika dan perbedaannya.

Pengertian Statistik dan Statistika yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian Statistika

Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan data dan penganalisaan yang dilakukan. Dalam mempelajari statistika terdapat dua cara pendekatan yang pelu dilakukan yaitu :

1. Segi teoritis dan matematis yang memfokuskan pada rumus-rumus dan metode dari mana dalil tersebut bersal.

2. Segi manfaat dimana rumus atau dalil statistik digunakan untuk menganalisis data pada penelitian dengan tujuan memecahkan permasalahan. Sehingga dari segi manfaat tidak mempelajari dari mana asal rumus tersebut ditemukan.

Pengertian Statistik

Sedangkan yang dimaksud dengan statistik dinyatakan untuk menyataan kumpulan data, bilangan dan non-bilangan yang disusun dalam tabel atau diagram yang menggambarkan suatu persoalan. Jadi dalam statistik terdapat 3 unsur pokok, yaitu :

1. Cara atau metode dan aturan-aturan untuk menyimpulkan dan membuat tabel atau grafik dari sebuat data. Misal grafik batang (Bar), grafik garis (Line)
2. Suatu cara atau metode dalam pengambilan keputusan.
3. Merupakan keterangan keterangan tentang sesuatu

Dalam statistik sendiri terdapat dua bagian yang perlu dipahami dalam penelitian, yaitu:
1. Statistik Diskriptif adalah statistik yang membahas mengenai pengumpulan, pengolan, penyajian serta perhitungan nilai-nilai dari suatu data lalu digambarkan dalam suatu tabel atau grafik
2. Statistik induktif adalah statistik yang mempelajari tentang bagaimana pengambilan 

Untuk lebih memahaminya, silahkan perhatikan vidio yang kami semat dari youtube, di bawah ini !

keputusan dilakukan dan sekaligus menginterpretasikan data yang sudah ada
Nah Gaes, Itulah Pengertian perbedaan statistik dan statistika yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dalam pembuatan tugas makalah statistika anda dan terima kasih telah berkunjung di blog kami