Skip to main content
Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Masalah-Masalah yang ada Dalam Penelitian Kualitatif

Masalah Dalam Penelitian Kualitatif Via research-in-germany
Penelitian kualitatif merupkan cabang dari penelitian yang ada di indonesis. Setiap penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif itu dimulai dengan adanya suatu masalah. tetapi diantara penelitian kualitatif dan kuantitatif terdapat perbedaan yang mendasar antara “masalah” yang ada didalam dalam penelitian kuantitatif dan “masalah” yang ada pada penelitian kualitatif. jika dalam penelitian kuantitatif, “masalah” yang akan dipecahkan melalui penelitian harus jelas, spesifik, dan dianggap tidak berubah, nemun berbeda dengan masalah yang ada pada  penelitian kualitatif.  “masalah” yang dibawa oleh peneliti masih tidak jelas alias remang-remang, bahkan jug bisa dikatakan gelap kompleks dan dinamis. Oleh sebab itu, “masalah” dalam penelitian kualitiatif masih bersifat sementara, tentative  dan masalah tersebut masih akan berkembang atau berganti setalah peneliti berada dilapangan dan melaksanakan penelitian.
Pelajari Juga Pedoman dalam Penelitian Kuantitatif yang Perlu di Pahami
#Kemungkinan yang Terjadi dalam Penelitian Kualitatif
Dalam penelitian kualitiatif, akan terjadi tiga kemungkinan terhadap “masalah” yang dibawa oleh peneliti dalam penelitian. Yang pertama masalah yang dibawa oleh peneliti tetap, sehingga sejak awal sampai akhir penelitian sama. Dengan demikian judul proposal dengan judul laporan penelitian sama. Yang kedua “masalah” yang dibawa oleh peneliti setelah memasuki penelitian berkembang yaitu memperluas atau memperdalam masalah yang telah disiapkan. Dengan demikian tidak terlalu banyak perubahan, sehingga judul penelitian setelah memasuki lapangan berubah total, sehingga harus “ganti” masalah. Dengan demikian judul proposal degan judul penelitian tidak sama dan judulnya diganti. Dalam institusi tertentu, judul yang diganti tidak sering mengalaimi keulitan administrasi. Oleh karena itu institusi yang menangani penelitian kualitatif, harus mau dan mampu menyesuaikan dengan karakteristik masalah kualitatif ini. 

#Perubahan dalam Penelitian Kualitatif
Peneliti kualitatif yang merubah masalah atau ganti judul penelitianya setelah memasuki lapangan peneliti atau setelah selesai, merupakan peneliti kualitatif yang lebih baik, karena dia dipandang mampu untuk melepaskan apa yang telah difikrikan sebelumnya, dan selanjutnya mampu melihat fenomena secara lebih luas dan mendalam sesuai dengan apa yang terjadi dan berkembang pada situasi sosial yang diteliti. 

#Perbedaan Anatara masalah dan rumusan masalah
Terdapat perbedaan antara masalah dan rumusan masalah. Seperti yang telah dikemukan bahwa, masalah adalah merupakan penyimpangan antara yang seharusnya dengan yang terjadi. sedangkan rumusan masalah adalah pertanyaan penelitian yang disusun berdasarkan masalah yang harus dicarikan jawabannya melalui pengumpulan data. Dalam usulan penelitian, sebaiknya masalah tersebut perlu ditunjukan dengan data. Misalanya ada masalah tentang kualitas SDM yang masih rendah, maka perlu ditunjukkan data kualitas SDM tersebut, melalui Human Development Index misalnya. Masalah kemiskinan perlu ditunjukan data tentang jumlah penduduk yang miskin, masalah korupsi perlu ditunjukkan jumlah korupto, dsb.

Data tentang masalah bisa berasal dari dokumentasi hasil penelitian, pengawasan, evaluasi, pengamatan pendahuluan, dan pertanyaan orang-orang yang patut dipercaya.

Demikian ulasan artiekl kami tentang Masalah-Masalah yang ada Dalam Penelitian Kualitatif. Semoga bermanafaat bagi tugas makalah anda. dan terima kasih telah berkunjung

Popular posts from this blog

10 Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan, Lingkungan, Politik, Ekonomi Beserta Strukturnya

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah karangan dengan satu pokok pikiran atau paragaf yang dikembangankan dengan tujuan untuk spesifikasi penjelasan atau pemberian pemahaman tentang suatu hal dengan menggunakan gaya bahasa yang singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi ini umumnya sering digunakan dalam karya tulis berupa koran berita, petunjuk penggunaan, dan karya tulis lainn yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca. 



Ciri - Ciri Teks EksposisiTerdapat beberapa cirikhas pentinga yang membedakan teks eksposisi ini dengan teks yang lain seperti teks prosedur, teks eksplanasi, teks editorial, dan lain sebagainya. Ciri - ciri dari teks tersebut adalah sebagai berikut : a. Memberikan dan menjelaskan informasi dalam bentuk pengetahuan. b. Menggunakan bahasa yang lugas, jelas, dan mengguanakan kalimat - kalimat baku. c. Memiliki struktur teks yang jelas. d. Fakta yang ada di dalamnya berfungsi sebagai dasar suatu ide (Tidak selalu).  e. Tidak memaksakan kehendak penulis kepada…

111 Contoh SLOGAN PENDIDIKAN Dan Gambarnya Unik dan Menarik [TERBARU]

Pengetian slogan adalah serangkaian kata atau frasa yang unik dan menarik yang berbentuk retorika sederhana dan juga memberikan ruang untuk menyampaikan informasi yang lebih rinci. Umunya slogan digunakn untuk menyampaikan sebuah ide, ekspresi, atau suatu tujuan agar dapat dengan mudah untuk di ingat. konteks yang digunakan pun sifatnya bebas, dapat berupa gagasan politik, komersial, agama, dan lainnya.



Slogan tentang pendidikan merupakan slogan yang pada umumnya digunakan untuk mengungkapkan pesan, motivasi, informasi, tujuan dan lain sebagainya yang konteksnya berkaitan dengan pendidikan. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan contoh slogan beserta gambarnya yang unik dan menarik, sehingga sobat dapat dengan mudah untuk mengingatnya. 

Silahkan baca juga:
Tata Cara Mandi Wajib, Bacaan Doa Niat Mandi Wajib
Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) Terbaru 2017
Bacaan Doa Sesudah WUDHU yang Benar (Arab, Latin, dan Artinya)

Belajarlah agar tidak menjadi orang bodoh.Guru adalah kunci menuju masa dep…

7 Contoh TEKS EKSPLANASI Tentang Bencana Alam ( Banjir, Gempa Bumi, Tsunami) TERBARU

Sebelum kita memahami contoh teks eksplanasi, hendaknya kita memahami dulu Apa pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri ? Pengertian Teks eksplanasi adalah jenis naskah atau tulisan yang berupa teks yang dapat digunakan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya suatu fenomena alam atau fenomena sosial (Object). Dengan menggunakan teks eksplanasi kita dapat menjelaskan terjadinya suatu fenomena baik itu fenomena alam ataupun fenomena sosial dengan sejelas-jelasnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur dan Cirinya


Dalam membuat teks eksplanasi terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penulis. Pertama adalah kejujuran, Mengapa demikian? Karena teks eksplanasi dibuat berdasarkan fenomena alam atau sosial yang ada dan nyata, bukan di ada-ada.  Yang kedua, teks eksplanasi yang dibuat oleh penulis haruslah mudah untuk dipahami.  Untuk membuat teks eksplanasi yang mudah dipahami oleh pembaca penulis harus dapat menggunakan diksi ata…