Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Jenis - Jenis Metode Penelitian yang Perlu di ketahui

Metode Penelitian yang Perlu di ketahui Via toovia.com
Gaes, Jenis-jenis penelitian dapat dikelompokan menurut bidang-bidang, tujuan, metode, tingkat eksplanasi (level of Explanation) dan waktu. Menurut bidang penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian akademis, professional, dan institusional. Dari segi tujuan, metode penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian murni dan terapan. Dari segi metode penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian survey, exposfacto, eksperimen, naturalistik, policy reaserch,evaluation reasearc, action reseach, sejarah dan research dan development (R & D). Dari level of Explanation dapat di bedakan menjadi penelitian deskriptif, kompratif, dan asosiatif. Dari segi waktu dapat di bedakan menjadi cross sectional dan longitudinal. Jenis-jenis penelitian secara umum dapat di tunjukan pada tabel berikut.

Jenis Jenis Penelitian
Bidang
Tujuan
 Metode
Tingkat Eksplanasi
Waktu
Akademis
Murni
Survey
Dekskriptif
Cross Sectional
Profesional
Terapan
Exposfacto
Komparatif
Longitudinal
Institusional

Eksperimen
Assosiatif



Naturalistik

Policy reseach
Evaluasi
Sejarah
R & D


Penelitian akademik


Penelitian akademik Via commons

Penelitian yang dilkukan para mahasiswa dalam membuat skripsi, thesis, disertasi. Penelitian ini merupakan sarana edukatif, sehingga lebih mementingkan validitas internal (caranya yang harus betul). Variabel penelitian terbatas serta kecanggihan analisis disesuaikan dengan jenjang pendidikan S1, S2, S3.

Penelitian profesional


Penelitian profesional Via commons

Penelitian yang dilkukan oleh orang yang berprofesi sebagai peneliti ( termasuk dosen). Tujuannya adalah mendapatkan pengetahuan (ilmu, teknologi, dan seni) baru. Variabel penelitian lengkap, kecanggihan analisis disesuaikan dengan kepentingan masyarakat ilmiah. Penelitian dilakukan dengan cara yang betul (validitas eksternal) dan hasilnya dapat berguna untuk pengembangan ilmu.

Penelitian institusional


Penelitian institusional Via news.vanderbilt.
Penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk pengembangan lembaga. Hasil penelitian akan sangat berguna bagi pimpinan untuk pembuatan keputusan. Hasil penelitian lebih menekankan pada validitas eksternal , variabel lengkap dan kecanggihan analisis disesuaikan untuk pengambilan keputusan.