Kl1k (X) 2 Kali Untuk Menutup Popup Ini
Atau Sukai Fanspage Untuk Mendukung kami ×

Gaes, Inilah Bentuk-Bentuk Rumusan Masalah dalam Penelitian kualitatif

Bentuk Rumusan Masalah kualitatif Viaquickclickclique

Rumusan Masalah berbeda dengan Masalah. Kalau masalah itu merupakan kesenjangan antara yang diharapkan dengan apa yang terjadi, maka rumusan masalah itu merupakan suatu pertanyaan yang akan dicarikan jawaban melalui pengumpulan data. Namun demikian terdapat keterkaitan erat antara masalah dan rumusan masalah, karena setiap penyunan rumusan masalah selalu didasari oleh masalah.

Pelajari Juga Ketahuilah Masalah-Masalah yang ada Dalam Penelitian Kualitatif
Bentuk-Bentuk Rumusan masalah dalam penelitian kualitatif adalah Sebagai Berikut:
#1.Rumusan Masalah Diskriptif.
Rumusan masalah diskriptif adalah rumusan masalah yang berkenaan dengan pernyataan terhadap keberadaan variable mandiri, baik hanya pada suatu vairble atau lebih (variable yang berdiri sendiri). Jadi dalam penelitian ini tidak membuat perbandingan variable itu pada sample yang lain, dan mencari hubungan vairabel itu dengan variable yang lain. Penelitian semcam itu selanjutnya dinaman penelitian deskriptif. Contohnya sebagai berikut:
a. Sebarapa baik kerja kabinet?
b. Bagaimana sikap masyarakat terhadap perguruan tinggi berbadan hukum?
c. Seberapa tinggi efektifitas kebijakan mobil berpenumpang tiga di jakarta?
Dar beberapa contoh diatas terlihat bahwa setiap pertanyaan penelitian berkenaan dengan satu variable atau lebih secara mandiri (bandingkan dengan masalah komparatif dan assosiatif).
#2.Rumusan Masalah Komparatif 
Rumusan masalah komparatif adalah rumusan masalah yang membandingkan keberadaan suatu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda. Contohnya sebagai berikut:
a. Adakah perbedaan produktivitas kerja antara pegawai negri, BUMN dan swasta? (Suatu variable pada 3 sampel)
b. Adakah persamaan cara promosi antara perusahaan A dan B?
c. Adakah perbedaan, kemapuan dan disiplin kerja  antara pegawai swasta Nasional, dan perusahaan asing (dua variabel pada dua sampel)
d. Adakah perbedaan daya tahan berdiri pelayanan toko yang bersal dari kota dan des, gunung? (Satu variable pada tiga sampel)
#3.Rumusan Masalah Assosiatif
Rumusan masalah assosiatif adalah rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubuungan anatara dua veriabel atau lebih. Terdapat tiga bentuk hubungan yaitu: hubungan simetris, hubungan kausal, dan interaktif/resiprocal/tipical.
  3.1. Hubungan Simetris
Hubungan simetris merupakana hubungan antara dua veriable atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Jadi bukan hubungan kausal maupun interaktif. Contoh rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:

a. Adakah hubungan antara banyak bunyi burung perenjak dengan tamu yang datang ? hal ini bukan berarti yang menyebabkan kamu datang adalah bunyi burung. (dipedesaan jawa tengah ada kepercayaan kalau didepan rumah ada burung perenjak, maka diyakini akan ada tamu)
b. Adakah hubungan antara banyaknya semut di pohon dengan tingkat manisnya buah?
c. Adakah hubungan antara warna rambut dengan kemampuan memimpin?

Contoh judul penelitiannya adalah sebagai berikut:
a. Hubungan antara banyaknya radio dipedesaan dengan jumlah sepatu yang dijual
b. Hubungan antara tinggi badan dengan prestasi kerja dibidang pemasaran.
c. Hubungan antara payung yang terjual dengan tingkat kejahatan
  3.2. Hubungan Kausal 
Hubungan kausal adalah hubungan yang bersifat sebab akibat. Jadi disini terdapat variabel independen dan dependen, contoh dari rumusan masalah hubungan kausala sebagai berikut:

a. Hubungan antara motivasi dan prestasi. Disnisi motivasi mempengaruhi prestasi dan juga prestasi mempengaruhi motivasi.
b. Hubungan antara kecerdasan dengan kekayaan. Kecerdasan dapat menyebabkan kaya, demikian orang yang kaya dapat meningkatkan kecerdasan karena gizi terpenuhi.

Nah Gaes, Itulah ulasan detail terkait dengan  Bentuk-Bentuk Rumusan masalah dalam penelitian kualitatif. Sebelum kamu menyusun rumusan masalah hendaknya pahami dulu artikel ini gaes, agar penyusunan rumusan masalahnya lancar. Berkaitan dengan Bentuk-Bentuk Rumusan masalah dalam penelitian kualitatif apakah ada yang ingin ditanyakan gaes ?